Cara Menggunakan Aplikasi Dana Bagi Pemula, Ini Petunjuknya

Cara Menggunakan Aplikasi Dana
Ilustrasi Cara Menggunakan Aplikasi Dana. Foto: Ist/Net

Cara menggunakan aplikasi Dana cukup mudah jika dilakukan dengan tepat. Bagi pemula mungkin cukup terdengar asing, namun bagi pengguna yang sudah sering menggunakannya tidaklah sulit.

Sebenarnya apa itu aplikasi Dana? Aplikasi Dana merupakan uang elektronik yang bisa anda gunakan untuk melakukan berbagai transaksi dengan mudah dan cepat. Hal tersebut dapat anda lakukan dengan menyimpan uang atau mendepositokannya untuk berubah menjadi uang elektronik. 

Dengan begitu, anda dapat menggunakannya untuk berbagai keperluan dan transaksi secara online. Bahkan anda dapat melakukan berbagai transaksi dengan menggunakan smartphone. 

Baca Juga: Aplikasi Ternak Uang, Ilmu Finansial untuk Generasi Milenial

Simak Cara Menggunakan Aplikasi Dana Dengan Smartphone

Dengan menggunakan aplikasi Dana, kemana saja anda tidak perlu membawa uang banyak. Cara menggunakannya sebagai berikut:

Mendownload Aplikasi Dana

Langkah pertama yang anda lakukan adalah mengunduh aplikasi Dana melalui Play Store secara gratis. Lakukan pengunduhan dengan klik aplikasi Dana dan tunggu waktu pengunduhannya hingga selesai. 

Menginstall Aplikasi Dana

Setelah proses pengunduhan anda selesai, maka aplikasi tersebut secara otomatis tersemat di HP anda dan anda dapat menginstalnya secara langsung sebelum digunakan. 

Melakukan Pendaftaran atau Pembuatan Akun

Cara menggunakan aplikasi Dana dari awal, anda buka aplikasi tersebut kemudian lakukan registrasi dengan memasukkan nomor HP dalam formulir tersebut.

Anda akan diminta memasukkan kode OTP yang secara otomatis dikirim ke nomor anda melalui SMS nomer yang sudah anda daftarkan tadi. 

Baca Juga: Aplikasi Manajemen Gudang Online Terbaik, Ini Dia Daftarnya

Pengisian Saldo atau Top Up

Sebelum anda melakukan transaksi, anda harus melakukan pengisian saldo terlebih dahulu. Uang yang anda masukkan ke aplikasi tersebut akan menjadi uang elektronik. Pengisian dapat anda lakukan melalui berbagai bank, baik BCA, BNI, Mandiri, CIMB, BRI, dan lainnya. 

Memilih Metode Top Up

Metode Top Up bisa anda lakukan dengan menggunakan kartu ATM, debit mobile, internet banking, atau melalui jasa pembayaran seperti Alfamart, Ramayana, Alfamidi, dan masih banyak lagi. 

Menunggu Saldo Masuk

Jika anda sudah melakukan pengisian atau top up, saldo tersebut akan secara otomatis masuk ke aplikasi Dana. Anda dapat mengeceknya, nilainya akan bertambah.

Top up dapat anda gunakan untuk berbagai macam kebutuhan transaksi setelah semua cara menggunakan aplikasi Dana selesai.

Menggunakan Aplikasi Dana Untuk Transaksi Pembayaran Online

Anda dapat mulai berbelanja, bahkan anda dapat menggunakannya untuk pembayaran air, listrik, pulsa, dan lainnya. Namun perlu diingat, platform online tersebut harus terhubung dengan aplikasi Dana. 

Langkah pertama, anda login aplikasi. Anda masuk ke aplikasi Dana. Ketika sudah masuk beranda, maka anda klik atau pilih See All yang ditandai dengan empat titik. 

Kemudian anda pilih layanan Pembayaran. Hal yang dapat anda lakukan berupa membeli voucher Google Play, membayar asuransi, iuran BPJS, dan lainnya.

Anda ikuti saja langkah-langkah dan cara menggunakan aplikasi Dana sesuai yang tersedia. Maka, anda akan diarahkan pada metode pembayaran memakai saldo aplikasi Dana. 

Sebelum anda melakukan pembayaran, alangkah baiknya anda mengecek terlebih dahulu kebenaran data yang anda masukkan jangan sampai salah input. Jika proses pembayaran telah selesai, maka saldo top up anda akan berkurang sesuai yang anda bayarkan. 

Menggunakan Aplikasi Dana Untuk Belanja Offline

Selain untuk pembayaran online, anda juga bisa menggunakan aplikasi tersebut untuk belanja offline. Anda dapat membawa HP yang terdapat aplikasi Dana ke restoran, mall, atau supermarket terdekat anda. 

Namun satu hal yang perlu anda pastikan terlebih dahulu, tempat belanja tersebut bekerja sama dengan Dana atau tidak. Umumnya sudah tertempel logo Dana atau bertanya langsung dengan pihak kasir. 

Jika anda berbelanja offline, cara menggunakan aplikasi Dana untuk pembayaran, maka langkah pertama anda buka saja aplikasi Dana. Carilah menu scan yang berada pada bagian kiri atas untuk transaksi pembayaran. 

Jika tempat belanja tersebut bekerjasama dengan Dana, maka akan ada QR Code. Anda dapat melakukan pembayaran dengan menscan kode tersebut. 

Dengan menekan menu scan pada bagian kanan bawah aplikasi Dana, maka anda secara otomatis membayar belanja tersebut.

Namun anda juga harus memastikan internet selalu menyala. Anda akan mendapatkan notifikasi bahwa transaksi berhasil dan saldo terpotong dengan sendirinya. 

Dengan cara menggunakan aplikasi Dana, anda mendapatkan kemudahan berbagai transaksi di mana dan kapan saja tanpa kata ribet. (R10/HR Online)

Editor: Jujang