Cara Menghindari Sifat Dengki, Hal Penting yang Harus Bisa Dilakukan

Cara Menghindari Sifat Dengki Hal Penting yang Harus Bisa Dilakukan
Ilustrasi Cara Menghindari Sifat Dengki. Foto: Ist/Net

Cara menghindari sifat dengki ternyata memang perlu kita tanamkan pada setiap individu. Pasalnya, hal yang demikian ini memiliki sifat yang sangat penting. Penyembuh utama yang sangat berpengaruh adalah memang hanya diri kita sendiri.

Selain itu, hasad bukanlah sifat yang baik. Ia adalah penyakit hati yang harus dihindari dalam ajaran Islam. Pengertian hasad secara etimologi adalah keadaan hati yang tidak bersyukur dengan nikmat dan yang sudah ia miliki, juga membenci kebahagiaan orang lain atau sifat dengki.

baca juga: Sifat Mustahil Rasul Penting Anda Ketahui Lengkap dengan Penjelasannya

Beberapa Cara Menghindari Sifat Dengki yang Harus Anda Ketahui

Perbuatan ini sering kali dilakukan oleh manusia, baik secara tidak maupun sadar. Mungkin ketika berada di alam dunia, anda belum mendapatkan balasannya. Berarti balasannya akan kita terima ketika ada dalam alam akhirat nanti. Sungguh adzab Allah Ta’alla itu sangat pedih.

Dalam sebuah hadis menjelaskan:

Sudah jelas bukan jika sifat itu termasuk dalam larangan Allah SWT. Jadi, alangkah lebih baiknya jika kita mencegahnya. Bagaimana caranya? Langsung saja kita simak bersama cara menghindari sifat dengki.

baca juga: Sifat Wajib Bagi Rasul Lengkap Dengan Arti, Penjelasan dan Contohnya

Memperbanyak Melakukan Ibadah Kepada Allah Ta’alla

Perlu anda ketahui bahwa Allah menciptakan manusia tidak lain hanyalah untuk beribadah kepada-Nya. Hal ini juga sudah terdapat dalam firman Allah SWT surat Adz-Dzariyat ayat 56:

Sudah jelas bukan bahwa tujuan kita di dunia ini hanyalah untuk beribadah dan memperbanyak melakukan amal baik untuk bekal di akhirat nanti.

Hal yang demikian ini juga termasuk dalam salah satu cara menghindari sifat dengki. Dengan memperbanyak beribadah kepada Allah, seseorang juga akan lebih dekat dengan Allah, bahkan memahami bahwa hasad itu adalah sifat yang dilarang.

baca juga: Cara Mengatasi Sifat Malas Agar Semangat Kembali Pulih

Bersyukur Dengan Semua yang Telah Dimiliki

Apabila anda sadar bahwa semua hal yang telah Allah berikan itu adalah titipan, sudah seharusnya anda itu bersyukur. Bukan hanya harta saja, akan tetapi anak bahkan nyawa anda itu semua milik Allah. Kapan saja Sang Pemilik menginginkan untuk kembali, kun fayakun, akan terjadi.

Memperbanyak rasa syukur juga akan menjadi cara menghindari sifat dengki. Dengan selalu bersyukur, seseorang juga akan memiliki hak yang sama atas nikmat Allah. Dengan demikian, maka akan menjauhkannya dari sifat kedengkian.

Senantiasa Memelihara Sifat Rendah Hati

Selalu merasa cukup adalah salah satu cara menghindari sifat dengki. Bukan hanya itu saja, sikap rendah hati juga akan membuat seseorang lebih sadar bahwa masih ada banyak orang di luar sana yang tak seberuntung dirinya. Bahkan ada juga yang berdoa mengharapkan posisi kita saat ini.

Maka dari itu, selalu bersyukur apapun yang telah kita punya dan apapun yang akan terjadi pada diri kita. Karena memang hal tersebut adalah suatu hal yang terbaik dari Allah. Ia penulis skenario terbaik dan mengetahui apa yang lebih baik untuk hambanya.

Selalu Berprasangka Baik Kepada Orang Lain

Ini terkadang menjadi hal yang sulit. Terkadang kita masih suka iri dengan kebaikan yang seseorang lakukan. Ini juga yang akan memunculkan sikap iri, dengki, atau hasad.

Nah, untuk mengatasi hal tersebut alangkah lebih baiknya jika kita menggunakan salah satu cara menghindari sifat dengki yakni berpikir positif.

Tak perlu iri, jika memang ingin melakukan kebaikan, maka lakukan dengan niat yang ikhlas. Jangan hanya ingin mendapatkan pujian. Orang yang selalu berpikir positif, maka hidupnya akan lebih tenang.

Menjalin dan Menjaga Ukhuwah

Rasa dengki juga akan muncul ketika seseorang tidak bisa bergaul dengan lingkungan sekitar dengan baik. Padahal silaturahmi itu bisa menjadi cara menghindari sifat dengki.

Jika silaturahmi dapat terjalin dengan baik, maka seseorang akan menjadi pribadi yang lebih peka terhadap lingkungan sekitar. Dahsyatnya silaturahmi juga tidak hanya itu saja.

Akan tetapi, juga bisa memperlancar rezeki kita. Dari beberapa penjelasan mengenai cara menghindari sifat dengki tersebut, semoga bisa kita amalkan. (Muhafid/R6/HR-Online)