Cara Merawat Baju Rajut agar Awet dan Tahan Lama

Cara Merawat Baju Rajut
Cara merawat baju rajut agar awet dan tahan lama. Foto: Ist/Net

Agar bentuknya tetap bagus dan tidak melar, ketahui cara merawat baju rajut. Saat musim hujan, mengenakan baju tebal bisa membuatmu tetap hangat. Selain itu, baju rajut juga bisa kita kombinasikan dengan macam-macam bawahan agar terlihat modis.

Baca Juga: Ide Memakai Baju Rajut agar Awet dan Tahan Lama

Namun jika kita tidak merawatnya dengan benar, maka baju rajut akan cepat melar dan warnanya pudar. Kalau sudah begini, jadi tidak nyaman dikenakan dan kurang bagus dilihat. Yuk rawat baju rajutmu supaya awet dan bisa dipakai lebih lama.

Begini Cara Merawat Baju Rajut

Berikut adalah tips yang bisa kamu jalankan agar baju rajut yang kamu miliki bisa awet dan tahan lama:

Gunakan Soft Detergent

Jangan menggunakan detergen yang mengandung pemutih karena bisa merusak serat pada baju rajut. Detergent biasa terlalu keras apabila digunakan untuk mencuci baju rajut kamu.

Lebih aman, cara merawat baju rajut agar awet sebaiknya gunakan soft detergen untuk pakaian bayi atau shampoo sehingga warnanya tidak gampang luntur. 

Baca Juga: Gaya Kasual Lisa BLACKPINK yang Bisa Ditiru, Nyaman untuk Sehari-hari

Ini karena baju rajut memiliki bahan yang lembut, sehingga kita perlakukan seperti pakaian bayi. Dengan menggunakan soft detergent, baju rajut akan tetap lembut dan tidak mudah rusak seratnya. Tips ini sangat cocok untuk kamu yang suka mengoleksi banyak sweater.

Cuci dengan Tangan

Apabila kamu mencuci baju berbahan rajut dengan mesin cuci, sebaiknya hentikan kebiasaan itu. Karena putaran mesin cuci dan pengering cenderung kasar dan membuat baju berbahan rajut menjadi melar. Oleh karena itu, menggunakan mesin cuci sangat tidak dianjurkan.

Mencuci dengan tangan juga merupakan cara merawat baju rajut agar awet dan tahan lama. Karena gerakan tangan pasti lembut ketimbang mesin cuci, sayangnya cara ini agak memakan waktu. Sehingga kamu lebih baik melakukannya ketika tidak sedang terburu-buru.

Setrika dengan Suhu Rendah

Menyetrika akan membuat baju tampak lebih rapi, namun ini tidak berlaku bagi baju berbahan rajut. Kamu boleh-boleh saja menyetrika baju rajut tapi tidak dengan suhu tinggi. Menyetrika dengan suhu tinggi bisa membuat baju rajut cepat rusak di bagian bulu.

Jika terlalu panas, baju rajut jadi terkesan jabrik keluar atau bahkan terbakar. Jadi cara merawat baju rajut agar awet, kamu gunakan suhu rendah saat menyetrika baju rajut ya. Bahkan jika kita tidak menyetrikanya pun, baju rajut akan tetap terlihat bagus selama kita simpan dengan benar.

Keringkan dengan Angin

Biasanya menjemur pakaian di bawah sinar matahari akan membuatnya cepat kering, sehingga kita bisa langsung memindahkannya ke dalam lemari dan tidak perlu menunggu lama jika ingin langsung memakainya. Akan tetapi, baju rajut butuh waktu lebih lama untuk kering.

Jangan keringkan baju rajut dengan cara menjemurnya di bawah sinar matahari langsung. Karena baju berbahan rajut sangat sensitif terhadap matahari. Cara merawat baju rajut sebaiknya keringkan di tempat teduh agar terangin-angin.

Simpan dengan Cara Dilipat

Jika kita menggantung baju rajut di dalam lemari, ternyata bisa membuatnya jadi cepat melar dan tidak nyaman dipakai. Baju berbahan rajut pada bagian baju akan mengikuti bentuk hanger yang dipakai. Agar baju rajut tetap bagus bentuknya, lebih baik lipat saja dan simpan ke dalam lemari.

Dengan cara merawat baju rajut di atas, sweater dan cardigan kamu akan tetap awet dan tidak mudah melar. Menjaga bentuk aslinya tetap bagus juga bisa memperpanjang masa pakai agar outfit kamu tetap fashionable. Jangan lupa padukan bersama bawahan yang modis saat keluar rumah, agar tampilan kamu lebih bergaya. (R7/HR-Online)

Editor: Ndu