Cara Merawat Motor Agar Tetap Kinclong, Dijamin Ampuh

Cara Merawat Motor Agar Tetap Kinclong, Terbukti Ampuh
Ilustrasi Cara Merawat Motor Agar Tetap Kinclong. Foto: GridOto.com

Cara merawat motor agar tetap kinclong kini sudah bervariatif. Bahkan, untuk berbagai jenis motor. Dalam hal ini ada dua jenis motor, yaitu matic dan manual.

Saat ini kebanyakan masyarakat lebih memilih menggunakan motor matic, dengan alasan mudah dan irit bensin. Ini salah satu alasan utama bagi para pengendara lebih cenderung menyukainya. Apalagi saat ini matic tersedia dalam berbagai desain yang lebih modis, terkhusus untuk kaum wanita.

Bagaimana Cara Merawat Motor Agar Tetap Kinclong?

Segala jenis barang apabila anda gunakan dalam jangka waktu lama, pada akhirnya akan merubah warna. Tak terkecuali pada kendaraan bermotor.

Dengan pola perawatan yang tepat, penampilan pada bodi motor bisa anda pertahankan agar tetap kinclong.

Memilih Tempat Parkir yang Tepat

Pemilihan tempat parkir bisa mempengaruhi agar body motor tetap mulus. Jika motor terlalu lama terpapar terik matahari, body motor akan cepat kusam.

Menggunakan Skotlet

Skotlet merupakan stiker yang tersedia dalam berbagai jenis dan pilihan. Penggunaan skotlet biasanya untuk menutup body motor asli.

Dengan memasang skotlet, body motor akan terlihat lebih menarik. Hal ini bisa menutupi bagian yang kusam atau bagian yang lecet pada motor anda.

Rajin Mencuci Motor

Jika seharian menggunakan motor, sangat wajar bila motor terlihat berdebu dan kusam. Karena kondisi jalan yang anda lewati terdapat banyak polusi. Jika ingin motor kembali cantik dan bersih, maka rajinlah mencuci motor. Cui motor anda setidaknya 3 hari sekali.

Cuci Motor Segera Setelah Terkena Hujan

Tanpa anda sadari air hujan memiliki sifat yang bisa merusak kendaraan bermotor anda. Air hujan memiliki kandungan garam yang lebih tinggi daripada dengan air keran.

Ini akan mengakibatkan cat motor perlahan mengelupas, lebih parahnya air hujan juda bisa menimbulkan korosi.

Gunakan Kain Lap yang Halus

Cara merawat motor agar tetap kinclong, salah satunya dengan sering mengelap motor anda.

Hal ini sangat mudah dilakukan karena bisa dilakukan dimana saja dan kapan saja.

Untuk menghindari terjadinya goresan pada motor, gunakan kain lap yang berserat halus.

Hindari Penggunaan Detergen Ketika Mencuci Motor

Meskipun mencuci motor harus sering dilakukan, namun jangan sekali-kali menggunakan detergen untuk membersihkan motor anda. Detergen memang mengandung busa berlimpah, tapi jika diterapkan pada kendaraan bermotor, akan membuat cat mengelupas.

Cara paling aman yaitu dengan menggunakan shampo, atau bisa membeli sabun khusus untuk mencuci motor di toko terdekat.

Manfaatkan Jasa Cuci Motor

Jika kalian terlalu sibuk dengan berbagai aktivitas, cara merawat agar motor tetap kinclong paling efektif adalah dengan memanfaatkan jasa cuci motor. Pada layanan ini, motor akan mengalami proses pencucian yang kompleks. Tidak hanya mencuci saja, tapi juga dengan polishing dan detailing secara menyeluruh.

Dengan menggunakan jasa cuci motor, kalian hanya perlu melihat dan menunggu prosesnya saja. Selebihnya kalian tinggal menerima motor dalam keadaan bersih.

Jangan Terlalu Sering Memoles Motor

Cara merawat motor agar tetap kinclong, biasanya para pemilik kendaraan akan memilih memolesnya. Proses ini dilakukan dengan menggunakan cairan khusus yang mengandung bahan kimia.

Zat kimia yang terkandung dalam cairan pemoles inilah yang penggunaannya tidak boleh terlalu sering. Karena zat kimia tersebut dapat mengikis lapisan pernis yang terdapat pada permukaan body motor. Sehingga dalam jangka panjang warna motor akan menjadi kusam.

Gunakan Minyak Kayu Putih Agar Motor Tetap Kinclong

Ternyata minyak kayu putih juga memiliki andil untuk menjaga motor anda tetap mengkilap. Caranya pun cukup mudah, setelah pencucian motor selesai kemudian keringkan.

Setelah itu tuang minyak kayu putih pada kain yang halus dan lap motor anda. Motor pun akan tampak kinclong.

Bersihkan Komponen Metal

Apa itu komponen metal? Komponen metal meliputi knalpot, velg, mesin dan sebagainya. Bagian ini juga sangat mendukung tampilan motor anda.

Komponen ini memiliki fungsi masing-masing, sehingga perlu perawatan agar tetap mengkilap.

Meskipun komponen ini merupakan benda anti gores, namun jangan sekali-kali membersihkan komponen ini dengan menggunakan sikat kawat. Karena hal ini akan membuat komponen menjadi karatan.

Cara merawat motor agar tetap kinclong juga bisa dengan mendatangi dealer terdekat. Karena motor akan langsung ditangani oleh ahlinya.