Cara Mudah Menanam Bawang Merah, Tak Perlu Lagi Beli

Cara Mudah menanam bawang merah
Cara mudah menanam bawang merah. Foto: Ist/Net

Untuk Anda yang sedang mencari cara mudah menanam bawang merah, maka simak tips berikut ini. Salah satu bumbu dapur yang harus ada adalah bawang merah sehingga tak ada salahnya jika kita mencoba untuk menanamnya sendiri. Bibitnya pun tidak perlu Anda cari-cari, karena tinggal menggunakan umbinya saja.

Bawang merah juga banyak yang menggunakannya sebagai obat tradisional. Orang tua biasanya menghaluskan bawang merah dan dibalur ke tubuh anak saat mengalami demam. Untuk menanamnya, Anda tidak memerlukan lahan luas karena bisa ditanam di dalam pot.

Baca Juga: Pakan Ternak Ruminansia dan Cara Pengelolaannya yang Baik

Sebelum Anda menanam bumbu dapur ini, yang Anda perlukan adalah umbinya. Nantinya umbi inilah yang akan Anda tanam. Anda juga perlu tanah yang subur dan pot sebagai media tanam. Terakhir, siapkan alat berkebun (sekop, garpu tanah, sarung tangan).

Cara Mudah Menanam Bawang Merah

Pilih bawang merah yang masih segar dan paling bagus bentuknya. Jika sudah tumbuh tunas, Anda bisa langsung memindahkannya ke tanah dalam pot. Namun jika belum tumbuh, potong bagian bawah yang masih ditempeli akar untuk mempercepat muncul tunas.

Bawang merah yang sudah dipotong tadi taruh di tanah dengan kedalaman 5 cm. Tidak perlu menekan tanah supaya padat, karena bawang merah lebih menyukai tanah berongga.

Setelah ditanam, siram menggunakan semprotan agar tidak merusak bibit. Hindari menyiram dengan terlalu banyak air karena akan membuat tanaman bawang merah cepat busuk.

Merawat Tanaman Bawang Merah

Tempatkan pot berisi tanaman bawang merah di area yang terkena sinar matahari agar bisa tumbuh subur.

Siapa saja bisa mempraktekkannya, namun sebaiknya tidak menaruh terlalu banyak bibit di dalam satu pot. Karena nantinya akan menghambat perkembangan bawang di tanah.

Baca Juga: Usaha Bertanam Rumput Laut, Bisnis Modal Kecil Yang Menguntungkan

Jangan lupa siram secara rutin pagi dan sore. Biarkan selama 60-90 hari hingga bawang merah siap dipanen.

Memanen Bawang Merah

Setelah susah payah menanam bawang merah, kini saatnya Anda memanennya. Apabila daun sudah agak layu dan kering, atau ketika bawang sudah menyembul ke permukaan tanah, maka tandanya Anda sudah siap memanen bawang merah.

Gali tanah hingga bawang terlihat semua, kemudian kita bisa memanennya. Untuk menghilangkan tanah yang menempel, kita bisa menyikatnya pelan-pelan.

Bawang merah yang dipanen bisa langsung dikonsumsi. Sedangkan sisanya, sebaiknya jemur dulu untuk mengurangi kandungan air agar lebih awet.

Simpan persediaan bawang merah di tempat yang kering dan dengan sirkulasi udara lancar agar tidak cepat busuk. Setelah memiliki persediaan, tidak perlu ke pasar lagi, ya Bun!

Itulah cara mudah menanam bawang merah yang bisa Anda lakukan di rumah. Lumayan membantu ketika gabut, Anda bisa tetap produktif sekaligus menghemat pengeluaran dapur. Bawang merah juga berkhasiat dalam menurunkan demam, dan masih banyak lagi manfaatnya.  (R7/HR-Online)

Editor: Ndu