Hipmi Ciamis Gandeng Stikes Muhammadiyah Ciptakan Pengusaha Muda

Hipmi Ciamis Gandeng Stikes Muhamdiyah Ciptakan Pengusaha Muda
Himpunan Pengusaha Muda Indonesia (Hipmi) Kabupaten Ciamis menjalin kerjasama dengan Stikes Muhammadiyah Ciamis, untuk menciptakan dan menumbuhkan wirausaha muda. Foto : Ferry/HR

Berita Ciamis, (harapanrakyat.com),- Himpunan Pengusaha Muda Indonesia (Hipmi) Kabupaten Ciamis menjalin kerjasama dengan Stikes Muhammadiyah Ciamis, untuk menciptakan dan menumbuhkan wirausaha muda.

Kerjasama MoU dengan Stikes Muhammadiyah Ciamis ini, juga merupakan kegiatan Hipmi Ciamis Goes To Campus dengan tema Mahasiswa Ciamis Entrepreneur.

Ketua BPC Hipmi Kabupaten Ciamis, Nurmutaqin mengatakan, tujuan kegiatan tersebut sebagai upaya untuk mendorong dan meningkatkan daya saing produk Indonesia. Khususnya, produk-produk usaha Kabupaten Ciamis.

“Mahasiswa Ciamis Entrepreneur ini adalah upaya Hipmi yang kerjasama dengan Disbudpora. Yaitu untuk menginventarisir para pengusaha muda yang statusnya masih mahasiswa,” katanya di Aula Gedung KH Ahmad Dahlan Stikes Muhammadiyah Ciamis, Kamis (8/4/2021).

Lebih lanjut Nurmutaqin menjelaskan, Hipmi Goes To Campus ini mempunyai target, salah satunya menginventarisir mahasiswa Ciamis yang mempunyai usaha.

“Hari ini juga telah dipetakan. Ada 50 mahasiswa yang mengikuti Hipmi Goes To Campus. Dan tidak hanya kampus di Ciamis saja, tapi juga ada dari luar daerah,” jelasnya.

Bahkan, sambungnya, ada salah satu mahasiswa yang usahanya telah mempunyai omset sampai puluhan juta.

“Ini luar biasa sekali. Setelah kegiatan ini, kami juga bisa tahu ternyata banyak mahasiswa yang punya usaha yang berpotensi,” imbuh Nurmutaqin.

Menurutnya, para pemuda atau mahasiswa saat ini harus lebih digeliatkan untuk berwirausaha lagi. Pasalnya, saat ini di beberapa daerah, mahasiswa cenderung main game terus.

“Maka dari itu, dengan hadirnya Hipmi Goes To Campus ini kita akan terus berupaya untuk melakukan kegiatan-kegiatan, supaya dapat menumbuhkan minat mahasiswa untuk berusaha,” tuturnya.

Pemkab Ciamis Tidak Akan Mempersulit Para Pengusaha Muda

Sementara itu, Wakil Bupati Ciamis, Yana D Putra, menyambut baik dan mengapresiasi kegiatan Hipmi Goes To Campus ini.

Yana berharap dengan kegiatan ini bisa menghasilkan pengusaha-pengusaha muda di Ciamis.

“Apa yang Hipmi lakukan hari ini itu sangat membantu kami dengan visi Kabupaten Ciamis, yaitu mantapnya kemandirian ekonomi sejahtera untuk semua,” katanya.

Menurutnya, 5 tahun kedepan Kabupaten Ciamis akan fokus untuk pemberdayaan ekonomi.  Sehingga kemiskinan di Ciamis akan bisa teratasi. Selain itu juga, daya beli masyarakat akan meningkat, sehingga laju perekonomian di Ciamis akan meningkat.

“Ketika kita bicara ekonomi, nantinya sektor swasta yang akan menjadi motor penggeraknya. Kita selaku pemerintah hanya sebatas kebijakan dan regulasi. Tetap motor penggerak utamanya yaitu para pengusaha muda saat ini,” tuturnya.

Selain itu, kegiatan Hipmi Goes To Campus ini juga dapat merubah mindset mahasiswa. Pasalnya, sekolah atau kuliah selain untuk menuntut ilmu dan bukan untuk mencari pekerjaan, tapi juga untuk menciptakan peluang usaha. Sehingga dapat menciptakan lapangan pekerjaan.

“Pemkab Ciamis telah berkomitmen dengan visi misi tadi. Bahwa segala bentuk usaha yang ada di Ciamis, kita akan mempermudahnya dan tidak akan mempersulit itu,” tegasnya.

Sebab, kata Yana, pihaknya perlu dengan pengusaha-pengusaha Ciamis untuk meningkatkan laju perekonomian.

“Kami akan terbuka. Karena Hipmi nantinya akan jadi mitra pemerintah, untuk menciptakan pengusaha muda Ciamis,” pungkasnya. (Ferry/R5/HR-Online)

Editor : Adi Karyanto