Ciri-Ciri Spul Motor Lemah, Pengguna Motor Wajib Tahu

Ciri-Ciri Spul Motor Lemah, Pengguna Motor Wajib Tahu
Ilustrasi Ciri-Ciri Spul Motor Lemah. Foto: Ist/Net

Ciri-ciri spul motor lemah dapat terlihat dari lampu motor yang redup. Selain itu, masih ada beberapa tanda lainnya yang harus kalian ketahui. Bicara tentang kerusakan spul, lebih baik kita bahas dulu apa itu spul.

Spul adalah penghasil energi listrik untuk memenuhi seluruh kebutuhan kelistrikan motor. Termasuk untuk mengisi daya aki. Spul menghasilkan arus berupa tegangan Alternating Current (AC) atau arus bolak balik. Arus yang berasal dari sini tergantung seberapa besar putaran mesin.

Ciri-Ciri Spul Motor Lemah yang Wajib Diketahui

Tampilan dari spul ini berbentuk seperti kumparan. Pembuatan spul atau alternator dengan sangat teliti. Karena jumlah lilitan kawat tembaga pada komponen tersebut, sangat mempengaruhi besar kecilnya induksi yang akan dihasilkan.

Baca Juga : Ciri-Ciri Kiprok Rusak, Kenali Lebih Awal Sebelum Terlambat

Biasanya kerusakan spul tidak disadari para pengguna. Karena posisinya tertutup sehingga memerlukan alat untuk mengeceknya. Namun ada beberapa tanda yang mudah anda ketahui, ketika spul motor mulai lemah.

Spul yang rusak sebenarnya bisa anda perbaiki, hanya saja tidak semua orang bisa melakukannya. Cara yang bisa anda lakukan yakni dengan membuka spul motor.

Kemudian, bersihkan kumparan atau area spul. Setelah selesai membersihkan spul, persiapkan peralatan untuk melilit spul. Perlu ketelitian dalam melakukan pekerjaan ini.

Lampu Redup dan Motor Tidak Bisa Menyala

Pada motor yang masih menggunakan karburator masih bisa kalian akali dengan mendorong motor dengan keadaan gigi masuk. Meski bisa menyala lagi, tapi power motor akan terasa lemah, berbeda ketika kondisi spul masih normal.

Baca Juga : Penyebab Lampu Motor Sering Putus dan Trik Mudah Perbaikannya

Sementara pada sepeda motor fuel injection, ciri-ciri spul motor lemah akan membuat motor tidak bisa menyala. Karena, motor dengan fuel injeksi bergantung pada spul atau alternator. Mulai dari starter, ECU, klakson dan lampu, semua di ambil dari aki.

Ketika spul lemah, secara otomatis pengisian daya aki akan terhenti, kemudian kosong. Alhasil motor tidak bisa menyala. Semua yang membutuhkan listrik akan mati, karena daya aki sudah habis.

Sering Kekurangan Air

Untuk spul motor yang terendam oli, peran oli mesin menjadi sangat penting. Selain berperan sebagai pelumas mesin, oli juga berfungsi untuk mendinginkan spul.

Jika kekurangan oli, pendinginan spul tidak akan maksimal. Jika terjadi dalam waktu yang lama, spul akan gosong. Jadi, jangan lupa untuk cek selalu keadaan oli anda.

Spul Dalam Keadaan Kotor

Ciri-ciri spul motor lemah juga dapat bisa terjadi karena spul kotor. Spul yang kotor akan menyebabkan spul menjadi kering. Ketika kering dan tercampur dengan air, akan menggumpal dan semakin lama akan menjadi karat.

Seandainya magnet kotor apalagi sampai tertutup debu tebal, makan akan menghambat sinyal dari pulser. Apalagi jika sampai berkarat, kinerja pengisian motor akan terganggu.

Kesalahan Pengguna Motor

Terkadang kerusakan spul juga terjadi karena kesalahan atau kecerobohan pengendara motor itu sendiri. Tak sedikit dari mereka yang memasang lampu berlebihan tanpa memperhatikan pengisian motor dari spul. Jadi beban yang digunakan, tidak seimbang dengan pengisian.

Baca Juga : Waktu Ganti Busi Motor, Kenali Ciri-Ciri Penyebab Kerusakan

Seringkali pengguna memasang lampu projie double, sedangkan kebanyakan spul motor hanya mampu untuk satu lampu saja. Akhirnya, kinerja spul menjadi lebih berat dan panas. Sehingga, lama-lama spul akan gosong.

Jika tetap ingin memasang lampu double, sebaiknya imbangi dengan upgrade kelistrikan. Agar pengisian yang dihasilkan spul lebih besar.

Aki Serasa Melemah

Ciri-ciri spul motor lemah selanjutnya adalah tentang aki yang terganggu. Spul melemah bisa kita rasakan dari kinerja aki yang merosot. Untuk motor non matic tidak masalah jika tanpa aki. Tapi untuk matic, tentu akan menjadi masalah besar.

Ketika motor tidak bisa anda starter, namun saat aki diperiksa ternyata normal, bisa jadi yang bermasalah adalah spulnya. Biasanya itu terjadi karena spul motor yang sudah tidak bekerja secara maksimal.

Pengecekan bisa anda lakukan dengan mengecek voltase aki. Untuk spul juga perlu pengecekan, ketika kumparan terlihat ada yang hangus, kemungkinan komponen tersebut mulai rusak.

Ciri-ciri spul motor lemah biasanya terlihat dari lemahnya kelistrikan motor. Seperti lampu yang redup, klakson yang bersuara lemah, bahkan starter yang tidak berfungsi dengan baik lagi. Kerusakan ini berbeda tergantung jenis motor. (R10/HR-Online)

Editor : Adi Karyanto