Custom Kernel Android, Begini Cara Pasang Lengkap dengan Fungsinya

Custom Kernel Android, Begini Cara Pasang Lengkap dengan Fungsinya
Ilustrasi custom kernel Android. Foto: Ist/Net

Custom kernel Android adalah salah satu perangkat lunak yang memiliki fungsi cukup penting. Cara pasang atau instalnya pun perlu menggunakan beberapa langkah.

Karena fungsinya yang cukup penting, sebaiknya anda tahu apa sebenarnya kernel. Dengan adanya perangkat yang satu ini, anda akan lebih mudah dan aman ketika mengakses perangkat keras.

Secara umum, kernel itu sendiri memiliki fungsi sebagai perantara software dan hardware dalam suatu perangkat. Perangkat yang satu ini menempati urutan paling utama dari suatu program ketika nyala.

Sebab, perangkat inilah yang selanjutnya mengatasi proses input/output dari program lainnya. Sehingga prosesor akan menerimanya lebih mudah untuk dieksekusi.

Baca Juga : Cara Menambah Multitouch HP Tidak Terdukung, Intip Antisipasi Lainnya

Tidak hanya itu saja, kernel juga berfungsi untuk penanganan perangkat kerja lainnya. Antara lain monitor, printer, keyboard, speaker, mouse, dan perangkat lainnya.

Custom kernel Android menjadi salah satu istilah asing yang sebagian besar orang belum memahaminya. Namun, sebenarnya perangkat ini berperan penting dalam menjalankan berbagai sistem dan program agar lebih aman.

Tanpa adanya perangkat lunak yang satu ini, hp Android anda tidak akan berjalan dengan baik. Karena perannya sebagai role utama, maka dapat mengatur konfigurasi menyeluruh tentang performa smartphone.

Tidak ada salahnya jika anda mengetahui bagaimana cara pemasangan atau install. Selain itu, manfaat dari perangkat lunak Android yang satu ini.

Cara Pasang Custom Kernel Android

Dalam Android, MAC, dan iOS, tentu ada yang dinamakan kernel. Kernel itu sendiri adalah sistem operasi Android yang menanggung atas semua komponen untuk membantu aplikasi berjalan.

Sehingga mampu menyambung dengan baik bersama perangkat keras lainnya. Dengan adanya custom kernel, maka perangkat Android akan menjadi lebih baik.

Ada banyak jenis custom kernel yang bisa disesuaikan dengan penggunaan. Setiap jenis kernel hadir dengan berbagai kelebihan dan kekurangan masing-masing.

Baca Juga : Setting Mikrotik Lewat HP Android Atau iOS Dengan Mudah, Ini Caranya

Sehingga anda perlu menyesuaikan kernel yang tepat sesuai kebutuhan sehari-hari. Cara pasang kernel memang ada beberapa cara yang bisa dilakukan.

Semua memiliki caranya masing-masing. Misalnya pemasangan dengan bantuan CMW atau TWRP, maka yang perlu anda lakukan yaitu:

  1. Unduh berkas kernel dan pindah ke internet storage. Pastikan sudah sesuai dengan Android anda.
  2. Masukkan ke TWRP dan pilih Wipe>Advanced Wipe.
  3. Centang Dalvik / ART Cache dan Cache.
  4. Selanjutnya Swipe to Wipe.
  5. Pilih back sampai anda kembali ke halaman depan TWRP dan install.
  6. Klik berkas kernel yang sudah anda salin sejak awal.
  7. Geser ke bagian kanan pada Swipe to confirm Flash. Tunggu pemasangan selesai dan anda bisa reboot system.

Begitulah cara mudah yang bisa anda lakukan dalam pasang custom kernel Android.

Hal-Hal yang Perlu Diperhatikan

Pasang costum kernel Android tidak hanya begitu saja. Sebelum melakukan install, maka ada banyak hal yang perlu diperhatikan, antara lain:

  1. Hal pertama yang perlu anda lakukan sebelum pemasangan yaitu membackup system dan boot partition dengan TWRP. Hal ini perlu anda lakukan untuk berjaga-jaga Android anda bootloop setelah pemasangan dilakukan.
  2. Jika terjadi bootloop, anda bisa restore system dan boot partition dengan TWR.
  3. Pilih jenis yang aman dan nyaman ketika menggunakan stock kernel agar hasilnya maksimal.
  4. Lakukan Wipe » Dalvik Cache dan Cache sebelum kernel terpasang.
  5. Setelah anda menggunakan beberapa kernel dan ingin menggantinya, caranya pun cukup mudah. Cukup stok yang baru sesuai anda inginkan.
  6. Hindari pemasangan flash kernel setelah magisk. Sebaiknya lakukan reboot, baru pasang custom kernel Android.

Adanya kernel pada hp Android memang peranannya cukup penting. Fungsinya sendiri menjadi sebuah jembatan penterjemah antara mesin dan program.

Untuk sebagian besar orang, belum tentu apa perangkat tersebut. Sehingga tidak tahu cara memasangnya. Karena kebutuhan custom kernel di Android semakin meningkat, kini tersedia banyak jenisnya.

Ada kernel yang sudah modifikasi sebagai stok kernel. Stok tersebut hadir dengan modifikasi yang menambahkan fitur menarik. Fitur yang ada akan memudahkan dalam pemanfaatannya.

Peranannya yang cukup penting membuat beberapa perangkat di Android mampu beroperasi dengan baik. Begitu juga dengan custom kernel Android. Anda perlu tahu bagaimana cara pasang dan manfaatnya. (R10/HR-Online)

Editor : Adi Karyanto