Daun Penghilang Flek Hitam di Wajah, Penyebab dan Cara Mengatasinya

daun penghilang flek hitam di wajah
Ini dia daun penghilang flek hitam di wajah. Foto: Ist/Net

Menggunakan daun penghilang flek hitam di wajah ternyata cukup efektif. Selain akan membuat wajah terlihat lebih bersih dan cerah, flek hitam pada wajah yang sering mengganggu bisa cepat hilangnya. Yuk cari tahu cara membuatnya.

Gangguan wajah merupakan masalah yang sering membebani pikiran. Hal ini karena hal pertama yang terlihat dari seseorang adalah wajahnya. Untuk itu, memiliki wajah bebas masalah menjadi tuntutan tersendiri.

Anda yang mempunyai masalah flek hitam tidak perlu khawatir. Ada bahan alami yang bisa Anda manfaatkan untuk mengatasi masalah Anda. Herbal ini berupa daun penghilang flek hitam di wajah yang sebenarnya cukup terkenal.

Flek hitam merupakan salah jenis gangguan yang paling sering muncul pada kulit wajah, khususnya pada wanita berusia lebih dari 30 tahun. Menghilangkan gangguan ini biasanya tidak mudah dan membutuhkan ketelatenan yang tinggi.

Faktor Penyebab Flek Hitam

Tahukah Anda apa yang membuat timbulnya flek hitam pada wajah? Flek hitam bisa muncul karena sejumlah sebab. Baik karena kulit kekurangan daya elastisitasnya maupun karena kadar kolagen yang menurun.

Selain karena dua hal tersebut, flek hitam juga bisa muncul karena faktor lainnya. Seperti genetik, paparan debu, polusi, asap rokok, dan sinar matahari. Untuk mencegah timbulnya flek hitam sebaiknya anda membiasakan pakai tabir surya.

Baca Juga : Cara Perawatan Wajah Berjerawat dan Berminyak yang Efektif dan Mudah

Namun jika flek hitam sudah terlanjur muncul, ibarat nasi sudah menjadi bubur. Namun Anda jangan berkecil hati karena flek hitam bisa kita hilangkan. Anda bisa treatment ke salon kecantikan.

Anda juga bisa menggunakan produk yang mengandung retinol yang berguna mencerahkan kulit.

Jika Anda memiliki bujet tipis dan sayang menggunakannya untuk treatment dan membeli skincare, ada cara alami yang bisa Anda lakukan untuk menghilangkan flek hitam.

Menggunakan Daun Penghilang Flek Hitam di Wajah

Terlebih dahulu Anda harus berkenalan dengan daun katuk. Daun tanaman herbal ini terkenal sebagai daun penghilang flek hitam di wajah yang cukup efektif.

Mungkin sebagian dari Anda ada yang belum familiar dengan tanaman ini. Selama ini daun ini sangat populer khususnya bagi kalangan ibu menyusui karena manfaatnya yang bisa melancarkan ASI.

Selain itu, ternyata daun katuk juga mempunyai berbagai manfaat yang lain. Beberapa manfaat daun katuk untuk kesehatan adalah meningkatkan sistem imun tubuh, mencegah anemia, dan menjaga kesehatan mata.

Baca Juga : Masker Lidah Buaya untuk Perawatan Wajah dan Cara Membuatnya

Herbal ini juga berguna untuk menjaga kesehatan tulang, mengobati luka, hingga menjaga vitalitas pada pria. Daun katuk mengandung kadar klorofil tinggi sehingga terdapat antioksidan dalam jumlah banyak.

Antioksidan ini sangat bagus untuk kesehatan kulit. Selain untuk merawat dan mengatasi permasalahan kulit terutama keriput, herbal ini juga mampu mengatasi warna kulit yang tidak rata, dan juga flek hitam.

Oleh karena itu, banyak perempuan yang tertarik untuk memanfaatkan daun katuk untuk merawat wajahnya.

Cara Menggunakan Daun Katuk

Cara mengolah daun katuk untuk bahan perawatan wajah sangat mudah dan simpel. Anda hanya perlu beberapa lembar daun katuk, penghalus, mangkok, air, dan kuas.

Untuk Anda yang tertarik, berikut cara memanfaatkan herbal ini sebagai daun penghilang flek hitam di wajah. Lakukan perawatan secara rutin agar hasilnya optimal.

Baca Juga : Cuka Apel untuk Wajah dan Manfaatnya Bikin Cantik Alami

Pertama-tama, cuci dan haluskan daun katuk terlebih dahulu. Pastikan hasil tumbukannya halus sehingga bisa Anda aplikasikan secara merata pada wajah. Anda boleh menggunakan tumbukan atau batu cobek untuk menghaluskan daun katuk.

Jika sudah halus, Anda bisa mencampurnya dengan air atau madu. Jika wajah Anda kering, Anda bisa mencampurkannya dengan satu sendok madu untuk menambah kelembaban kulit.

Namun jika wajah Anda berjerawat, sebaiknya tambahkan dengan satu sendok teh air. Air yang kita gunakan boleh air apa saja. Hasilnya akan lebih maksimal jika Anda menggunakan air saffron atau air mawar.

Setelah itu aduk rata dan oleskan pada wajah seperti mengoleskan masker. Diamkan selama 15-20 menit lalu bilas hingga bersih. Lakukan cara ini sehari atau dua hari sekali agar wajah segera terbebas dari flek hitam.

Jika ingin berhasil, kuncinya Anda harus melakukannya secara konsisten. Cara ini terbukti ampuh dan sudah banyak yang merasakan hasilnya. Daun katuk memang pantas mendapat gelar sebagai daun penghilang flek hitam di wajah. (R11/HR-Online)

Editor : Eva Latifah