Dekranasda Pangandaran Diminta Tingkatkan Kreativitas Pengrajin

Dekranasda Pangandaran Diminta Tingkatkan Kreativitas Pengrajin

Berita Pangandaran, (harapanrakyat.com),- Bupati Jeje Wiradinata, meminta Dekranasda (Dewan Kerajinan Nasional Daerah) Kabupaten Pangandaran, agar bekerja ekstra memberikan edukasi kepada pengrajin yang ada di Pangandaran.

Dukungan edukasi tersebut penting diberikan kepada para pengrajin agar mereka bisa meningkatkan kualitas produk olahannya, sehingga bisa bersaing dengan produk luar.

“Saat ini tidak sedikit muncul persaingan terutama di bidang kerajinan, jadi pengrajin di Pangandaran harus lebih kreatif lagi,” ujar Jeje saat melantik pengurus TP PKK dan Dekranasda Pangandaran, Kamis (8/4/2021).

Selain memberikan edukasi, Jeje meminta dekranasda memberikan pelatihan kepada para pengrajin.

“Kita harap produk dari para pengrajin di Pangandaran memiliki nilai jual yang cukup bagus dan tentunya berkualitas,” katanya.

Ketua TP PKK yang juga Ketua Dekranasda Kabupaten Pangandaran Hj Ida Nurlela siap menjalankan arahan dari Bupati Jeje.

Saat ini, pihaknya telah mengembangkan produk dari hasil kerajinan masyarakat, salah satunya kerajinan dari bahan limbah  tempurung kelapa.

“Tempurung kelapa ini kita olah menjadi sebuah kerajinan yang memiliki nilai jual,” ujar Ida.

Selain memanfaatkan limbah, Dekranasda juga melakukan terobosan lainnya seperti pengolahan kuliner atau makanan yang sudah dikemas dengan menarik.

“Kita pastikan, produk dari Dekranasda Pangandaran ini berkualitas dan harganya juga terjangkau,” katanya.

Pihaknya pun akan terus memberikan edukasi dan pelatihan bagi pengrajin di Pangandaran agar bisa meningkatkan kualitas produknya. (Entang/R8/HR Online)

Editor: Jujang