Desain Dapur Bergaya Scandinavian yang Cocok untuk Anda

Desain Dapur Bergaya Scandinavian yang Cocok untuk Anda
Contoh desain dapur dengan bergaya Scandinavian. Foto : Net/Ist

Desain dapur dengan bergaya Scandinavian bisa menjadi alternatif bagi Anda yang ingin mengubah ruangan tersebut menjadi lebih menarik.

Kelebihan dari dapur gaya Scandinavian ini, tidak perlu susah payah atau repot ketika mengubah ruangan dapur. Karena konsep dari gaya Scandinavian adalah minimalis dan simpel. Selain itu juga lebih mengutamakan fungsinya, daripada aspek estetika.

Baca Juga : Desain Ruang Belajar Minimalis yang Memberikan Kesan Nyaman

Seperti kita ketahui, bahwa dapur memiliki peranan penting dalam sebuah rumah. Sehingga, banyak orang yang berlomba-lomba menghadirkan dapur dengan desain yang menawan, tujuannya agar nyaman ketika digunakan.

Desain Dapur Bergaya Scandinavian yang Bisa Dipraktekkan

Jika Anda memiliki ruangan dapur yang tidak luas atau besar, jangan khawatir karena desain dengan khas Negeri Nordic dapat Anda terapkan untuk dapur dengan ukuran kecil atau mungil.

Salah satunya adalah gaya Scandinavian yang sedang naik daun beberapa waktu ini. Berikut desain dapur bergaya Scandinavian yang patut banget untuk anda contek.

Menambahkan Unsur Warna Favorite

Pada dasarnya, gaya Scandinavian yang merujuk pada konsep desain negara Nordic, lebih membawa warna putih atau coklat sebagai warna dasarnya. Meski begitu, bukan berarti anda tidak bisa memasukkan unsur warna favorit kedalamnya.

Baca Juga : Dapur Bawah Tangga Tidak Akan Menjadi Penghalang Saat Masak

Jika anda ingin menambahkan beberapa warna favorite anda, sebaiknya pilih warna dasar putih agar lebih mudah dipadukan.

Bermain aksen warna pada ruangan desain dapur bergaya Scandinavian atau minimalis bukanlah sesuatu yang diharamkan.

Akan tetapi, yang perlu Anda perhatikan bahwa lebih baik menambahkan aksen warna lain pada furniture atau hiasan saja, agar tidak merusak unsur Scandinavian-nya.

Dapur dengan Desain Ringan yang Terang

Membentuk dapur dengan membawa unsur dari Negara Nordic atau yang lebih akrab disapa Scandinavian memang bukan hal yang terlalu sulit untuk dilakukan.

Cukup dengan mendominasikan ruangan dengan warna putih atau coklat sudah mampu menampakkan sedikit unsur Scandinavian ke dalamnya.

Sejak awal kepopulerannya, desain dapur bergaya Scandinavian ini telah mengalami perkembangan yang cukup signifikan.

Sekarang ini, banyak orang yang mencoba mengubah konsep dapurnya mengikuti gaya Scandinavian. Anda dapat membawa dapur dengan desain ringan dan warna terang, agar terlihat lebih berwarna dan tidak terlalu polos.

Memadukan Material Alam

Desain dapur bergaya Scandinavian yang selanjutnya membawa unsur alam kedalamnya. Anda dapat menggunakan kayu yang memang cocok dengan highlight pada unsur Scandinavian yakni berdekatan dengan alam.

Baca Juga : Desain Ruang Belajar Lesehan Tetap Nyaman dan Menyenangkan

Selain itu, Anda dapat menambahkan beberapa ornamen kayu pada lantai, furniture, dinding, atau bahkan langit-langitnya. Sementara tekstur warna pada kayu dapat menciptakan kesan hangat dan nyaman.

Manfaatkan kayu secara maksimal dan jangan takut untuk memadukan atau mengeksposnya. Sebaiknya gunakan warna putih atau abu-abu sebagai warna dasar agar terlihat chic dengan ornamen kayu.

Gunakan Smart Storage Solution

Gaya Scandinavian pada dasarnya cukup lekat dengan perpaduan furniture modern dan tradisional yang canggih namun tidak melepaskan unsur klasik di dalamnya. Smart storage solution adalah salah satu bentuk baru pada furniture yang terlihat jauh lebih modern dan praktis.

Salah satu karakter utama pada desain dapur bergaya Scandinavian adalah rak dinding bertingkat terbuka, dan memiliki ukuran yang besar.

Sementara gaya Scandinavian yang sedang marak, sekarang lebih mengarah pada desain modern dengan perlengkapan atau furniture yang serbaguna dan canggih.

Tetap Mematuhi Aturan Putih

Desain dapur bergaya Scandinavian sebaiknya tidak melewatkan warna putih sebagai warna dasarnya. Gaya ini memang sangat lekat dengan warna putih dan coklat.

Jadi, tanpa adanya warna putih atau coklat, unsur Scandinavian akan terlihat kehilangan karakteristiknya. Meski anda ingin menambahkan warna lain, jangan lupakan kedua warna dasar ini. (Adi/R5/HR-Online)

Editor : Adi Karyanto