Desain Rumah Jepang yang Dinamis dan Serba Minimalis

Desain Rumah
Desain rumah Jepang memiliki gaya interior yang dinamis dengan penampilan serba minimalis. Foto: Net/Ist.

Desain rumah Jepang memiliki gaya interior yang dinamis dengan penampilan serba minimalis. Selain itu, arsitektur rumah Jepang juga terlihat khas serta berkarakter. Adapun yang menjadi ciri khas dari konsep rumah tersebut terletak pada penggunaan bahan material yang selalu konsisten. Termasuk bentuk-bentuknya yang sangat sederhana.

Untuk desain interior pada rumah Jepang ini tetap mempertahankan nilai tradisi, ketertiban, dan keseimbangan yang selaras dengan alam.

Rumah ini cenderung memiliki ukuran minimalis, namun sangat mengutamakan privasi. Untuk menciptakan hal tersebut, arsitektur rumah ini memanfaatkan sudut, beragam level lantai, dan kontras antara sudut yang nyaman dengan ruang terbuka.

Kemudian, pencahayaan alami juga menjadi dasar bagi estetika interior rumah Jepang. Hal ini menegaskan bahwa desain tersebut erat kaitannya dengan alam bebas.

Ide Desain Rumah Jepang yang Serba Minimalis

Baca Juga : Desain Rumah Modern 2 Lantai Solusi Agar Tidak Ketinggalan Zaman

Pintu Gerbang

Merangkum dari berbagai sumber, bagi Anda yang ingin menciptakan suasana dan nuansa interior rumah ala Jepang, Anda dapat memulainya dari bagian pintu gerbang.

Karena bagian tersebut tak hanya sekadar pintu, namun biasanya gerbang atap gaya rumah ini menjadi pemisah antara tempat tinggal dengan jalan. Gerbang ini tentunya memberikan kesan yang lebih privat, nyaman, juga membuat penghuninya merasa tenang.

Model pintu gerbang ini adaptasi dari gagasan rumah Jepang yang desainnya membawa unsur garis horizontal atau vertikal pada sebagian besar pintu gerbangnya.

Warna Cat Rumah Jepang

Desain rumah Jepang biasanya menggunakan palet warna elemen batu dan kayu. Dengan sedikit sentuhan paduan warna hitam, putih, coklat, abu-abu, dan sedikit merah akan menampilkan visualisasi sangat minimalis, namun tetap terlihat manis.

Interior pada rumah Jepang ini identik dengan yang terang. Sentuhan warna putih biasanya menjadi dasar pilihan warna dan banyak digunakan.

Pasalnya, putih menjadi salah satu warna dalam rumah Jepang yang menampilkan ketenangan. Kemudian, dipadukan dengan sentuhan warna natural kayu sehingga menciptakan kenyamanan dalam rumah yang sempurna.

Baca Juga : Desain Rumah Kontemporer Ternyata Mudah Dibuat, Begini Caranya

Furniture Rumah Jepang

Dari segi furniture juga sangat erat kaitannya dengan desain rumah Jepang yang dinamis dan serba minimalis ini. Gagasan furniture yang minimalis tentunya menjadi standar dan biasa digunakan untuk hunian ini.

Dengan menggunakan furnitur berukuran kecil akan memberikan keleluasaan dalam ruangan. Hal ini sesuai dengan filosofi dari desain hunian ala Jepang yang sangat memperhatikan kondisi sirkulasi dalam ruangan.

Bahkan, konsep lesehan sebagai ruang duduk juga merupakan hal paling umum yang bisa kita temukan dalam rumah Jepang. Berbagai bantal dan alas tatami adalah perabot serta aksesori khas ada dalam hunian ini.

Dengan menggunakan sebuah meja berukuran besar yang rendah sebagai pusat berkumpul, baik untuk ruang tamu maupun ruang keluarga.

Interior rumah Jepang ini sangat nyaman bagi semua anggota keluarga. Sehingga, siapa pun yang mengunjunginya akan merasa nyaman dan betah tinggal berlama-lama.

Baca Juga : Ragam Desain Rumah Minimalis Modern yang Fungsional

Pencahayaan dan Dekorasi

Desain rumah Jepang fokus pada instalasi pencahayaan (task lighting). Jenis pencahayaan ini sudah lazim ada dalam hunian ini yang fungsinya sebagai general lighting. Bahkan, penggunaan lampu dekoratif berupa lampion itu untuk mempertegas nuansa rumah khas Jepang.

Sedangkan, elemen dekoratif lain seperti panel dinding juga menjadi pembatas antar room divider. Ini juga sudah lazim ada dalam rumah ala Jepang.

Untuk bahan materialnya berupa kombinasi kayu horizontal-vertikal, tanpa adanya ornamen yang menjadikan ruangan rumah terasa sangat unik, tapi tidak berlebihan.

Unsur Alam

Ketertarikan dan kedekatan dengan alam selalu diterapkan dalam desain rumah Jepang. Oleh karena itu, tidak heran jika konsep hunian dalam setiap ruangannya banyak menghadirkan unsur alam.

Air merupakan elemen penting yang sering ditonjolkan. Keberadaan sebuah kolam ikan pada area taman indoor menunjukkan maksimalisasi dari unsur alam.

Baca Juga : Desain Rumah Type 45 dengan Kolam Renang Berbagai Bentuk

Selain itu, dalam desain interior rumah Jepang, unsur alam juga terlihat dalam bentuk dekorasi tanaman. Untuk dekorasi tanaman biasanya memajang tanaman jenis bonsai karena perawatannya cenderung lebih mudah. Hadirnya tanaman dalam jenis dekorasi tersebut mewakili prinsip alami, hijau, dan kesederhanaan.

Ruang Terbuka dan Jendela

Desain rumah Jepang juga memiliki ciri khas ruang terbuka dan ukuran jendela yang lebar. Dengan begitu, Anda bisa leluasa melihat pemandangan ke semua penjuru.

Selain itu, salah satu ciri khas dari rumah Jepang ini adalah pintu geser dengan ukuran besar. Terutama rumah-rumah Jepang yang masih tradisional.

Ruangan terbuka memang identik sekali dengan prinsip rumah Jepang yang berkonsep minimalis. Tujuannya untuk mendapatkan udara segar dan pencahayaan alami secara maksimal.

Jendela yang besar dan bukaan langit-langit rumah seperti skylight merupakan jurus ampuh agar mendapatkan udara segar maupun pencahayaan alami.

Dalam desain rumah Jepang, hal yang jarang terlihat, bahkan tidak ada sama sekali adalah screen tebal atau gorden. Karena, elemen ini bisa menjadi penghalang jalan masuknya cahaya alami.

Itulah desain hunian ala Jepang yang bersifat dinamis dan benar-benar memperhatikan kenyamanan dengan elemen serba minimalis. Apakah Anda tertarik merancang hunian berkonsep rumah Jepang? (Eva/R3/HR-Online)

Editor : Eva Latifah