Disappearing Message WhatsApp Android, Ini Cara Menggunakannya

Disappearing Message WhatsApp Android
Disappearing Message WhatsApp Android: Ist/Net

Disappearing Message WhatsApp Android merupakan fitur terbaru WhatsApp. Fitur ini sudah tersedia untuk para penggunanya. Fitur tersebut dapat menghilangkan pesan secara otomatis dalam 7 hari.

Anda dapat menghapus pesan percakapan pribadi secara otomatis tanpa mempengaruhi pesan yang sebelumnya anda kirim maupun terima. Hanya dengan mengatur untuk nonaktif maupun mengaktifkan pesan yang hilang tersebut. 

Cara Menggunakan Disappearing Message WhatsApp Android

Sebagian orang belum mengetahui keberadaan fitur ini. Begitu juga cara menggunakannya. Bagi anda yang masih bingung cara menggunakan fitur ini, anda dapat menerapkan cara berikut. 

1. Obrolan Atau Chatting Pribadi

Bagi anda yang menggunakan HP Android, anda dapat mengikuti petunjuk berikut. 

Pengaktifan Fitur

Pertama yang anda lakukan adalah dengan membuka obrolan WhatsApp. Anda buka salah satu obrolan WhatsApp anda. Selanjutnya anda lakukan tap pada nama kontak yang berada di bagian atas layar obrolan tersebut. Anda akan bertemu dengan beberapa pilihan fitur yang terdapat pada layar tersebut. 

Baca Juga : Merekam Video Call WhatsApp di Android, Intip Tutorial Praktisnya

Kemudian anda cari fitur Disappearing Message WhatsApp Android. Caranya dengan scroll ke bawah. Anda bisa langsung tap fitur tersebut. Terdapat dua pilihan tombol yang tersedia untuk anda pilih. Karena anda akan mengaktifkan fitur tersebut, maka anda dapat mengklik tombol on. 

Menonaktifkan Fitur

Begitu juga dengan penonaktifan fitur, anda buka saja obrolan atau percakapan anda di WhatsApp. Kemudian menuju kontak seperti cara sebelumnya dan memilih fitur tersebut. Anda lanjutkan dengan memilih dan klik off untuk menonaktifkannya. 

2. Chat Grup 

Pada obrolan grup, penerapannya mirip dengan chat pribadi. Hanya saja, anda harus membuka chat grup milik anda. Pertama buka salah satu obrolan grup anda yang akan anda atur pesannya. Selanjutnya anda tap nama grup yang berada di bagian atas layar obrolan. 

Anda cari Disappearing Message WhatsApp Android dengan scroll ke bawah. Jika anda telah menemukannya, maka klik fitur tersebut. Anda klik pilihan on atau off pada layar tersebut.

Baca Juga : Cara Merekam Telepon WhatsApp Paling Efektif, Simak Ulasannya

Jika anda akan mengaktifkan fitur tersebut, anda klik on. Begitu juga untuk menonaktifkan, anda bisa tap off. Anda bisa menggunakan fitur tersebut untuk menghilangkan pesan yang anda kirim dan otomatis hilang setelah 7 hari. 

Cara Menggunakan Fitur Penghapus Pesan pada iOS

Sebenarnya cara menggunakan fitur penghapus pesan pada iOS tidak berbeda dengan pengaturan HP Android. Anda dapat menerapkan cara yang sama untuk mendapatkan penyetingan.

Dengan membuka chat pribadi anda dan membuka kontak yang berada di bagian atas obrolan, anda dapat memilih menu fitur penghapus tersebut.

Baca Juga : Cara Mematikan Auto Download WhatsApp, Hemat Kuota dan Memori HP

Selanjutnya anda klik on maupun off. Lakukan sesuai cara menggunakan Disappearing Message WhatsApp Android sebelumnya pada HP Android. Begitu juga dengan chat grup, anda lakukan cara yang sama. 

Fungsi Fitur Penghapus

Fitur ini memang sudah tersedia sejak 18 November lalu. Namun pada WhatsApp versi lama, anda harus mengupdatenya terlebih dahulu untuk mendapatkan fitur tersebut. 

Anda dapat memperbaharui WhatsApp di Google Play Store. Pembaharuan versi terbaru tersebut bisa anda akses pada HP Android setelah 12 hari fitur meluncur. 

Fungsi fitur tersebut memang untuk mengatur agar pesan yang anda kirim otomatis hilang setelah 7 hari. Meskipun anda menghapusnya secara manual, WhatsApp tidak akan menghapusnya. Kecuali jika pengguna telah mengaktifkan fitur Disappearing Message WhatsApp Android.

Namun jika sudah aktif, anda tidak perlu khawatir, pesan anda terhapus setelah seminggu. Bahkan fungsi dari fitur tersebut, orang lain tidak akan bisa membaca pesan-pesan lama pengguna WhatsApp. Terutama bagi mereka yang tak izin membuka pesan kita. 

Dengan fitur tersebut, memungkinkan pengguna melakukan percakapan sedekat mungkin dengan pengguna lainnya. Namun pesan tidak bertahan lama sehingga obrolan akan lebih intens dan ringan. 

Begitu juga obrolan grup, hanya admin yang bisa memegang kendali dan mengaktifkan fitur tersebut. WhatsApp memberikan kemudahan kepada pengguna dengan menawarkan ketenangan pikiran karena percakapan tidak permanen, namun praktis. 

Meskipun pesan anda terhapus otomatis oleh Disappearing Message WhatsApp Android, namun anda tidak akan melupakan momen yang anda bicarakan tersebut. Maka dari itu, tak ada salahnya anda memanfaatkan fitur terbaru WhatsApp yang satu ini. Dengan cara menggunakan yang mudah, rasakan sendiri keunggulannya. (R10/HR-Online)

Editor : Adi Karyanto