Tekan Pelanggaran, Dishub Ciamis Pasang 40 CCTV di Berbagai Titik

Dishub Ciamis
CCTV yang dipasang Dishub Ciamis di salah satu perempatan jalan perkotaan. Foto: Fahmi/HR

Berita Ciamis, (harapanrakyat.com),- Dalam rangka menekan angka pelanggaran lalu lintas dan kecelakaan, Dishub Ciamis memasang sebanyak 40 CCTV di berbagai ruas jalan perkotaan.

Kadishub Ciamis, Bambang, menjelaskan, pemasangan CCTV tersebut di antaranya terletak di berbagai tempat, seperti di perempatan lokasi strategis yang banyak lalu lintas kendaraan.

“Ini bagian dari konsep smart city yang secepatnya akan kita launching. Area Traffic Control System (ATCS) ini memang belum resmi kita luncurkan karena masih dalam tahap uji coba beberapa bulan ini,” katanya, Rabu (7/4/2021).

Baca juga: Tak Kunjung Diperbaiki, Gorong-gorong Jalan Cipaku Ciamis Ambruk

Sebagaimana UU Nomor 22 tahun 2009 tentang lalu lintas dan angkutan jalan, kata Bambang, guna mendukung penindakan pelanggaran bidang lalin perlu adanya berbagai peralatan elektronik.

Nantinya, bukti dari hasil alat tersebut sebagai bukti di pengadilan. Bahkan, ketika ada kejahatan maupun kecelakaan dapat tahu dengan alat itu.

“Semoga dengan adanya ATCS ini pengguna jalan bisa lebih tertib berlalu lintas, sehingga angka kecelakaan pun dapat berkurang,” pungkasnya. (Fahmi/R6/HR-Online)

Editor: Muhafid