Senin, Oktober 18, 2021
BerandaGaya HidupKhazanahDoa Qunut Witir Lengkap dengan Arti dan Manfaatnya Sesuai Ajaran Islam

Doa Qunut Witir Lengkap dengan Arti dan Manfaatnya Sesuai Ajaran Islam

Doa Qunut witir merupakan bacaan yang dibaca imam dengan suara lantang. Tugas makmum terhadap hal tersebut adalah mengamininya. Karena jika kaji kembali doa tersebut, memiliki banyak manfaat yang akan sangat berguna untuk kehidupan kita. Apa saja? Bakalan kita simak bersama nanti.

Anjuran untuk membaca doa Qunut witir ini adalah saat pertengahan kedua pada bulan suci Ramadhan. Bahkan semua ulama sudah sepakat hukum membaca Qunut ini adalah pada separuh Ramadhan atau tanggal 15 Ramadhan.

Pelaksanaan shalat witir tentunya setelah shalat tarawih. Doa Qunutnya pun dibaca saat rakaat terakhir. Namun hal yang demikian ini bukanlah amalan yang membawa hukum wajib.

Qunut sendiri ada tiga macam yakni doa Qunut Nazilah (doa yang dilafazkan saat terjadi musibah besar), doa setelah i’tidal, dan pada saat rakaat terakhir.

baca juga: Hikmah Perang Badar Mengajarkan Bahwa Usaha Tanpa Doa Itu Mustahil

Bacaan Doa Qunut Witir yang Harus Anda Ketahui

Alangkah lebih baiknya, sebelum anda mengetahui tentang doa Qunut witir, anda pahami dulu mengenai bagaimana tata caranya. Jika memang sudah benar-benar paham, baru anda amalkan dengan membaca lafadz doa tersebut.

Mengenai tata caranya, bacaan ini bisa anda lafadzkan pada saat rakaat pertama setelah bangun dari rukuk. Selain itu, hendaknya saat membaca doa ini, telapak tangan diangkat.

baca juga: Keutamaan Sedekah Subuh yang Dahsyat, Mendapat Doa dari Malaikat

Lafadz Doa Qunut dan Artinya

Tahukah anda tentang istimewanya doa Qunut witir tersebut? Tepat keistimewaan doa tersebut berada pada setiap kalimatnya. Merupakan doa untuk kehidupan dunia sekaligus akhirat manusia nantinya. Terdapat pula permohonan untuk hal-hal yang bermanfaat dan menolak untuk hal yang tidak berfaedah, baik di dunia maupun akhirat.

baca juga: Dahsyatnya Kekuatan Doa Bagi Manusia Dalam Menjalani Hidup

Tahukah Anda, Apa Saja Manfaat Dari Doa Qunut?

Ternyata doa Qunut witir ini memiliki beberapa manfaat yang hukumnya wajib untuk anda ketahui. Jangan sampai ketika saat ditanya mengapa anda melakukan Qunut? Masa jawabnya, entah nggak tahu juga. Astaghfirullah, di sinilah fungsi ilmu itu.

Apabila anda nanti ada yang bertanya, wahai fulan apa sih sebenarnya keuntungan melakukan dan membaca doa Qunut witir itu? Ada banyak, mari kita simak bersama penjelasannya.

Sebagai Doa untuk Memohon Hidayah

Salah satu bacaan doa Qunut witir yang anda baca memiliki arti banyak. Salah satunya adalah untuk memohon mendapat hidayah. Meskipun demikian, namun anda juga harus mempunyai ikhtiar untuk menjemputnya.

Tidak ada gunanya jika anda hanya berdoa untuk bisa mendapatkan hidayah. Dalam hal manfaat yang satu ini, bisa anda gunakan untuk memohon hal-hal yang bermanfaat dalam agama kita.

Bukan hanya itu saja, akan tetapi hal ini juga bisa menjadi fondasi untuk anda bisa membangun kesahihan dalam beramal. Apakah amalan yang sudah susah payah kita lakukan itu akan Allah terima atau tidak.

Doa untuk Memohon Kesehatan Badan

Lafadz doa Qunut witir meminta kesehatan ini juga menjadi salah satu wujud ungkapan dan permohonanan Baginda Nabi Muhammad SAW. Kanjeng Nabi Muhammad SAW selalu berdoa untuk kesehatannya juga kebaikan dunia akhiratnya.

Memohon Perlindungan Dari Segala Bentuk Mara Bahaya

Lafadz doa Qunut ini juga memberikan anda manfaat yakni bisa menjauhkan dan melindungi dari segala yang membahayakan. Bahkan orang yang tidak ingin mengimani Allah, tidak segan-segan Allah akan memusuhi dan tidak memuliakannya.

Tentunya bukan keselamatan untuk urusan kehidupan dunia saja, akan tetapi berbagai macam mara bahaya yang ada di akhirat maupun bumi.

Permohonan Agar Semua Nikmatnya Allah Cukupkan

Manusia selalu saja menjadi makhluk yang terus-terusan merasa kekurangan. Umumnya mereka lupa kepada Sang Pemberi saat berada dalam nikmat yang banyak dan berlimpah.

Maka, dengan anda bisa mengamalkan doa Qunut witir ini juga akan belajar untuk selalu bersyukur terhadap apapun itu yang sudah Allah Ta’alla berikan. (Muhafid/R6/HR-Online)

- Advertisment -

Berita Terbaru

spot_img