Face ID iPhone Tidak Berfungsi, Ini Cara Mengatasinya

Face ID iPhone tidak berfungsi
Ilustrasi Face ID iPhone tidak berfungsi. Foto: Ist/Net

Face ID iPhone tidak berfungsi menjadi salah satu masalah yang sering terjadi. Face ID merupakan salah satu teknologi pengenalan wajah pada iPhone. 

Umumnya deretan iPhone tersebut yakni iPhone X, iPhone XS, iPhone XR, iPhone XS Max, iPhone 11, iPhone 11 Pro, dan Pro Max. 

Baca Juga : Assistive iPhone Tidak Berfungsi, Ketahui Penyebab dan Solusi Tepatnya 

Beberapa pengguna sering menemukan masalah saat akan menggunakan Face ID tersebut. Biasanya terjadi karena berbagai faktor berupa bug atau faktor eksternal lainnya. 

Cara Mengatasi Face ID iPhone Tidak Berfungsi

Dalam petunjuk Apple memberikan beberapa solusi menggunakan Face ID, termasuk membuka kunci iPhone maupun iPad. Bahkan prosesnya hingga memasukkan kode sandi. Cara mudah untuk mengatasi hal tersebut yaitu:

Restart iPhone

Langkah pertama yang dapat anda coba yakni restart iPhone anda yang bermasalah. Tunggu proses tersebut hingga beberapa detik dan nyalakan kembali. 

Jika sudah menyala, seharusnya Face ID bisa digunakan. Namun jika belum berfungsi, maka anda lakukan langkah selanjutnya. 

Update Ke Versi Terbaru

Hal yang terkadang tidak disadari, Face ID iPhone tidak berfungsi karena belum terupdate. Banyak pengguna yang sering sekali mengabaikan pembaruan ke versi terbaru. 

Anda coba cek kembali apakah sudah diperbaharui atau belum. Jika belum, maka sebaiknya anda segera memperbaharuinya. 

Memeriksa Pengaturan Face ID

Langkah selanjutnya untuk mengatasi masalah Face ID adalah dengan memeriksa pengaturan. Hal tersebut dapat anda lakukan dengan membuka pengaturan, kemudian pilih Face ID dan kode sandi. 

Pastikan kembali fitur tersebut telah diatur dengan benar dan fitur yang anda gunakan dengan Face ID sudah anda nyalakan. 

Pastikan Tidak Ada Sesuatu yang Menutupi Kamera TrueDepth

Terkadang kendala Face ID iPhone tidak berfungsi terjadi karena adanya sesuatu yang menutupi kamera. Maka hal utama yang harus anda lakukan adalah memastikan tidak ada yang menutupi kamera TrueDepth. 

Baca Juga : iPhone Dinonaktifkan Sambungkan ke iTunes? Atasi dengan Cara Berikut

Jika ada penutup maupun pelindung layar atau bahkan kotoran yang menutupi kamera, sebaiknya anda bersihkan. Bagi anda yang menggunakan iPad pada orientasi landscape, pastikan jari anda tidak menutupi kamera. Biasanya akan ada notifikasi pada layar jika memang ada yang menutupi. 

Pastikan Wajah Anda Tidak Tertutup

Anda bisa menyesuaikan wajah agar terlihat sepenuhnya oleh kamera TrueDepth. Jika anda menggunakan masker dan tidak terbaca, maka anda diminta memasukkan kode sandi secara otomatis dengan menggeser ke atas. 

Begitu juga dengan kacamata. Face ID tidak akan bisa membaca wajah anda jika menggunakan kacamata. Sebaiknya anda pastikan tidak ada yang menghalangi wajah saat menggunakan fitur tersebut. 

Pastikan Wajah Menghadap Kamera

Face ID iPhone tidak berfungsi bisa karena wajah anda tidak menatap TrueDepth. Usahakan orientasi potret anda dalam posisi menghadap kamera. 

Baca Juga : Compress Video di iPhone Tanpa Mengurangi Kualitas, Ini Caranya!

Berbeda dengan iPad, fitur Face ID tetap dapat membaca meski dalam orientasi apapun. Kamera Truedepth memiliki jangkauan pandang serupa dengan anda selfie.

Baik iPhone tergeletak pada permukaan maupun memegang dalam kondisi natural. Jarak dekat yakni 10-20 inci dari wajah. 

Menambah Tampilan Alternatif

Anda dapat mengatur tampilan alternatif sehingga fitur tersebut dapat mengenali anda. Umumnya jika wajah anda terjadi perubahan dan penampilan berbeda, anda dapat membuat tampilan baru jika menggunakan masker. 

Mengatasi Face ID iPhone tidak berfungsi, anda dapat mengatur tampilan alternatif dengan cara membuka Pengaturan. Kemudian pilih Face ID dan masukkan kode sandi anda.

Anda atur tampilan alternatif. Lihat iPhone dengan pandangan lurus dan posisikan wajah anda dalam bingkai. Dengan perlahan anda gerakkan kepala untuk menyelesaikan lingkaran tersebut. Atau pilihan lainnya dengan mengetuk Aksesibilitas. 

Jika proses pemindaian tersebut telah selesai, maka anda klik Lanjutkan. Anda ulang gerakan kepala perlahan untuk kedua kalinya hingga selesai. Pengaturan Face ID anda pun finish. 

Setting Ulang Face ID

Apabila masih belum berfungsi, anda dapat setting ulang dengan membuka Pengaturan. Kemudian Face ID dan kode sandi, lalu klik atur ulang Face ID.

Daftarkan kembali wajah untuk settingan wajah terbaru anda. Sehingga fitur tersebut dapat mengenali anda. Bagi anda yang menemui masalah Face ID iPhone tidak berfungsi, anda dapat terapkan cara tersebut. Jangan ragu untuk mencoba melakukannya dalam mengatasi masalah pada Face ID. (R10/HR-Online)

Editor : Adi Karyanto