Facial Foam Sesuai Jenis Kulit, Jangan Salah Pilih!

Facial Foam Sesuai Jenis Kulit
Facial Foam Sesuai Jenis Kulit. Foto: Ist/Net

Memilih facial foam sesuai jenis kulit bertujuan agar wajah tetap bersih dan terawat. Setiap kondisi kulit ternyata membutuhkan formula yang berbeda, sehingga pemilihan sabun wajah menjadi penting.

Baca Juga: Urutan Skincare di Malam Hari, Wajah Lebih Cerah

Memastikan wajah bersih juga bagian dari skincare rutin. Jika kita tidak membersihkan wajah dengan benar, banyak masalah kulit yang akan terjadi. Mulai dari timbul komedo, jerawat, hingga wajah kusam.

Tips Memilih Facial Foam Sesuai Jenis Kulit

Agar tak salah pilih, berikut tips memilih facial yang sesuai dengan kondisi kulit wajah:

Oily Skin (Berminyak)

Ciri kulit berminyak secara umum pori-pori nambak besar, kilau minyak terlihat jelas. Mungkin kamu tergoda untuk memakai sabun wajah dengan matte finish, tapi ini salah, karena akan memicu produksi minyak semakin banyak.

Cari pencuci muka yang dapat membersihkan pori-pori, membantu mengontrol produksi minyak, tanpa membuat wajah kering.

Formula yang menyeimbangkan pH akan memperlambat pertumbuhan bakteri dan membantu mencegah jerawat.

Baca Juga: Produk untuk Mencerahkan Lutut dan Ketiak, Mulai dari 40 Ribuan

Rekomendasi facial foam sesuai jenis kulit berminyak bisa coba Sebamed Clear Face Antibacterial Cleansing Foam atau Clinique Facial Soap Oily Skin Formula.

Dry Skin (Kering)

Pada jenis kulit kering, sering terasa gatal, bersisik, dan kaku. Pembersih untuk kulit kering harus bisa menghilangkan kotoran tanpa menghilangkan minyak alami kulit.

Gunakan pencuci muka yang menghidrasi agar wajah tidak kering. Terutama pencuci wajah yang mengandung gliserin atau minyak esensial.

Baca Juga: Rekomendasi Sunscreen Terbaik, Cegah Wajah Kusam dan Terbakar

Facial foam sesuai jenis kulit kering yang bisa kamu coba di antaranya La Roche Posay Toleriane Hydrating Gentle Facial Cleanser atau Rohto Hada Labo Gokujyun Face Wash. Mengangkat kotoran tanpa membuat wajah kekeringan, sehingga tetap terhidrasi.

Sensitive Skin (Sensitif)

Pada kulit yang sensitif, sering terjadi kemerahan terutama setelah mencuci muka dan rentan terjadi iritasi. Sebaiknya gunakan pencuci wajah yang mengandung bahan-bahan menenangkan, seperti lidah buaya, kulit pohon willow, dan witch hazel. Pilih pembersih dengan pH yang seimbang.

Produk facial foam sesuai jenis kulit sensitif di antaranya The Body Shop Aloe Foaming Facial Wash dan Acnes Foaming Wash. Mengandung bahan-bahan menenangkan yang aman bagi kulit sensitif sehingga bisa membersihkan wajah tanpa membuat iritasi.

Combination Skin (Kombinasi)

Karakteristik kulit kombinasi sering berminyak di area T-Zone (dahi, hidung, dagu) dan sisanya cenderung kering.

Pembersih yang tepat untuk kulit kombinasi harus membersihkan minyak dan kotoran tanpa menghilangkan kelembaban alami. Selain itu juga harus melindungi lipid kulit.

Rekomendasi facial foam sesuai jenis kulit kombinasi adalah Bioderma Sebium Gel Moussant dan Laneige Fresh Calming Gel Cleanser.

Keduanya dapat membersihkan wajah dan melindungi lipid kulit secara bersamaan, sehingga dapat mengontrol minyak area T-Zone.

Itulah beberapa merk pencuci wajah yang bisa kamu coba. Menemukan produk pembersih yang cocok untuk kulit memang butuh proses, namun setelah menemukannya, skincare akan memberi hasil optimal. (R7/HR-Online)

Editor: Ndu