Fakta Planet Neptunus, Bercincin dan Memiliki Iklim yang Ekstrim

Fakta Planet Neptunus, Bencincin dan Memiliki Iklim yang Ekstrim
Ilustrasi Fakta Planet Neptunus. Foto: Ist/Net.

Fakta planet Neptunus sangat unik dan menarik. Planet ini memiliki warna biru yang menakjubkan. Neptunus merupakan planet dalam tata surya kita yang kedelapan. Planet terdiri dari es raksasa dan mempunyai jarak yang jauh dari matahari. 

Terbentuknya Neptunus kemungkinan dari tangkapan gas yang berada di sekitarnya. Pada mulanya planet hanya seukuran bola, lama-lama akan  membesar. 

Intip Fakta PLanet Neptunus yang Menakjubkan

Neptunus merupakan salah satu planet yang belum banyak diketahui mengenai karakteristiknya. Karena misi eksplorasi untuk menjelajah masih sedikit. Mungkin juga karena planet ini paling jauh dari matahari. 

Penemuan Neptunus masih menjadi misteri sampai saat ini. Ada pendapat mengatakan jika Galileo orang pertama yang melihat. Kemudian menandai pada salah satu gambar sebagai bintang. Berhubung tidak mengidentifikasi fakta planet Neptunus, maka tidak dikaitkan dengan penemuan. 

Ramalan tentang sebuah planet di tata surya dengan sebutan Planet X berasal dari matematikawan Perancis, Urbain Le Verrier. Bersama dengan matematikawan Inggris John Couch Adams.

Saat astronom Johann Galle menemukan Neptunus pada tahun 1846, kedua matematikawan tersebut memperdebatkan mengenai siapa yang membuat penemuan pertama. 

Baca Juga: Planet Minor di Luar Neptunus Berhasil Ditemukan, Jumlahnya Ratusan

Berotasi Cepat dan Berevolusi Lama

Rotasi Neptunus atau perputaran planet pada porosnya sangat cepat. Hanya memerlukan waktu 18 dalam satu kali rotasi. Hal tersebut karena permukaan Neptunus tidak padat.

Namun revolusi atau perputaran Neptunus mengelilingi matahari membutuhkan waktu 164,8 tahun Bumi mengitari matahari sekali. 

Fakta planet Neptunus telah menyelesaikan orbit penuh matahari pada Juli 2011 sejak pertama kali ditemukan pada 1848. Jarak Neptunus jauh dari matahari dibandingkan planet lain.

Neptunus merupakan bola gas dan es dengan inti berbatu. Neptunus mempunyai gaya gravitasi ke bawah. Jadi, hampir sama seperti saat berjalan di permukaan Bumi.

Planet Bercincin

Melansir universetoday.com, secara keseluruhan Neptunus mempunyai lima buah cincin. Cincin tersebut mempunyai nama sesuai dengan astronom yang menemukan. Antara lain Le Verrier, Galle, Lassell, Arago, dan Adams. 

Cincin Neptunus agak susah untuk diamati, tidak seperti pada planet Saturnus. Komposisi cincin terdiri dari 20% debu dan 70% dengan beberapa kandungan debu mikrometer.

Fakta planet Neptunus partikelnya hampir sama dengan cincin planet Jupiter.  Bahan cincin lainnya adalah berupa batuan kecil.

Cincin sulit terlihat karena gelap, kemungkinan penyebabnya adalah senyawa organik yang sudah berubah efek dari paparan radiasi kosmik. 

Kemungkinan cincin Neptunus relatif jauh lebih muda dari usia Tata Surya dan usia cincin Uranus. Hal tersebut konsisten dengan teori jika Triton merupakan Kuiper Belt Object atau KBO yang direbut oleh gravitasi Neptunus.

Triton merupakan hasil tabrakan antara beberapa bulan asli Neptunus. Triton adalah bulan terbesar Neptunus yang mengelilingi planet tersebut dalam orbit mundur. 

Fakta planet Neptunus menangkap Triton yang tidak terbentuk di tempat seperti bulan lainnya. Dalam hitungan miliaran tahun dari sekarang, Triton kemungkinan akan terpengaruh oleh gravitasi Neptunus.

Kejadian bulan tersebut akan menjadi cincin di sekitar planet. Cincin tersebut akan ditarik ke dalam dan menabrak planet. Namun hal tersebut akan terjadi dalam kurun waktu yang lama.

Baca Juga: Planet Eksasurya Mini-Neptunus, Dilapisi Gas Hidrogen dan Helium

Memiliki Iklim Ekstrim

Suhu permukaan Neptunus sangat dingin dan iklimnya sangat aktif. Karena letak planet sangat jauh dari matahari. Fakta planet Neptunus mempunyai kecepatan angin terkuat di Tata Surya, yakni sebesar 2100 kilometer per jam. 

Planet sedingin es ini anginnya dapat bergerak dengan cepat di puncak awan. Suhu dingin serta aliran gas fluida pada atmosfer akan mengurangi gesekan. Sehingga akan menghasilkan angin yang bergerak cepat. Atmosfer yang ada di atasnya menimbulkan badai besar. 

Puncak awan Neptunus mempunyai suhu yang dapat turun hingga -221,45 derajat Celcius. Tercatat suhu tersebut hampir tiga kali lipat suhu terdingin di Bumi -82,9 derajat Celcius. Manusia tidak akan dapat bertahan hidup di planet tersebut dan membeku dalam sekejap. 

Gas Neptunus lebih kecil daripada Jupiter, Saturnus, dan Uranus. Radius ekuatornya hanya 24.764 kilometer. Neptunus mempunyai kepadatan yang jauh lebih tinggi daripada Uranus namun lebih masif.

Faktanya, Neptunus merupakan raksasa gas di Tata Surya. Fakta planet Neptunus ini mempunyai bintik hitam besar. Bintik tersebut menghasilkan awan putih dan pemandangan yang menakjubkan. (R10/HR Online)

Editor: Jujang