Fenomena Supermoon Pink Moon, di Malam 17 Ramadhan Jadi Sorotan

Oke! Fenomena Supermoon Pink Moon, di Malam 17 Ramadhan Jadi Sorotan
Ilustrasi Fenomena Suprmoon Pink Moon. Foto: Ist/Net

Fenomena Supermoon Pink Moon yang terjadi pada tadi malam merupakan salah satu hal yang dinantikan. Kali kedua dalam tahun 2021 ini, terjadi dengan sangat cantik di tengah bulan Ramadhan.

Tepatnya terjadi pada 26 dan 27 April 2021. Bahwasannya fenomena alam yang cantik ini akan bisa kita nikmati dengan mata telanjang jika cuaca sedang bersahabat.

Tidak perlu menggunakan alat bantu sama sekali. Para ilmuwan sendiri sudah memprediksi jauh hari akan kehadirannya.

Hal yang menarik adalah berbagai kepercayaan yang berada dalam berbagai agama mengenai fenomena kali ini. juga bertepatan dengan 17 Ramadhan yang merupakan malam istimewa bagi umat Islam.

Baca Juga: Fenomena Supermoon di Indonesia Akhir September, Catat Tanggalnya

Fenomena Supermoon Pink Moon yang Istimewa

Sebenarnya terjadi dua kali penampakan yang sama indahnya. Namun terjadi sedikit perbedaan warna pada dua hari ini.

Hari pertama pada 26 April 2021, bulan dengan posisi sempurna. Namun memiliki warna yang semburat merah muda atau pink moon.

Sedangkan pada penampakan bulan purnama semalam memiliki warna yang sedikit agak oranye, Seperti warna matahari saat senja berlangsung.

Penampakan yang sama indahnya juga tidak mengurangi antusiasme masyarakat. Dengan menantikan fenomena secara bersama-sama dalam berbagai wilayah berbeda.

Supermoon

Dalam perjalanan astrolog bernama Richard Nolle (1979). Berpendapat tentang jarak bumi dan Bulan mengalami 90 dari perigee, titik terdekat ke Bumi.  Nah pada bulan April hingga Mei merupakan titik yang paling dekat dengan bumi.

Maka saat kita melihat penampakannya fenomena Supermoon Pink Moon dengan telajang mata. Kita akan merasa bahwa Bulan lebih dekat dengan Bumi, juga lebih terang dari biasanya.

Pink Supermoon

Mengutip Voi.id, fenomena Supermoon Pink Moon tahun ini cukup membuat para penggemar langit malam berdecak kagum.  Nah Pink Supermoon sendiri berasal dari nama sebuah tanaman Moss Pink yang terkenal dengan nama lain seperti Moss Phlox, Mountain Phlox, Creeping Phlox dan sebagainya.

Tanaman yang satu ini tersebar luas di daerah Amerika Serikat bagian Timur. Menjadi salah satu tanaman dengan bunga yang paling pertama dan subur.

Bulan Rumput Laut atau Sprouting Grass Moon  dengan nama lainnya lagi Bulan Telur atau Egg Mon.

Kepercayaan Pada Peristiwa Penting

Fenomena Supermoon Pink Moon ini juga menjadi sebuah peringatan yang bertepatan dengan peristiwa penting. Nah berikut ini salah satu contohnya.

Umat Kristen

Dengan menggunakan kalender Julian, mereka menyebutnya sebagai bulan purnama sebelum Paskah. Pada tahun ini sendiri paskah bertepatan pada hari Minggu 2 Mei 2021, maka mereka menyebutnya Bulan Paskah.

Sedikit perbedaan perayaan pada Kristen Umat Timur dan Kristen Umar Barat yang merayakan pada tanggal 2 dan 4 Mei. Namun mereka tetap menyebutnya sebagai Bulan Paskah.

Umat Hindu

Sedangkan bagi masyarakat umat Hindu menyebutnya sebagai Perayaan Kelahiran Dewa Hanuman. Bulan Chaitra dalam perhitungan bulan hindu.

Pada 27 April 2021, masyarakat India mengkhususkan hari tersebut. Untuk melaksanakan ritual khusus berkiatan dengan lahirnya sang dewa.

Umat Budha

Untuk masyarakat terutama Umat Budha Srilanka memperingati Bak Poya. Hal ini merupakan peringatan perselisihan antar kepala suku untuk mencegah terjadinya perang.

Umat Islam

Dalam sudut pandang Umat Islam sendiri tidak meyakini apapun. Namun ternyata saat terjadi Fenomena Supermoon Pink Moon ini bertepatan dengan malam yang mulia.

17 Ramadhan merupakan malam turunnya ayat suci dalam Al Quran untuk pertama kalinya. Yang lebih baik dari seribu bulan, jika kita juga menemui malam lailatul qadar. Malam yang penuh rahmat dan pengampunan dalam umat Islam sendiri.

Jadi dengan hal inilah semakin menambah rasa bahagia menyambut bulan penuh berkah ini. Dengan adanya penampakan indah yang dapat dinikmati secara bersama dan tanpa cuaca buruk.

Akibat dari Fenomena Supermoon Pink Moon

Pada saat terjadinya fenomena yang satu ini sering disangkut pautkan dengan kejadian bencana alam. Padahal ternyata tidak sekuat itu untuk membuat sebuah bencana.

Hanya saja mungkin dalam beberapa peristiwa seperti gempa dan gunung meletus berdekatan dengan Fenomena Supermoon. Dalam tahun ini terjadi gempa beberapa kali dalam wilayah berbeda di tanah air.

Mereka juga menyangkut pautkannya dengan fenomena ini. Pasalnya fenomena supermoon pink moon ini memang berdampak pada naiknya pasang ombak. (R10/HR Online)

Editor: Jujang