Fungsi Tasamuh dalam Kehidupan Sehari-Hari Mampu Hindari Pertikaian

Fungsi Tsamuh dalam Kehiudpan Sehari-Hari
Ilustrasi Fungsi Tsamuh dalam Kehidupan Sehari-Hari. Foto: Ist/Net

Fungsi tasamuh dalam kehidupan sehari-hari cukup beragam. Tasamuh tidak hanya sekedar tenggang rasa atau pun rasa saling menghargai serta menghormati saja.

Akan tetapi, tasamuh hendaknya anda iringi dengan rasa saling tolong menolong antar sesama. Selain itu, dengan menerapkan tasamuh mampu meringankan kesulitan yang sedang orang lain hadapi.

Berhubungan dengan tasamuh, Nabi Muhammad Shallallahu ‘Alaihi Wasallam juga selalu berpesan kepada para sahabat.

Dalam sabdanya, Nabi menyebutkan jika kita ingin beban juga kesulitan yang kita hadapi berkurang. Maka kita harus membantu meringankan kesulitan yang sedang para saudara sesama muslim hadapi.

Apabila kita ingin segala urusan memperoleh kelancaran serta kemudahan dari Allah SWT, maka kita harus senantiasa membantu dan memudahkan urusan orang lain, terutama bagi para saudara seiman.

baca juga: Pesan Rasulullah Kepada Umatnya Amalan untuk Kehidupan Manusia

Fungsi Tasamuh dalam Kehidupan Sehari-Hari

Dalam kehidupan sehari-hari, terdapat beragam nilai moral yang berlaku di masyarakat. Untuk memperoleh situasi yang aman serta kondusif, maka sikap tasamuh atau toleransi sangat penting untuk anda lakukan.

Manusia hadir sebagai makhluk sosial, yang pasti selalu memerlukan adanya bantuan dari orang lain. Meskipun demikian, bukan tidak mungkin terjadi perselisihan atau permasalahan dengan sesama dalam perjalanan hidup. Dengan demikian, kita sebagai umat Islam perlu mempunyai sifat tasamuh.

baca juga: Adab Makan Sahur Berdasarkan Islam Membawa Pahala dan Keberkahan

Mengenal Istilah Tasamuh

Sebelum mengetahui fungsi tasamuh dalam kehidupan sehari-hari, penting bagi anda untuk mengetahui pengertian dari tasamuh itu sendiri.

Tasamuh berasal dari bahasa Arab yang berarti toleransi. Kata toleransi tersebut juga memiliki beragam pemahaman. Dapat berarti toleransi itu sendiri, lapang dada, murah hati serta tenggang rasa.

Tasamuh merupakan sifat tenggang rasa. Secara lebih luas, arti tasamuh berhubungan dengan rasa saling menghormati serta menghargai antar sesama manusia dalam kehidupan sehari-hari.

Allah Subhanahu Wa Ta’ala menciptakan manusia beserta segala kelebihan serta kekurangan masing-masing, tanpa adanya kesamaan satu sama lain.

baca juga: Sifat Mustahil Rasul Penting Anda Ketahui Lengkap dengan Penjelasannya

Allah SWT juga memberikan bekalan bagi para makhluk ciptaan-Nya yang paling sempurna ini dengan perasaan serta berbagai sifat.

Pada saat hidup bersosial, beragam sifat manusia akan bertemu. Dalam pertemuan tersebut tidak selalu menghasilkan kesamaan. Seringkali terdapat satu hingga beberapa sifat seseorang yang tidak sama dengan anda.

Oleh karena itu, mengapa kita dianjurkan untuk selalu bertasamuh. Hal ini bertujuan agar kehidupan bermasyarakat tetap dapat terjaga persaudaraannya.

Selain itu, tasamuh juga dapat mencegah agar masyarakat tidak bercerai berai serta berselisih. Juga mampu menyelesaikan setiap masalah yang ada dengan rasa sabar dan kepala dingin.

baca juga: Sifat Mustahil Rasul Penting Anda Ketahui Lengkap dengan Penjelasannya

Fungsi Tasamuh

Seperti yang telah kita sebutkan sebelumnya, manusia merupakan makhluk sosial. Sebagai makhluk sosial, tentu manusia tidak dapat hidup seorang diri tanpa adanya bantuan orang lain.

Oleh karena itu, fungsi tasamuh dalam kehidupan sehari-hari sangat penting untuk anda terapkan dengan tujuan untuk menciptakan rasa saling menghargai serta menghormati satu sama lain.

Dalam kehidupan bermasyarakat, hadirnya pertentangan atau perbedaan adalah suatu yang wajar. Mengingat setiap manusia mempunyai sifat serta pandangan yang berbeda-beda.

Adanya perbedaan tersebut jika tidak dihadapi dengan sikap tasamuh, maka dapat menimbulkan berbagai hal yang tidak diinginkan.

Oleh karena itu, fungsi dari sikap tasamuh dalam kehidupan sehari-hari dapat menjadi kunci untuk menghindari pertentangan besar pada lain hari.

Selain itu, dengan menerapkan tasamuh, maka seseorang akan mampu menyelesaikan permasalahan dengan tenang. Secara sederhana, fungsi utama dari tasamuh dalam kehidupan sehari-hari antara lain, menciptakan suasana kekeluargaan yang erat, serta mampu meringankan berbagai kesulitan yang sedang dihadapi. 

Selain itu, juga dapat mempermudah segala urusan yang dijalankan. Lalu, mempererat tali persaudaraan antar sesama muslim. Selanjutnya, akan muncul sikap kebiasaan saling menghormati adanya perbedaan pendapat.

Tasamuh Antar Berbagai Umat Beragama

Selain fungsi tasamuh dalam kehidupan sehari-hari bagi sesama muslim, sikap ini juga mengajarkan kepada manusia untuk saling bertoleransi antar umat beragama.

Sebagai makhluk sosial, tentu kita harus saling menghargai serta saling membantu antar umat beragama tanpa harus memandang suatu latar belakang.

Adanya segala perbedaan harus anda sikap dengan sabar serta tidak mudah marah. Dengan menerapkan sikap tasamuh, maka pertikaian serta permusuhan antar manusia dapat terkendalikan. Hal ini adalah wujud dari fungsi tasamuh dalam kehidupan sehari-hari yang harus selalu anda jaga. (Muhafid/R6/HR-Online)