Gamis Rayon Viscose, Perhatikan Perawatannya Agar Lebih Awet

Gamis Rayon Viscose, Perhatikan Perawatannya Agar Lebih Awet
Ilustrasi gamis rayon viscose. Foto: Ist/Net

Gamis rayon viscose sebagai pilihan gamis terbaru anda. Bahan viscose yang juga dikenal dengan nama bahan rayon. Jenis bahan yang biasa digunakan pada pembuatan pakaian wanita. Bahan rayon viscose yang adem dengan kesan jatuh dan melayang.

Hal ini karena bahan gamis ini yang memiliki sifat sangat ringan dan nyaman di kulit. Bahan gamis ini yang menyerap keringat dan mudah pula menguapkannya.

Cara Merawat Gamis Rayon Viscose

Cara merawat gamis dengan bahan ini tidak terlalu sulit. Hal ini karena jenis bahan ini termasuk mudah dalam perawatan. Selain itu juga mudah pula dalam pencucian. Meski sifat gamis bahan ini cukup mudah menyerap keringat

Namun ternyata tidak mudah menyerap noda, sehingga lebih mudah menghilangkan nodanya. Hanya saja sifat bahan gamis yang lembut dan ringan. Anda harus ekstra hati-hati untuk mencucinya. Hal itu supaya tidak merusak serat bahan gamisnya.

Baca Juga : Gamis Remaja Kekinian, Tips Memilih Style Sesuai Usia Sebenarnya

Bahan rayon viscose yang lentur dan tidak mudah susut. Hal ini karena dengan beberapa campuran bahan viscose populer. Sebagai bahan untuk beberapa jenis pakaian.

Namun dengan kelenturannya ini, bahan viscose juga menjadi lunak. Sehingga jadi mudah berubah bentuknya. Berikut ini beberapa cara merawat gamis rayon viscose.

Cara Menumpuk

Bahan rayon viscose tidak memerlukan penanganan khusus, dalam wadah pakaian kotor anda. Namun akan lebih baik apabila anda tidak menumpuknya. Terlebih dengan pakaian dengan bahan berat.

Hal yang paling mengkhawatirkan apabila bahan viscose ini tertarik-tarik. Saat berada dalam wadah pakaian kotor.  Bahan rayon viscose mudah melar dan bisa berubah bentuknya. Kecuali apabila bahan viscose anda berpadu dengan bahan licra yang tahan tarikan.

Sebelum anda mencucinya sebaiknya perlu memisahkan bahan berdasar warna. Kain viscose ini cukup sulit mengatasinya, apabila sudah kelunturan dari pakaian yang lain. Warna lunturan akan menyerap sempurna pada bahan rayon viscose.

Baca Juga : Gamis Lurik Kombinasi Perpaduan Tren Budaya Lokal yang Fashionable

Cara Mencuci

Gamis rayon viscose sebenarnya cukup rentan dicuci dengan kasar. Sehingga tidak merekomendasikan untuk mencucinya dengan mesin cuci. Terutama viscose ini berpadu dengan bahan Cotto.Tentunya yang akan membuatnya semakin lembut.

Tarikan demi tarikan dalam mesin bisa merusak bentuk dan serat bahannya. Sebaiknya cukup mencucinya secara manual saja. Namun juga jangan terlalu lama. Apabila anda merendam gamis ini dalam air terlalu lama. Bahan rayon viscose ini bisa menjadi lapuk dan rusak.

Selain itu hindari penggunaan pemutih dan pemakaian asam terlalu banyak. Hal itu juga akan mengurangi kekuatan bahan gamisnya. Anda cukup mengucek bahan dengan lembut. Jangan diperas secara berlebihan.

Hal penting lainnya, bahan dari gamis rayon viscose ini. Anda lebih baik untuk tidak menyikatnya, meskipun terlihat ada noda. Perhatikan beberapa hal berikut agar tidak kehilangan bentuk dan seratnya.

Cara Penjemuran

Meskipun bahan rayon viscose ini tahan dengan sinar matahari. Sebaiknya anda menjemur gamis dari bahan viscose dengan posisi terbalik.  Sisi dalam gamisnya pada bagian luar dan juga sebaliknya.

Sehingga anda bisa menahan warna kainnya lebih tahan lama. Penjemuran gamis ini sebaiknya tidak menggunakan hanger. Gamis ini akan lebih baik apabila anda bisa menjemurnya secara datar.

Baca Juga : Gamis Couple Terbaru, Penampilan Lebih Serasi Bersama Pasangan

Hal itu dilakukan untuk mempertahankan bentuk gamisnya. Saat proses penjemurannya digantung dengan hanger. Maka beratnya air akan menarik gamis ke bawah. Tentunya bisa merusak bentuk gamisnya.

Cara Setrika

Perhatikan juga saat menyetrika gamis rayon viscose. Sebaiknya panas untuk menyetrikanya lebih rendah, agar tidak merusak bahan. Setrika secara perlahan dan jangan ditarik-tarik. Bahan rayon viscose ini sangat mudah berubah bentuk. Saat terkena tarikan dari panas setrikaan.

Proses menyetrikanya pada sisi balik atau memasang kain cotton di muka kain viscose. Hal itu agar tidak merusak kainnya. Namun sebenarnya bahan rayon viscose ini bisa lebih awet dan tahan lama. Selama tidak terlalu sering terkena sinar matahari yang berlebihan.

Cara Penyimpanan

Saat gamis ini dalam kondisi bersih, sebaiknya anda meletakan kaos pada posisi ditengah. Hal itu agar bahan tetap licin dan lembut. Terkadang gamis yang sangat ringan ini menjadi mudah lecek di lemari.

Kini anda bisa mengetahui cara merawat gamis rayon viscose. Sehingga gamis anda bisa lebih awet dan tahan lama. (R11/HR-Online)

Editor : Eva Latifah