Gejala Hamil Tapi Test Pack Negatif? Mungkin Ini Penyebabnya!

gejala hamil tapi test pack negatif
Gejala hamil tapi test pack negatif. Kok bisa? Foto: Ist/Net

Gejala hamil tapi test pack negatif termasuk hal yang lumrah dan banyak terjadi pada wanita. Namun hal ini tentunya membuat kita sering ragu. Namun ada sejumlah faktor penyebabnya yang perlu anda pastikan sebelum ke dokter.

Apakah Anda sudah telat menstruasi? Jika benar perlu untuk melakukan pengecekan menggunakan test pack. Ini terutama untuk mengetahui apakah sedang hamil atau tidak.

Namun terkadang saat mengecek menggunakan test pack hasilnya negatif. Tetapi setelah kita ke dokter ternyata hasilnya positif. Lalu manakah yang benar? Ada beberapa gejala hamil semacam ini meskipun hasil test pack negatif.

Penyebab Gejala Hamil Tapi Test Pack Negatif

Ada banyak faktor yang menjadi penyebab yang memungkinkan timbulnya tanda hamil semacam ini. Namun ini bisa juga karena test pack yang mengalami kerusakan atau terlalu cepat dalam menggunakan test pack.

Nah, untuk mengetahui lebih jelas terkait apa saja penyebab timbulnya gejala hamil tapi test pack negatif, sebaiknya simak ulasan berikut ini. Mungkin Anda akan menemukan solusinya.

Baca Juga : Eklampsia Pada Kehamilan, Kenali Penyebab dan Gejalanya

Terlalu Cepat Menggunakan Test Pack

Seperti yang telah dijelaskan sebelumnya, mengetahui cara menggunakan test pack yang benar memang sangat penting. Sayangnya, banyak orang yang menggunakan test pack terlalu cepat, sehingga hasilnya juga tidak akan akurat.

Perlu Anda tahu bahwa jika pada usia awal kehamilan hormon wanita hamil masih terlalu rendah. Seperti pada awal minggu. Hal ini tentunya tidak akan berdampak apapun saat kita lakukan tes.

Mungkin inilah yang menyebabkan gejala hamil tapi test pack negatif. Nah, jika Anda mengalami tanda-tanda kehamilan, untuk mengetahui kepastiannya alangkah baiknya jika Anda langsung memeriksakan ke dokter kandungan.

Salah Dalam Menggunakan Test Pack

Bagi orang yang baru menikah mungkin masih merasa asing dan kurang mengerti bagaimana cara menggunakan test pack untuk mengecek kehamilan. Tak jarang wanita saat mendapatkan tanda-tanda kehamilan, akan langsung membeli test pack ke apotek.

Saat di apotik kita biasanya akan mendapatkan saran dan rekomendasi mana alat test pack yang dapat memberikan hasil akurat. Padahal meskipun sudah membeli test pack dengan kualitas terbaik, belum tentu memberikan hasil akurat.

Baca Juga : Skincare yang Aman untuk Ibu Hamil, Berikut Rekomendasinya

Ini bisa terjadi jika kita tidak bisa menggunakannya dengan cara yang benar. Sehingga kita tidak akan mendapatkan hasil yang akurat.

Cara yang paling tepat untuk menggunakan test pack yaitu memastikan alat tes kehamilan itu dalam posisi berdiri tegak saat kita celupkan ke sampel urine.

Minum Air Putih Terlalu Banyak

Mengkonsumsi banyak air putih ternyata juga bisa menyebabkan timbulnya gejala hamil tapi test pack negatif. Karena hal tersebut kehamilan sulit sekali terdeteksi. Seperti kita tahu jika tanda kehamilan kita hitung saat telat menstruasi.

Nah, untuk memastikan kebenaran tersebut Anda bisa mengecek kehamilan pada saat pagi hari setelah bangun tidur. Anda bisa menggunakan test pack pada saat pagi hari dan sebelum minum air putih.

Cara ini akan memberikan hasil pengecekan yang lebih akurat. Pasalnya saat minum air putih, kandungan hCG pada urine akan larut.

Kerusakan Pada Test Pack

Timbulnya gejala hamil meskipun penggunaan test pack memperlihatkan hasil  negatif juga bisa karena terjadinya kerusakan pada alat yang kita gunakan.

Baca Juga : Punggung Sakit saat Hamil, Penyebab dan Cara Mudah Mengatasinya

Perlu anda tahu kenapa test pack yang baru kita beli bisa rusak. Ini bisa terjadi karena alat tersebut sudah lewat dari masa kadaluarsa, tersimpan pada tempat yang terlalu dingin atau panas, maupun karena cacat produksi.

Mengonsumsi Obat-Obatan

Mengkonsumsi obat-obatan tertentu juga menjadi salah satu penyebab timbulnya gejala hamil tapi test pack negatif.

Namun tidak semua jenis obat-obatan akan memberikan efek yang sama. Hanya obat-obatan yang mengandung hormon dapat menyebabkan hasil test pack negatif padahal sedang positif hamil.

Sedangkan untuk tanda-tanda hamil pada umumnya seperti payudara terasa lunak, mual, mood berubah dan kembung.

Selain itu, beberapa jenis obat lainnya juga dapat menyebabkan test pack negatif. Seperti mengonsumsi obat-obatan yang dapat meningkatkan progesteron.

Itulah beberapa faktor yang bisa menyebabkan terjadinya gejala hamil tapi test pack negatif. Mengenal cara penggunaan alat tes kehamilan ini penting, Termasuk dengan memastikan kualitas alat tersebut. (R11/HR-Online)

Editor : Eva Latifah