Gejala Maag Kronis, Kenali Sejak Dini dan Harus Diwaspadai

gejala maag kronis
Kenali gejala maag kronis sejak dini. Foto: Ist/Net

Deteksi dini terhadap gejala maag kronis sangat penting. Bukan saja untuk mencegah kondisi menjadi semakin parah namun juga agar cepat mendapat penanganan yang tepat. Gangguan maag kronis sangat berbahaya karena mengganggu organ tubuh lainnya.

Sakit maag adalah salah satu penyakit umum yang sering terjadi. Rasa nyeri dan panas pada lambung merupakan gejala umum sakit maag atau dispepsia. Umumnya kita juga bisa mengenali gangguan yang satu ini.

Baca Juga: Jenis Penyakit pada Sistem Pencernaan dari Diare, Maag, Hingga GERD

Namun berbeda dengan maag akut yang bisa dan cepat penyembuhannya dengan mudah, gejala maag kronis ternyata muncul dalam jangka panjang. Bahkan jika tidak mendapatkan penanganan yang tepat dan cepat dapat berisiko menimbulkan komplikasi.

Ragam Gejala Maag Kronis yang Sering Muncul

Muncul secara perlahan dan bahkan bisa bertahan selama berbulan-bulan hingga bertahun-tahun maag kronis memang memiliki sifat kambuhan. Kadang bisa hilang namun muncul kembali sewaktu-waktu.

Gangguan semacam ini tentunya bisa mengganggu aktivitas sehari-hari. Untuk itu penting bagi kita untuk selalu mewaspadai beberapa gejala dari penyakit satu ini. Berikut ini berbagai gejala maag kronis yang harus Anda tahu dan waspadai.

Sering Bersendawa

Pada dasarnya maag kronis tidak selalu menimbulkan gejala, namun sebagian penderita bisa merasakan beberapa kondisi tertentu seperti seringnya bersendawa.

Hal tersebut umumnya merupakan efek samping dari perut kembung. Alasannya, ketika perut kembung akan ada kelebihan gas di dalamnya sehingga harus segera dikeluarkan untuk membuat tubuh lebih nyaman.

Ketika bersendawa otomatis gas yang ada dalam perut pun keluar sedikit demi sedikit. Namun sendawa yang terjadi lebih sering dalam sehari juga merupakan salah satu gejala dan ciri maag kronis yang harus kita waspadai.

Perut Kembung

Gejala maag kronis lainnya yang juga cukup sering terjadi adalah perut kembung. Kondisi ini biasanya terjadi karena adanya penumpukan gas dalam perut. Akibatnya akan membuat Anda cepat kenyang saat makan.

Baca Juga: Penyebab Maag Kambuh dari Telat Makan Hingga Akibat Penyakit Lain

Tak hanya itu, perut kembung akibat maag kronis juga dapat menimbulkan rasa nyeri yang hebat. Gangguan inilah yang akan membuat kita tak mampu melakukan aktivitas sehari-hari.

Nafsu Makan Menurun Drastis

Kerap merasa kenyang saat makan namun juga dengan timbulnya rasa nyeri? Tanpa kita sadari kondisi tersebut juga dapat membuat Anda menjadi malas makan. Hal ini karena selera makan yang menghilang.

Ingat, penurunan nafsu makan tidak hanya terjadi karena Anda sedang tidak lapar Kondisi ini juga turut menjadi salah satu gejala maag kronis yang perlu Anda waspadai. Apalagi jika hal tersebut diakibatkan oleh penyakit gastritis.

Sakit Perut Bagian Atas

Ciri-ciri maag kronis lainnya adalah sakit perut pada bagian atas atau tidak merata pada seluruh bagian perut. Bahkan beberapa orang juga mengalami rasa sakit pada ulu hati.

Pasalnya, rasa sakit pada perut bagian atas ini seolah-olah mengalir hingga ke bagian ulu hati. Karena itu jika Anda merasakan adanya gangguan pada sekitar perut atas ini sebaiknya segera konsultasikan dengan dokter.

Mual dan Muntah

Meski merupakan salah satu gejala dan ciri dari penyakit tertentu, mual dan muntah karena gastritis juga menjadi salah satu gejala maag kronis yang patut diwaspadai. Kondisi ini menjadi pertanda ada masalah pada sistem pencernaan.

Mual dan muntah sebagai ciri-ciri dari penyakit maag kronis biasanya berlangsung setelah makan. Meski tidak terlalu berbahaya tetapi tidak boleh kita sepelekan karena bisa menjadi tanda adanya komplikasi penyakit yang lebih serius.

Mudah Merasa Kenyang

Sering merasa kenyang padahal makanan yang tersedia belum habis seluruhnya? Bisa jadi kondisi tersebut timbul akibat penyakit maag kronis yang belum Anda sadari.

Baca Juga: Obat Maag Alami Paling Efektif Mulai dari Daun Jambu Hingga Kunyit

Perlu Anda tahu tanda umum gangguan maag ini juga akan membuat penderitanya merasa kenyang lebih cepat saat makan.

Bahkan hal tersebut biasanya dengan kenaikan asam lambung yang tentunya membuat Anda semakin terganggu. Tak ayal penderita maag kronis biasanya akan makan lebih sedikit dari biasanya.

Demikianlah beberapa tanda dan gejala maag kronis yang harus kita waspadai. Munculnya tanda-tanda gangguan ini memperlihatkan kondisi yang sudah cukup parah. Penanganan yang cepat dan tepat bisa mencegah kondisi menjadi semakin parah. (R11/HR-Online)

Editor: Ndu