Gejala Turun Berok Pria, Pencegahan, dan Cara Mengatasinya

gejala turun berok pria
Mengenal gejala turun berok pria. Foto: Ist/Net

Mengenal gejala turun berok pria sejak dini sangat penting. Selain untuk penanganan yang lebih efektif, pengobatan yang cepat juga berguna mencegah dampaknya bagi tubuh. Cara pencegahan terbaik dengan mengubah gaya hidup sehat.

Turun berok atau hernia adalah suatu kondisi yang dapat menimbulkan rasa tidak nyaman bagi penderitanya. Bahkan jika tidak segera mendapat penanganan dengan cepat dan tepat maka bisa memicu rasa nyeri yang sangat mengganggu.

Tak hanya pada pria dewasa, turun berok ternyata juga dapat menyerang dan terjadi pada bayi dan balita. Oleh karena itu  penting untuk mengenali gejala turun berok sedini mungkin. Jika mungkin lakukan pencegahan sebelum terjadi.

Ragam Gejala Turun Berok Pria

Terjadi saat ketika organ dalam tubuh menekan dan mencuat lewat jaringan otot disekitarnya melemah, turun berok diketahui dapat terjadi di bagian perut, pusar, atas paha dan selangkangan.

Berikut adalah beberapa gejala turun berok pria yang patut Anda perhatikan dan kenali. Deteksi dini berguna untuk penanganan yang lebih cepat dan tepat untuk mencegah kondisi semakin parah.

Baca Juga : Penyebab Penyakit Hernia Beserta Jenis dan Gejalanya
  1. Badan terasa lemas, bahkan meski tidak melakukan aktivitas berat.
  2. Turun berok adalah kondisi yang umumnya terjadi akibat mengejan. Oleh karenanya penderita akan mengalami susah BAB (buang air besar).
  3. Pada dasarnya ada beberapa jenis turun berok atau hernia yang perlu Anda ketahui, salah satunya hernia hiatus. Ini merupakan jenis turun berok yang membuat penderitanya dapat merasakan sakit pada bagian dada.
  4. Tidak hanya itu, penderita juga akan mengalami kesulitan saat menelan.
  5. Gejala turun berok pria juga munculnya bonjolan di sisi tulang kemaluan. Kondisi tersebut akan terlihat lebih jelas ketika berdiri tegak, terutama saat batuk atau tegang. Namun benjolan juga bisa muncul di bagian tubuh yang lain, seperti perut.
  6. Muncul benjolan yang semakin lama akan semakin membesar.
  7. Beberapa penderita juga akan merasakan sensasi tidak enak pada benjolan yang muncul akibat turun berok.
  8. Rasa sakit akibat sakit turun berok juga dapat muncul ketika penderita mengangkat beban berat.
  9. Selain itu, penderita juga akan mengalami kesulitan untuk berdiri sebab ada rasa berat pada pangkal paha.
  10. Batuk kronis juga menjadi salah satu gejala atau tanda sakit turun berok.
  11. Gejala turun berok pria juga bisa terjadi dengan adanya penumpukan cairan dalam rongga perut.
  12. Memiliki riwayat cedera atau pernah menjalani proses pembedahan pada area munculnya turun berok.
  13. Obesitas atau kelebihan berat badan secara tiba-tiba.
  14. Ada riwayat turun berok dari keluarga. Karena itu kenali riwayat kesehatan keluarga agar penanganannya bisa lebih efektif.
  15. Ketika bayi atau balita menderita sakit turun berok biasanya benjolan akan muncul saat anak menangis.

Cara Mengatasi dan Pencegahannya

Baca Juga : Bahaya Turun Berok, Ini Risiko, Gejala dan Cara Mencegahnya

Turun berok memang dapat terjadi pada siapa pun. Utamanya mereka yang memiliki kelemahan pada otot atau bagian tubuh yang memiliki peranan penting sebagai penyangga posisi organ dalam tubuh.

Namun demikian, untuk mengetahui lebih lanjut gejala turun berok pria sebaiknya anda segera memeriksakan diri ke dokter. Ini penting untuk memastikan apakah Anda sedang menderita penyakit tersebut.

Biasanya dokter akan melakukan sejumlah pemeriksaan fisik untuk menemukan adanya benjolan akibat turun berok. Jika perlu, dokter juga akan menyarankan agar segera melakukan pemeriksaan dengan CT scan atau Rontgen.

Sedangkan cara mengatasi turun berok pada pria memang ada beragam pilihan. Ini tergantung dari besar kecilnya benjolan dan tingkat keparahannya. Tetapi penanganan turun berok yang paling umum adalah dengan jalan operasi.

Meskipun bukan termasuk penyakit berbahaya namun gangguan ini kabarnya bisa menyebabkan kemandulan. Berikut ini ada beberapa cara untuk meringankan gejala turun berok pria yang bisa Anda coba lakukan.

Baca Juga : Gejala Usus Turun, Penyebab, dan Cara Penanganannya Sejak Dini
  1. Mengonsumsi makanan tinggi serat yang cukup, seperti dari buah-buahan dan sayuran.
  2. Melakukan olahraga yang teratur dan cukup.
  3. Menjaga berat badan agar tetap ideal.
  4. Tidak merokok dan menjauh dari asap rokok
  5. Menghindari mengangkat beban yang terlalu berat.

Demikian informasi tentang pentingnya mengenali gejala turun berok pria sejak dini. Namun jika Anda sudah merasakan tandanya sebaiknya segera periksakan ke dokter untuk penanganan yang tepat. Semoga informasi ini bisa bermanfaat. (R11/HR-Online)

Editor : Eva Latifah