Gejala Usus Turun, Penyebab, dan Cara Penanganannya Sejak Dini

gejala usus turun
Kenali gejala usus turun. Foto: Ist/Net

Mengenal penyebab maupun gejala usus turun sangat penting untuk mencegah dampaknya yang lebih serius. Apalagi kabarnya gangguan usus turun ini belum ada obatnya. Penanganan yang tepat dapat meringankan gejalanya.

Usus turun populer juga dengan sebutan turun berok atau hernia. Penyakit ini umumnya terjadi ketika organ dalam tubuh menekan dan mencuat lewat jaringan otot atau ikat yang lemah pada sekitarnya.

Gangguan ini kebanyakan terjadi pada laki-laki dengan rentang usia di atas 40 tahun. Usus turun biasanya dapat kita kenali dengan adanya tonjolan pada daerah sekitar tulang kemaluan, skrotum atau pusar dan lipatan paha.

Baca Juga: Penyebab Penyakit Hernia Beserta Jenis dan Gejalanya

Seseorang dengan usus turun akan merasakan nyeri, perih hingga rasa terbakar. Untuk itu penting bagi Anda untuk mengenali dan mewaspadai gejala usus turun sejak dini untuk mencegah kondisi menjadi semakin parah.

Gejala Usus Turun yang Harus Diwaspadai

Berbicara mengenai usus turun pada dasarnya ada berbagai penyebab yang melatarbelakangi jenis penyakit tersebut. Faktor itu antara lain usia, batuk kronis, hingga berbagai pengaruh penyakit lainnya.

Sejumlah kondisi juga bisa memicu terjadinya gangguan ini. Seperti cedera atau komplikasi dari operasi pada bagian perut maupun karena bawaan sejak lahir utamanya kelainan pada sekitar pusar dan diafragma.

Baca Juga: Sakit Tulang Belakang pada Usia Muda, Kenali Penyebabnya!

Selain itu ada juga faktor yang dapat meningkatkan risiko seseorang akan mengalami atau menderita usus turun. Berikut ini beberapa pemicu timbulnya gejala usus turun tersebut yang sebaiknya juga Anda tahu.

  • Sering mengangkat beban yang berat.
  • Konstipasi yang membuat penderitanya mengejan terlalu keras.
  • Kehamilan yang diiringi dengan meningkatkan tekanan pada dinding perut ibu.
  • Obesitas atau kelebihan berat badan.
  • Bersin yang terjadi dalam jangka waktu yang lama.
  • Sakit cystic fibrosis.

Sedangkan untuk gejala usus turun sebenarnya ada banyak yang sering terjadi. Berikut ini beberapa tanda dan ciri-ciri yang paling umum terjadi yang harus Anda kenali dan waspadai.

Rasa Berat Pada Selangkangan

Tanda turun berok yang paling umum adalah rasa berat pada bagian selangkangan, terutama saat ada peningkatan penekanan dalam perut. Jika Anda merasakan gejala ini sebaiknya segara periksakan ke dokter.

Contohnya adalah ketika batuk yang berlangsung terus menerus, sering mengejan, ataua mengangkat beban yang berat.

Ada Tonjolan Sekitar Kemaluan

Ciri usus turun selanjutnya adalah adanya tonjolan yang terlihat pada sekitar kemaluan, seperti sekitar daerah lipatan paha. Kondisi ini terjadi ketika ada tekanan perut yang mengalami peningkatan.

Namun gejala usus turun tersebut biasanya akan menghilang dengan sendirinya. Tetapi tonjolan juga bisa hilang dan timbul lagi jika Anda membiarkannya tanpa penanganan yang tepat.

Dalam kondisi parah, tonjolan makin lama akan semakin turun dan masuk hingga ke kantong kemaluan. Kondisi tersebut pastinya sangat berbahaya sebab bisa mengakibatkan besarnya celah tonjolan yang terjadi.

Nyeri Pada Bagian Selangkangan

Tonjolan yang muncul sekitar selangkangan ternyata juga bisa menimbulkan rasa nyeri. Kondisi ini juga membuat penderita merasa tidak nyaman pada area tersebut.

Rasa nyeri akan semakin terasa ketika penderita mengalami batuk, mengangkat beban berat, maupun saat membungkuk. Selain itu, rasa nyeri yang timbul biasanya disertai bengkak pada sekitar testis.

Usus turun yang terjadi bahkan dapat memunculkan rasa sakit yang timbul dengan demam. Jika gejala usus turun ini kita biarkan tanpa penanganan yang tepat akan memperburuk kondisi.

Baca Juga: Sakit Perut Bagian Bawah, Penyebab dan Cara Mengatasinya

Apalagi jika ini terjadi dalam jangka lama maka akan menyebabkan kerusakan yang biasanya ditandai dengan rasa mual dan muntah. Tidak hanya itu, usus turun juga bisa mengakibatkan gangguan pada pencernaan.

Cara Mengatasi Usus Turun

Pada dasarnya usus turun tidak bisa kita cegah, terutama jika deteksinya terlambat. Namun ada berbagai cara untuk meringankan gejala usus turun. Berikut ini beberapa cara penanganan yang bisa Anda lakukan.

Diet Sehat

Jika Anda mengalami kelebihan berat badan atau obesitas maka salah satu cara mencegah usus turun adalah dengan diet sehat. Pasalnya obesitas dapat menyebabkan tekanan perut mengalami peningkatan hingga sebabkan usus turun.

Konsumsi Makanan Tinggi Serat

Ada beberapa jenis makanan tinggi serat yang baik Anda konsumsi untuk mencegah usus turun. Seperti biji-bijian, sayur dan buah-buahan. Konsumsi makanan itu secara untuk meringankan kondisi sakit Anda.

Menjalani Gaya Hidup Sehat

Tanda usus turun bisa terjadi karena gaya hidup tak sehat. Karena itu segera berhenti merokok dan memperbanyak konsumsi air putih setiap hari. Anda juga perlu mengetahui cara mengangkat beban agar tidak terlalu berat.

Demikianlah berbagai gejala usus turun beserta faktor penyebab dan cara penanganannya yang harus Anda kenali dan waspadai. Mencegah lebih baik daripada mengobati, terutama dengan menjalani gaya hidup sehat. (R11/HR-Online)

Editor: Ndu