Minggu, Oktober 24, 2021
BerandaBerita JabarRidwan Kamil Ajak Gerakan Pramuka Jabar Tumbuhkan Jiwa Kepemimpinan

Ridwan Kamil Ajak Gerakan Pramuka Jabar Tumbuhkan Jiwa Kepemimpinan

Berita Jabar (Harapanrakyat.com),- Gubernur Jawa Barat (Jabar) Ridwan Kamil mengajak Gerakan Pramuka Jabar harus bisa menumbuhkan jiwa kepemimpinan para pemuda. Ridwan Kamil mengatakannya ketika membuka Webinar BPSDM Jabar dengan tema Pramuka Jabar Juara, Rabu (14/4/2021).

“Output dari Pramuka adalah menumbuhkan dan melahirkan kepemimpinan. Sehingga programnya adalah semangat untuk menghadirkan kepemimpinan,” ujar Ridwan Kamil.

Menurut Ridwan Kamil, Gerakan Pramuka Jabar saat ini harus berinvestasi untuk melahirkan para pemimpin masa depan.

Ridwan Kamil pun mendorong Program Pramuka saat ini harus mampu beradaptasi dengan teknologi dan perkembangan zaman. Sehingga dapat meregenerasi anggota Gerakan Pramuka yang mampu menjawab tantangan saat ini.

“Pramuka harus bisa beradaptasi agar generasi Z serta generasi alpha mencintai dan menyukai gerakan pramuka,” ucapnya.

Ridwan Kamil menyatakan Gerakan Pramuka Jabar harus terlibat dalam kegiatan masyarakat sehingga dapat meninggalkan jejak. Salah satunya dengan gerakan tanam dan pelihara 50 juta pohon.

“Pramuka juga dapat turut aktif dalam kegiatan kebencanaan dan kegiatan urgensi lainnya. Ataupun kegiatan urban farming dan lainnya,” kata Ridwan Kamil.

Ridwan Kamil pun menyampaikan ada 4 kriteria manusia unggul. Yakni Physical Quotient (PQ), Emotional Quotient (EQ), Spiritual Quotient (SQ) dan Intelligence Quotient (IQ). 4 kriteria ini dapat menjadi masa depan generasi Jabar.

“Gerakan Pramuka Jabar dapat memperkuat 4 kriteria ini guna mencetak pemimpin masa depan. Memiliki fisik yang kuat, ahli ibadah dan akhlak baik, serta memiliki otak dan kemampuan yang cerdas,” pungkasnya. (R9/HR-Online)

Editor: Dadang

- Advertisment -

Berita Terbaru

spot_img