Herdiat Sunarya; Ciamis Kekurangan Aparatur Sipil Negara

Herdiat Sunarya Ciamis Kekurangan Aparatur Sipil Negara
Pelatihan Dasar CPNS golongan III, di Aula BKPSDM Ciamis, Senin (5/4/2021), yang dihadiri Bupati Ciamis, Herdiat Sunarya. Foto : Ferry/HR

Berita Ciamis, (harapanrakyat.com),- Bupati Ciamis, Jawa Barat, Herdiat Sunarya mengungkapkan, Pemerintah Kabupaten Ciamis saat ini masih kekurangan aparatur sipil negara (ASN).

Menurutnya, itu dibuktikan dengan masih banyaknya tenaga pendidik yang non Pegawai Negeri Sipil (PNS), atau pegawai honorer yang bekerja di sekolah.

“Setiap sekolah paling banyak guru yang PNS itu hanya satu atau dua orang. Kemudian kebanyakannya hanya pegawai sukwan,” katanya saat membuka kegiatan Pelatihan Dasar CPNS golongan III, di Aula BKPSDM Ciamis, Senin (5/4/2021).

Padahal, sambungnya, pihaknya selalu dituntut untuk menciptakan generasi emas dan berkualitas. “Ya meskipun dengan kapasitas sedikit,” imbuhnya.

Oleh karena itu, untuk menciptakan PNS yang berkualitas, Pemkab Ciamis mengadakan Pelatihan Dasar CPNS golongan III.

Lanjut Herdiat menjelaskan, bahwa pelatihan dasar ini merupakan salah satu kewajiban dan syarat CPNS, untuk diangkat dan ditetapkan menjadi PNS.

Sehingga, kegiatan tersebut sangat penting untuk PNS ikuti. Selain itu, tujuannya adalah untuk pembentukan karakter dan kompetensi.

“Dengan adanya pelatihan dasar CPNS ini, dapat menyamakan persepsi dan mensukseskan visi misi Pemkab Ciamis, yang sudah tertuang dalam RPJMD tahun 2021-2024,” jelasnya.

Pesan Herdiat Kepada Peserta Pelatihan Dasar CPNS Ciamis

Herdiat mengungkapkan, saat ini sudah tidak zamannya lagi para ASN mensukseskan visi misi SKPD-nya masing-masing. Akan tetapi, kini harus bekerjasama dan berkolaborasi dengan semuanya, untuk mewujudkan terciptanya visi misi Pemkab Ciamis.

“Bagaimana semua SKPD berkolaborasi berintegrasi dalam mencapai visi misi Kabupaten Ciamis, yaitu mantapnya kemandirian ekonomi sejahtera untuk semua. Hal tersebut butuh kerjasama semua SKPD Ciamis,” ungkapnya.

Herdiat berpesan kepada para peserta yang mengikuti latihan dasar CPNS, agar dapat mengikutinya dengan serius dan jangan pernah tegang. Sehingga, menurutnya bisa menjadi PNS yang berintegritas dan kompeten.

“Nanti 10 atau 20 tahun kedepan, majunya pemerintah Ciamis itu ada di tangan bapak ibu semuanya. Maka dari itu, hari ini kalian harus benar-benar mengikuti latihan dasar ini,” pungkasnya.

Jumlah Peserta

Sementara itu, Kepala BKPSDM Ciamis, Yeyet Trisnayati mengatakan, saat ini yang mengikuti pelatihan dasar CPNS golongan III angkatan ke I dan II sebanyak 80 orang. “Peserta ataupun narasumber semuanya sudah menjalani tes swab PCR,” katanya.

Sedangkan untuk pengajar dan narasumber, lanjutnya, dari BPSDM Provinsi Jabar dan BKPSDM Ciamis. Selain itu juga melibatkan pejabat lingkup Pemkab Ciamis.

Yeyet menjelaskan, kompetensi yang ingin dikembangkan dalam pelatihan dasar tersebut merupakan pembentukan karakter PNS yang profesional, sesuai bidang tugas yang diukur berdasarkan kemampuan.

“Kemampuannya untuk menunjukan sikap perilaku bela negara, mengaktulisasikan nilai-nilai dasar CPNS dalam pelaksanaan tugas jabatannya. Dan mengaktualisasikan kedudukan serta peran PNS dalam NKRI. Selain itu juga, menunjukan penguasaan kompetensi teknis yang dibutuhkan sesuai dengan bidang tugas,” jelasnya. (Ferry/R5/HR-Online)

Editor : Adi Karyanto