Hikmah Puasa Ramadhan Perlu Anda Ketahui Berdasarkan Ajaran Islam

Hikmah Puasa Ramadhan Perlu Anda Ketahui Berdasarkan Ajaran Islam
ilustrasi: Hikmah Puasa Ramadhan. Foto: Ist/net.

Hikmah puasa Ramadhan sangatlah banyak. Tentunya kita sebagai seorang umat muslim juga harus mengetahui mengenai hal ini. Apalagi Ramadhan adalah event langka yang hanya satu kali dalam setiap tahunnya.

Ibadah Ramadhan adalah amalan wajib yang selalu dinanti-nanti. Sehingga wajar saja, banyak umat umat muslim yang berlomba-lomba untuk menyambut kedatangannya. Hal tersebut tentunya juga mempunyai tujuan, yakni ingin melaksanakan ibadah wajib tersebut dengan lebih maksimal.

baca juga: Menjaga Daya Tahan Tubuh saat Puasa dengan Cara Mudah

Beberapa Hikmah Puasa Ramadhan yang Harus Anda Ketahui

Faktanya, pada setiap tahun umat muslim itu menjalankan amalan wajib ini. Akan tetapi, tidak sedikit juga mereka mengetahui apa saja hikmah atau pengajaran yang kita dapatkan setelah melaksanakan amalan tersebut.

Nah, bagi anda yang belum paham betul mengenai hal ini, mari kita kupas tuntas dan kaji kembali. Simak dengan baik-baik.

baca juga: Atur Pola Tidur Saat Puasa, Tips Agar Tidak Lemas dan Tetap Produktif

Meningkatkan Iman dan Taqwa Kepada Allah Ta’alla

Dalam Al-Quran surat Al-Baqarah ayat 183 dijelaskan bahwa salah satu hikmah puasa Ramadhan yang akan kita dapatkan adalah menggapai derajat taqwa yang mulia.

Ketika seorang umat muslim mampu untuk melaksanakan puasa, maka ia juga telah melaksanakan perintah Allah dan menjauhi segala larangan-Nya. Hal yang demikian itu juga termasuk dalam pengertian taqwa.

Faktanya, orang yang sedang berpuasa itu akan menjauhi hal-hal yang dapat membatalkan puasa. Dengan demikian, berarti ia juga sudah menjauhi larangan Allah, meskipun belum sepenuhnya.

Bukan hanya itu saja, orang yang sedang melakukan puasa, ia sebenarnya juga bisa melakukan segala macam kesenangan duniawi. Akan tetapi, ia tak mau jika puasanya batal dan Allah juga maha mengetahui, makanya ia enggan untuk melakukan hal tersebut.

Selain itu, orang yang puasa itu pastinya lebih suka untuk melakukan amalan yang condong kepada ketaatan. Misalnya adalah memperbanyak tilawah. Nah, ketaatan itu juga akan mendekatkan menuju ketaqwaan.

baca juga: Anime Netflix yang Aman Ditonton Saat Puasa

Sebagai Bentuk Latihan Mengontrol Hawa Nafsu

Hikmah puasa Ramadhan yang selanjutnya adalah dapat membantu anda untuk mengontrol hawa nafsu. Puasa itu secara langsung dapat melatih diri juga jiwa dari bahaya serangan hawa nafsu.

Maka dengan melakukan puasa karena Allah SWT, seseorang akan mampu mengontrol dan menguasai perbuatan yang Allah larang.

Nah, supaya ibadah kita mampu berjalan dengan lancar, alangkah lebih baiknya jika kita menggunakan waktu-waktu tersebut untuk melakukan hal-hal yang positif.

Tentunya hal-hal yang dapat mendatangkan manfaat untuk kebahagiaan dunia maupun akhirat. Maksudnya adalah, saat diri sudah mampu untuk meninggalkan kesenangan dunia, maka pada saat itulah jiwa kita mampu mengendalikan nafsu.

Berusaha Menjadi Diri yang Lebih Baik

Selalu menjadi pribadi yang lebih baik juga termasuk dalam hikmah puasa Ramadhan. Setiap yang melakukan puasa ini karena Allah Ta’alla, maka bakal timbul kesadaran juga keinginan dari dalam diri untuk menjadi yang lebih baik lagi. Orang yang sedang dalam keadaan puasa sudah pasti ingin selalu berbuat kebaikan.

Bukan hanya itu saja, tetapi orang yang puasa itu akan selalu berusaha untuk selalu menjauhi larangan Allah. Jika anda termasuk dalam yang demikian, berarti anda sudah benar-benar memahami hikmah dari puasa Ramadhan yang anda jalankan.

Dalam sabda Baginda Nabi:

Perlu anda sadari bahwa terdapat hal-hal kecil yang kerap kali disepelekan, namun ternyata dapat mengurangi pahala saat anda berpuasa. Apa itu? Ghibah juga berbohong.

Hal tersebut juga terdapat dalam hadits riwayat Bukhari:

Apabila dalam anda berpuasa akan tetapi masih melakukan dua hal tersebut, halah mendingan langsung makan aja, rugi juga kok.

Merasakan Penderitaan Orang yang Tidak Mampu

Dengan kita melaksanakan puasa satu hari penuh, menahan lapar, dan haus, maka kita juga ikut merasakan penderitaan mereka yang kurang mampu.

Hal tersebut juga termasuk dalam hikmah puasa bulan Ramadhan. Perlu anda ketahui juga bahwa fakir miskin hari-harinya merasakan hal yang demikian, menahan lapar, dan dahaga.

Membantu Menjaga Kesehatan Tubuh

Barangsiapa yang mengatakan bahwa puasa hanya akan menyebabkan datangnya penyakit, salah besar anda. Nyatanya puasa itu dapat menjaga kesehatan jasmani seseorang, bahkan ia mampu meningkatkan menuju ke yang lebih baik daripada tidak puasa.

Hal ini mempunyai alasan karena kebanyakan orang memang mengurangi aktivitas pada saat bulan puasa. Dengan demikian, hal tersebut juga dapat membantu untuk mengistirahatkan sistem pencernaan yang ada dalam tubuh dalam sementara waktu.

Semoga dengan adanya penjelasan mengenai hikmah puasa Ramadhan tersebut, anda semakin paham dengan agama Islam. (Muhafid/R6/HR-Online)