Hindari Kebiasaan Buruk yang Muncul Ketika Kamu Merasa Cemas!

Kebiasaan Buruk
Hindari kebiasaan buruk yang muncul ketika kamu merasa cemas. Foto: Net/Ist.

Hindari kebiasaan buruk yang muncul ketika kamu sedang merasa gelisah, karena bisa mengganggu kesehatanmu. Memang setiap orang pasti punya kebiasaan buruk. Namun, kebiasaan itu tersebut bisa semakin parah jika munculnya saat kamu sedang merasa cemas.

Oleh karena itu, jangan membiarkan kebiasaan buruk itu mengambil alih hidup kamu, karena imbasnya bisa mempengaruhi terhadap kesehatan mental.

Jika mengetahui kalau kebiasaan buruk terjadi disaat merasa cemas adalah pertanda kesehatan mental kamu sedang terancam, pastinya kamu akan terkejut.

Karena seiring waktu, kebiasaan buruk itu bakal menjadi bagian dari hidup kamu dan juga bahasa tubuhmu. Namun sayangnya, hal tersebut tidak meninggalkan kesan baik terhadap orang-orang yang berinteraksi dengan kamu.

Melansir dari Healthshots, berikut ini kebiasaan-kebiasaan buruk paling umum terjadi yang dipicu oleh rasa kecemasan yang berlebihan.

Baca Juga : Aplikasi Kesehatan Mental, Efektif Cegah Kondisi Stress dan Depresi

Hindari Kebiasaan Buruk yang Mengancam Kesehatan Mental

Menggigit Kuku

Orang yang tengah terlalu banyak berpikir atau merasa cemas cenderung akan melakukan kebiasaan menggigit kuku. Namun sebaiknya kamu harus hindari kebiasaan ini. Karena tidak hanya berbahaya bagi kesehatan mental, namun juga kesehatan fisik. Sebab, tangan gudangnya bakteri dan kuman.

Menarik Rambut

Ketika sedang merasa cemas, beberapa orang cenderung akan menarik rambut. Bahkan, bukan cuma menarik rambut yang ada di kepalanya, tapi ada juga yang menarik rambut pada bagian lengan, alis, atau bulu mata.

Menggertakan Gigi

Kamu harus hindari kebiasaan buruk yang satu ini karena sangat berbahaya untuk kesehatanmu. Bruxism pada dasarnya istilah untuk menggemeretak gigi.

Baca Juga : Kesehatan Mental Terganggu Akibat Kebiasaan Bangun Tidur Langsung Buka HP

Bagi sebagian orang melakukan kebiasaan ini saat tidur malam. Ketika kamu menggemeretak gigi, maka ketegangan pada sendi dapat memicu munculnya sakit kepala pada pagi harinya. Selain it, mungkin juga akan merasakan nyeri pada bagian rahang saat kamu bangun.

Menggaruk

Menggaruk menjadi salah satu kebiasaan yang harus kamu hindari. Karena kamu menggaruk terkadang bukan akibat rasa gatal biasa, tetapi karena gatal yang intens. Pada akhirnya kamu menggaruk diri sendiri.

Menggerakkan Kaki

Hindari kebiasaan buruk menggerakkan kaki. Istilahnya dari kebiasaan ini disebut “sindrom kaki gelisah”. Ini merupakan gangguan kesehatan mental dan sifatnya sudah parah.

Kegelisahan yang kamu rasakan menjadi pertanda otak yang hiperaktif, yakni ketika banyak pikiran mengalir dalam kepalamu. Terkadang kebiasaan ini bisa menyebabkan pusing dan kebingungan, karena banyak energi dikonsumsi selama dalam proses kegelisahan. Itu sebabnya orang merasa lelah.

Baca Juga : Kebiasaan Tidur Telungkup Berbahaya Bagi Kesehatan, Jangan Lakukan!
Makan Berlebihan

Gangguan makan punya hubungan kuat dengan kesehatan mental. Termasuk ketika kamu makan tanpa perhatian. Coba hindari, karena hal ini akan berdampak buruk bagi kesehatan mental kamu. Dengan begitu tidak diragukan lagi bahwa kondisi seperti ini berdampak pula pada kesehatan fisik.

Itu sebabnya orang yang memiliki kecemasan berlebih atau menderita gangguan kesehatan mental cenderung berat badannya mengalami kenaikan. Selain itu, kadar kolesterolnya juga tinggi, serta penyakit akibat gaya hidup lainnya.

Menunda-nunda Pekerjaan

Kebiasaan ini merupakan pembunuh utama bagi produktivitas kamu. Dalam situasi seperti ini, kamu memang sangat sadar akan tugasmu. Bahkan siap mengerjakan sesuatu, namun kamu akan merasa sangat kewalahan. Sehingga pada akhirnya kamu tidak melakukan apapun.

Namun, bisakah kamu benar-benar hindari kebiasaan buruk tersebut? Jawabannya pasti bisa! Tapi tetap kamu harus gigih, dan mengerjakan tugas dari pekerjaanmu dalam setiap detiknya.

Mungkin pada awalnya kamu akan merasa sulit untuk hindari kebiasaan buruk tersebut. Tapi ketekunan yang akan membantu kamu menyingkirkannya. (R3/HR-Online)

Editor : Eva Latifah

Tulisan ini sudah tayang di suara.com dengan judul 7 Kebiasaan Buruk yang Biasa Muncul Saat Anda Merasa Cemas