Kamis, Oktober 28, 2021
BerandaBerita TerbaruHonda CB400SF Super Four, Akan Hadir Berkonsep Retro Modern

Honda CB400SF Super Four, Akan Hadir Berkonsep Retro Modern

Honda CB400SF Super Four sebagai tanda bangkitnya motor klasik retro. Hal tersebut yang mulai terasa semenjak beberapa tahun terakhir ini. Honda kini sedang mempersiapkan hadirnya Honda CB400SF.

Kabar adanya generasi terbaru CB400SF sudah terdengar di Jepang. Selain itu, juga cepat menyebar ke sejumlah negara. Hal itu karena Honda yang cukup terkenal di beberapa Negara.

Segera Hadir, Honda CB400SF Super Four

Honda CB400SF kabarnya akan segera hadir pada tahun 2021. Motor ini sedang melakukan pengembangan. Hal itu dilakukan agar bisa lolos standar emisi EURO 5. Namun, hingga kini belum dapat mengetahuinya secara pasti. Untuk pemasarannya akan dilakukan pada negara mana saja.

Baca Juga : Honda GB350 2021 Resmi Meluncur dengan Harga 72 Jutaan

Honda sebagai pabrikan global yang memiliki beragam produk. Mulai dari kelas entry-level, middleweight, dan superbike. Namun tidak semua modelnya akan dipasarkan oleh Honda. Salah satunya CB400SF Super Four.

Motor ini bisa terbilang memiliki penampilan yang menarik. Adanya sejumlah perubahan yang masih dalam dugaan pada motor bergaya naked sport ini. Khususnya pada sektor mesin dan desain penampilan terbarunya.

Honda CB400SF menerapkan konsep retro modern. Hal itu karena bagian lampunya yang mengusung bentuk bulat meskipun menggunakan teknologi LED.

Tampilan

Meskipun sudah ada acuan mengenai waktu peluncuran Honda CB400SF Super Four, namun belum ada rincian mengenai bulan dan tanggalnya. Mengenai sosok barunya juga belum dapat untuk mengungkapnya. Hanya saja, rumor mengatakan akan tetap mempertahankan identitasnya.

Keunggulan Honda CB400SF akan terlihat dari tampilan yang klasik khas motor naked. Bagian stang telanjang, tangki besar, dan bentuk buritannya yang konservatif. Sehingga membuatnya tampak bagaikan Honda Tiger versi bongsor.

Untuk kelahiran perdananya pada awal tahun 90’an. Motor ini masih mempertahankan ciri khasnya. Bagian lampu bulat besar dengan speedometer seperti halnya gendang. Bagian suspensi belakangnya tidak monoshock. Namun menggunakan dua model kiri dan kanan.

Mesin

Sesuai dengan namanya, SF atau Super Four. Honda CB400SF Super Four menggunakan jajaran mesin 399cc. Selain itu, juga menggunakan VTEC, DOHC, dan konfigurasinya 4-silinder.

Mesin yang cukup legendaris dan unik. Hal itu karena kubikasi setiap silindernya dengan kapasitas 100cc. Setting seperti ini membuat motor tergolong responsif, namun juga jinak.

Baca Juga : Honda CB650R 2021, Ditawarkan dengan Harga Nyaris Rp 300 Juta

Dengan mesin tersebut, akan menghasilkan tenaga maksimum sebesar 56 PS pada 11.000 rpm. Torsi puncaknya 39 Nm pada 9.500 rpm. Mesin motor ini menggunakan 4-Tak, kemudian berpadu dengan sistem transmisi 6-percepatan.

Honda CB400SF dengan menggunakan kode mesin NC42E inline DOHC 16 katup. Mesin motor ini juga akan memiliki ukuran stroke yang lebih panjang.

Pada bagian kepala silindernya baru. Tentunya Honda CB400SF Super Four memberikan rasa berkendara yang menyenangkan. Selain itu, juga cocok untuk biker yang baru akan belajar naik motor gede.

Fitur

Honda CB400SF sebagai salah satu motor besar yang cukup terkenal di Indonesia. Sejak kelahirannya pada tahun 1992 yang lalu. Motor ini pastinya memiliki banyak penggemar di Tanah Air ini. Honda CB400SF memiliki bobot sekitar 201 Kg.

Motor ini memiliki kapasitas tangki BBM sebanyak 18 Liter. Untuk ban depannya cukup gambot dengan ukuran 120/60 ZR 17. Sedangkan bagian ban belakang dengan ukuran 160/60 ZR 17 inch.

Motor ini juga memiliki knalpot yang dibalur chrome. Sehingga memberikan kesan cukup kuat sebagai motor classicnya yang mewah.

Baca Juga : Honda Supra GTR 150 Special Edition, Desain Lebih Sporty

Sementara pada bagian kokpit Honda CB400SF Super Four terpasang instrumen panel. Tentunya terdiri dari speedometer dan tachometer bulat. Instrumen panel mengapit MID digital. Hal itu membuatnya semakin serasi.

Motor ini lengkap dengan tangki dan body belakangnya yang melengkung halus. Kesan retro yang tampak dimunculkan dengan penggunaan dual-suspension di belakangnya. Selain itu, juga taillight kotak yang khas motor era 1990-an. Dengan begitu, Honda CB400SF ini memiliki mesin yang menarik.

Motor ini akan diluncurkan pada tahun 2021. Dari segi harga, motor ini diharapkan dengan harga sekitar 260.000-280.000 baht. Harga tersebut setara dengan Rp 120 jutaan sampai Rp 130 jutaan.

Kini masih menunggu kabar peluncuran Honda CB400SF Super Four. Honda CB400SF menerapkan konsep retro modern. Bagi anda yang mencari motor terbaru, bisa jadikan CB400SF Super Four sebagai pilihan. Tentu menarik untuk dimiliki bukan?. (R10/HR-Online)

Editor : Adi Karyanto

- Advertisment -

Berita Terbaru