Hong Guang MINI EV Macaron, Mobil Listrik dengan Harga Rp 90 Jutaan

Hong Guang MINI EV Macaron, Mobil Listrik dengan Harga Rp 90 Jutaan
Ilustrasi Hong Guang MINI EV Macaron. Foto: Ist/Net

Hong Guang MINI EV Macaron semakin memperkuat jajaran mobil listrik. Pada 9 April 2021 Wuling secara resmi meluncurkan mobil listriknya. Wuling merupakan perusahaan patungan General Motors (GM) dengan SAIC.

Mobil listrik ini yang memiliki bentuk yang mungil. Produk terbaru ini melengkapi mobil listrik Hong Guang MINI EV. Saat ini varian Hong Guang MINI EV menjadi anggota paling baru keluarga kendaraan listrik. Terutama Hong Guang MINI EV yang sedang laris di Cina.

Varian Mobil Listrik Terbaru, Hong Guang MINI EV Macaron

MINI EV Macaron  sebagai perubahan untuk versi baru. Dengan versi baru Hong Guang MINI EV, hadir untuk memperluas jaringan pelanggannya. Mobil listrik ini yang memang sebatas modifikasi. Namun SAIC-GM-Wuling (SGMW) berhasil membuat Macaron tampil lebih berbeda.

Baca Juga : VinFast VF e34, Mobil Listrik Pertama Vietnam Spesifikasi Unggulan

Model yang resmi meluncur ini, yang membuatnya semakin keren dan menarik. Apabila dibandingkan dengan versi yang sudah ada, maka hasil penjualannya, mobil ini melejit tidak lama setelah memulai pre ordernya.

Wuling telah bekerja sama dengan Pantone Universe, yakni untuk mengembangkan tiga warna barunya yang modis. Untuk MINI EV dengan pilihan warna Avocado Green, Lemon Yellow, dan White Peach Pink. Bagian atapnya memiliki warna solid juga tersedia sebagai pilihan.

Fitur

Saat ini ada dua varian baru pada Hong Guang MINI EV Macaron ini. Mobil listrik yang menawarkan warna eksterior baru dan peningkatan fitur keselamatannya. Peningkatan keamanan Hong Guang MINI EV dengan menambahkan fitur airbag atau kantong udara.

Fitur airbag untuk pengemudi sebagai fiturnya yang standar. Wuling juga menambahkan sistem pengeremannya Anti-Lock Brake System (ABS) dengan Electronic Brake Distribution (EBD). Mobil listrik ini memiliki sistem pemantauan tekanan ban dan sistem peringatan untuk pejalan kaki yang berkecepatan rendah.

Baca Juga : Mobil Listrik KIA EV6 Perdana Dengan Platform E-GMP

Selain itu, juga ada fitur dan fungsi yang lainnya. Hong Guang MINI EV lengkap dengan adanya kamera serta sensor parkir mundurnya. Pada bagian interiornya, ada strip dekoratif baru sewarna body. Terutama pada area sekitar tombol kontrol tengah.

Namun yang ada fitur lebih menarik dan menjadi sorotan terbesar. Mengenai penambahan beberapa fitur seperti pada radio, 2 speaker, dan baterai pemanas. Fitur interkoneksi mesin mobil dengan aplikasi, LCD warna, pemanas jok, pendingin AC dan yang lainnya.

Spesifikasi

Wuling MINI EV  yang memiliki tata letak tempat duduknya 2 + 2. Dengan sandaran pada kursi baris kedua dapat dilipat demi fleksibilitas. Hong Guang MINI EV Macaron ini mempunyai panjang 2.917 milimeter. Lalu, dengan lebar 1.493 milimeter, serta tingginya 1.621 milimeter.

Baca Juga : Kelebihan Mobil Listrik daripada Kendaraan Konvensional BBM

Selain itu, juga pada jarak sumbu roda 1.940 milimeter. Dengan meningkatkan ruang bagasi dari hampir nol menjadi 741 liter. Mobil listrik ini menghasilkan tenaga maksimumnya 20 kW. Sedangkan pada torsi maksimum 85 Nm.

Hong Guang MINI EV memiliki kecepatan tertinggi 100 kilometer per jam. Jangkauan mobil listrik ini mencapai 170 kilometer dengan sekali pengisian daya. Pengisian daya Hong Guang MINI EV Macaron dapat menggunakan stop kontak normal 220V. Pemiliknya yang dapat memantau status baterai kendaraan dari jarak jauh.

Rangka Mobil

Pada bagian kaki-kaki roda, Macaron memiliki tampil dengan velg gaya barunya. Kemudian di bagian pilar C tersemat emblem Hong Guang MINI EV. Untuk menunjukkan identitas mobil listrik barunya tersebut.

Selain lebih keren dalam hal pewarnaannya, bagian headlamp depan dan belakangnya juga terlihat berbeda. Cangkang warna hitam dan tata letak strip lampunya yang LED jauh lebih halus.

Harga

Lalu, varian Hong Guang MINI EV Macaron dengan harga pasarannya antara RMB 37.600 dan RMB 43.600. Harga tersebut setara Rp 83,8 juta dan Rp 97,2 juta (kurs saat ini 1 RMB = Rp 2.330).

Pada saat pertama kali dipasarkan pada pertengahan tahun lalu. Tepatnya Wuling MINI EV ini dalam perkenalannya Juli 2020 lalu. Wuling MINI EV memberikan penawaran kepada konsumen dengan harga setara Rp 60 jutaan. 

Mobil listrik ini menjadi kendaraan dengan energi baru paling laris di Cina. Selain itu, juga sangat populer pada kalangan generasi muda. Penjualan mobil listrik dari Wuling ini bisa mengalami kenaikan.

Tentunya seiring dengan rencananya untuk melakukan ekspor ke luar negeri. Salah satu Negara yang akan mendapatkan prioritas adalah wilayah Eropa dan Amerika Utara.

Hong Guang MINI EV Macaron mobil listrik varian baru dari Wuling. Harga yang ditawarkan pun termasuk murah, sekitar Rp 90 jutaan untuk varian tertingginya. (R10/HR-Online)

Editor : Adi Karyanto