HP Realme Q3 Besutan China, Kuasai Pasar Indonesia

HP Realme Q3 Besutan China, Kuasai Pasar Indonesia
HP Realme Q3. Foto: Ist/Net.

HP Realme Q3 akan segera meluncur di pasaran Indonesia. Realme Q3 merupakan ponsel besutan terbaru China. 

Pihak Realme telah melakukan kampanye teaser mulai kemarin. Penjualan berfokus pada seri sebelumnya. Pasalnya, Q2 yang merupakan versi pendahulu sukses di pasaran. 

Realme berharap jika Q3 ini akan lebih unggul. Sehingga produk hadir dengan kemasan dan spesifikasi yang menarik. 

Harga dan Spesifikasi HP Realme Q3

Berdasarkan bocoran berita dari China yang terbaru, Q3 mempunyai chipset baru. Penggeraknya adalah MediaTek Dimensity 1100.

Baca Juga : Kelebihan HP Realme 8 Berikut Harganya di Indonesia

Kekuatan baterai sebesar 4.500 mAh dengan dukungan pengisian cepat 50W. Pengisi daya dalam kotak yang sebenarnya dapat mencapai 65W.

Harga dari HP Realme Q3 kabarnya sebanding dengan kualitas yang ada. Penawaran mulai dari CNY 2.000 atau sekitar $ 306.

Q3 mempunyai desain yang tidak jauh berbeda dari seri sebelumnya. Pada layar tampak lubang untuk kamera depan. Sementara kamera belakang berbentuk quad.

Realme sukses menorehkan angka penjualan yang melesat tinggi. Angka pertumbuhanya dalam rentang periode tahunan tumbuh tidak kurang dari 808 persen.

Catatan penjualan tersebut jadi rekor Realme sebagai perusahaan dengan pertumbuhan tercepat.

Baca Juga : HP Realme X7 Pro Ultra Bawakan MediaTek MT 6889Z Dimensity 1000+

Sedangkan posisi terunggul pada konteks pengiriman smartphone diduduki Samsung.

Saat ini masyarakat semakin pandai kaitannya spesifikasi ponsel. Mereka mengedepankan kualitas dengan nilai jualnya.

Jadi tidak semata-mata mementingkan brand yang menaungi produk. Membahas tentang ponsel, kebanyakan masyarakat sangat sensitif.

Realme merupakan jajaran ponsel dengan spesifikasi handal namun harga sangat terjangkau. Datangnya HP Realme Q3 akan semakin meramaikan pasaran smartphone. Persaingan ketat bakal terjadi seperti pada seri pendahulunya yang telah terbukti meraih kesuksesan.

Penjualan Realme merangkak Naik

Menurut laporan dari penelitian IDC, terdapat sejumlah smartphone yang laris di pasaran Indonesia sepanjang kuartal ketiga 2020. Sehingga mempunyai kontribusi besar pada pangsa pasar Indonesia di jajaran smartphone paling atas.

Penorehan rekor pengiriman kuartal paling tinggi sudah tercatat. Terhitung sebanyak 10,6 juta unit ponsel dari bulan Juli hingga September 2020.

Penggunaan ponsel saat ini meningkat tajam. Pasalnya banyak aktivitas yang membutuhkan ponsel saat pandemi. Misalnya saja pembelajaran jarak jauh dan work from home. 

Pertumbuhan pemakaian meningkat dan mencapai 49%.

Pada pertumbuhan tahunan meningkat 20%. Kemudian pasar HP ultra low end berkisar 16% untuk wilayah Indonesia.

HP Realme Q3 juga menjadi salah satu produk yang pantas mendapat perhitungan. Smartphone besutan China tersebut telah mengalahkan beberapa kompetitor di pasaran.

Vendor yang masih baru ini berada pada posisi yang konsisten. Posisi Realme di pangsa pasar Indonesia menduduki posisi ke lima. 

Pasaran Realmi terus tumbuh hingga 14% di Indonesia. Saat pengapalan juga mengalami peningkatan dari tahun ke tahun sebesar 15%.

Vendor Realme tergolong baru di industri smartphone. Namun pergulatan di pasar ponsel Indonesia cukup agresif. Vendor ini mempunyai warna identik kuning. 

Faktanya Realme telah mengeluarkan lebih dari sepuluh model sejak peluncurannya awal 2020. Realme hadir dengan berbagai macam segmen. Salah satu ponsel terbarunya adalah HP Realme Q3.

Aksesoris Pendukung

Selain HP Realme Q3, perusahaan ini akan merilis produk aksesoris pendukungnya. Yakni berupa ekosistem Alot atau Artificial Intelligence-of-Things. Aksesoris ini berupa mainan terbaru dari Realme. 

Realme mempunyai kiprah yang cemerlang di pasaran. Sehingga pabrikan lain akan merasa terusik. Terutama bagi para vendor yang bergelut pada segmen kelas serupa.

Baca Juga : HP Realme Baterai Li-Ion dengan Beragam Kelebihan, Berikut Pilihannya!

Para vendor juga memanfaatkan pemasaran online. Untuk mendongkrak jumlah penjualan semakin naik. 

Produk keluaran Realme rata-rata mempunyai harga yang terjangkau. Desain menarik sehingga dari strategi pemasaran lebih efektif.  

Meskipun masa pandemi berlangsung begitu lama, namun Realme mengklaim jika penjualannya mengalami kenaikan. Pengguna di Indonesia hampir menembus akan 6 juta. Apalagi bila ditambah kehadiran HP Realme Q3, pasti penjualan makin meroket.

Tahun lalu, Realme telah meluncurkan tiga smartphone. Setelah beberapa bulan peluncurannya, semua mencapai penjualan yang tinggi. 

Hal tersebut merupakan pernyataan dari perusahaan di Weibo. Selain itu, Realme juga menghadirkan versi terbaru Q3 yang akan segera rilis.

Belum ada info lebih banyak mengenai HP Realme Q3. Namun kemungkinan menggunakan kemampuan 5G dalam perangkat barunya. Kita tunggu saja info mengenai spesifikasi dan fitur lengkapnya. (R10/HR-Online)

Editor : Adi Karyanto