HP Realme Q3i 5G, Harga Terjangkau dengan Spek Mumpuni

HP Realme Q3i 5G
HP Realme Q3i 5G. Foto : Net/Ist

HP Realme Q3i 5G sudah bisa dibeli di pasar ponsel global. Realme Q3i sendiri termasuk dalam seri Q3, dan merupakan suksesor dari Q2 yang sudah terlebih dulu keluar.

Ponsel terbaru besutan Realme ini kali pertama hadir dan meluncur di negara asalnya yakni China, pada 22 April 2021 kemarin.

Baca Juga : HP Realme 8 Pro Illuminating Yellow Terbaru dan Spesifikasinya

Selain pre-order untuk seri Q3i, vendor smartphone asal China ini juga sudah memulai pre-order untuk Q3 (reguler). Konsumen setia dari Realme ini bisa membeli via situs resmi Realme Chian ataupun lewat JD.ID dan toko resmi lainnya.

Spesifikasi HP Realme Q3i 5G

Ponsel terbaru ini membawa spesifikasi yang sangat mumpuni. Baik itu pada sektor dapur pacu, layar, kamera dan lain sebagainya.

Masih mengusung tagline “Dare to Leap”, kehadiran dari seri Q3i 5G ini bisa mengulang kesuksesan seri-seri sebelumnya. Bukan hanya di negara-negara Eropa, namun juga negara Asia termasuk Indonesia yang banyak peminatnya.

Hardware

Salah satu yang menjadi kelebihan dari HP Realme Q3i 5G ini adalah dalam hal mesin dan juga otaknya.

Jika untuk seri Q3 membawa prosesor terkenal, yakni Snapdragon 750G besutan Qualcomm, maka untuk seri terbarunya ini juga tidak kalah.

Mengutip dari situs resmi Realme China, Q3i tersebut menggunakan otak Dimensity 700 5G besutan MediaTek, dengan proses atau fabrikasi 7 nm.

Sementara pada bagian CPU arsitektur pemrosesan delapan inti yang masing-masing 4 inti Cortex-A76 dan 4 inti dari Cortex-A55. Kemudian, frekuensi maksimum CPU sampai 2.2 GHz. Tak lupa pada bagian GPU atau grafis menggunakan Mali-G57 MC2.

Selain itu, HP Realme Q3i 5G juga mendapat sokongan untuk menambah performa ponsel dengan RAM berkapasitas 4 GB serta 6 GB. Dan juga menyandingkan penyimpanan internal sebesar 128 GB.

Baca Juga : HP Realme Q3 Besutan China, Kuasai Pasar Indonesia

Akan tetapi, jika Anda merasa internal memori tersebut kurang besar, maka bisa menambahkannya dengan menggunakan slot microSDXC.

Bagaimana dengan perpaduan dari prosesor dan RAM tersebut? pasti akan memuaskan para penggunanya, baik itu untuk bermain game atau menjalankan beberapa aplikasi secara bersamaan.

Kamera Terbaik

Tidak berbeda dengan vendor smartphone lainnya, HP Realme Q3i 5G mengandalkan kamera sebagai pemikat untuk calon pembeli.

Sebenarnya tidak ada perbedaan yang signifikan dari seri Q3 (reguler), yang sama-sama mengusung triple camera (tiga kamera) pada bagian belakang.

Untuk Q3i ini konfigurasi ketiga kameranya itu antara lain 48 MP, dengan aperture (bukaan lensa) f/1.8, dan bertindak sebagai lensa wide).

Kemudian kamera kedua lebih kecil resolusinya dari Q3 reguler, yang hanya 2 MP f/2.4 (makro), dan ketiga beresolusi 2 MP (depth).

Baca Juga : Kelebihan HP Realme 8 Berikut Harganya di Indonesia 

Sedangkan untuk kamera depan terpasang lensa tunggal dengan resolusi 16 MP, dengan bukaan f/2.1 (wide).  

Kemampuan kamera depan dari HP Realme Q3i 5G tersebut, tentu bisa memuaskan para penggunanya yang ingin selfie atau swafoto.

Layar Lega

Sementara pada sektor layar, smartphone Realme Q3i 5G ini memiliki ukuran yang luas, yakni mencapai 6,5 inci.

Displaynya tersebut juga beresolusi tinggi yaitu mencapai 1080 x 2400, dengan aspek rasio 20:9. Sedangkan refresh rate layarnya bisa sampai 90 Hz, dengan tingkat pengambilan sampel sentuh tetap pada 180 Hz.

Sayangnya, kekurangan dari HP Realme Q3i 5G ini adalah tidak terdapat anti gores pada layarnya, dan juga masih berpanel IPS LCD.

Baterai Kuat

Kelebihan lainnya dari seri Q3i 5G besutan Realme ini adalah dalam hal daya baterai. Smartphone ini membawa baterai berkapasitas 5000 mAh.

Selain daya baterai yang besar, Q3i 5G juga memiliki fitur fast charging atau pengisian ulang dengan cepat 18W. Sehingga bisa memangkas waktu Anda ketika mengisi ulang baterai.

Spesifikasi Lain

Meski memiliki baterai yang besar, namun ternyata HP Realme Q3i 5G ini tidak berat. Pasalnya, untuk bobotnya hanya 185 gram, dengan dimensi 162.5 x 74.8 x 8.5 mm.

Sementara untuk sistem operasi (OS) sudah memakai versi terbaru yakni Android 11, dengan menjalankan antarmuka Realme UI 2.0.

Sedangkan bagian warna tersedia dalam dua pilihan, yaitu Supersonic Blue dan Supersonic Black. Fingerprint atau sensor pemindai sidik jari menjadi senjata andalan untuk mengamankan atau mengunci ponsel.

Lantas bagaimana dengan harganya? Dengan spesifikasi tersebut bisa dikatakan harga dari HP Realme Q3i 5G ini sangat terjangkau. Untuk varian RAM 4 GB berbanderol 1099 yuan atau kisaran Rp 2,5 jutaan. Dan varian RAM 6 GB harganya 1199 Yuan, atau kurang lebih Rp 2,7 jutaan. (Adi/R5/HR-Online)

Editor : Adi Karyanto