HP Samsung Galaxy Quantum2, Rilis dengan Snapdragon 855+

HP Samsuang Galaxy Quantum2, Rilis dengan Snapdragon 855+
Ilustrasi HP Samsuang Galaxy Quantum2. Foto Ist/Net.

HP Samsung Galaxy Quantum2 akan segera rilis tahun ini. Smartphone ini menggunakan chip khusus dalam sistem keamanannya. Sehingga data sensitif bisa aman melalui enkripsi. 

Generasi penerus Samsung, Galaxy Quantum2 akan segera rilis menurut kabar berita yang beredar. Spesifikasi dan gambar dari perangkat telah bocor.

Spesifikasi HP Samsung Galaxy Quantum2

HP terbaru keluaran Samsung ini menggunakan sistem operasi Android v11. Mempunyai spesifikasi yang lebih baru daripada seri pendahulunya. 

Adanya dukungan prosesor Octa-Core 2 x 2.2 GHz Cortex-A77 serta 6 x 1.8 GHz Cortex A55 membuat performa semakin handal. Chipset memakai Exynos 980 atau 8 nm. Pada sektor penyimpanan memakai RAM 6 GB. Sementara itu, untuk penyimpanan internalnya sebesar 128 GB.

Baca Juga : HP Samsung FM Radio Spesifikasi Patut Dipertimbangkan, Ini Pilihannya

Kemudian, smartphone terbaru dari Samsung mempunyai kode nama A Quantum2. Nomor modelnya A82xq. Berdasarkan gambar yang beredar, ponsel mempunyai punch hole pada bagian tengah atas layar. Kemudian, untuk bingkainya memakai logam dan terdapat tiga kamera pada bagian belakang. 

Spesifikasi lain yang tersebut dalam konsol Google Play, menyebutkan jika ponsel menggunakan Android 11 dan Snapdragon 855+. Lalu, untuk sensornya dari Sony IMX 686 64 MP untuk kamera belakang.

Berikut spesifikasi lengkap HP Samsung Galaxy  Quantum2.

Kinerja Samsung Galaxy Quantum2

Performa smartphone ini mendapat dukungan Exynos 980. Sistem operasinya menggunakan Android v11. Grafis yang mendukung adalah Mali-G765 MP5. 

Baca Juga : HP Samsung Tanpa Jack Headphone, Ketahui Detail Spesifikasinya

Selanjutnya, prosesor HP Samsung Galaxy Quantum2 memakai Octa-core 2 x 2.2 GHz Cortex-A77 dan 6 x 1.8 GHz Cortex A55. Sementara itu, arsitekturnya 64 bit dengan RAM sebesar 6 GB. Lalu, memori internalnya 128 GB.

Body dan Desain

Ponsel mempunyai dimensi 75.7 mm x 8.1 mm x 162.5 mm. kemudian untuk ketebalannya 8.1 mm.

Tipe tampilan pada layar menyematkan Super AMOLED. Ukurannya 6.7 ini dengan resolusi layar 1080 x 2400 piksel. Teknologi terkini menambahkan layar sentuh kapasitif dan Multi-touch.

Kamera

HP Samsung Galaxy Quantum2  dibekali dengan 4 kamera utama. Resolusi lensa antara lain 64 MP, 12 MP  ultrawide, 5 MP makro dan  5 MP.

Untuk kebutuhan selfie, terdapat kamera depan sebesar 32 MP. Terdapat pengaturan kompensasi pencahayaan dan kontrol ISO. 

Mode pemotretan menggunakan mode rentang dinamis tinggi atau HDR sera pengambilan gambar kontinyu. Gambar akan semakin terang dan jelas dengan adanya LED Flash.

Fitur menarik lainnya pada  kamera adalah Zoom Digital dan Flash Otomatic. Selain itu, juga ada deteksi wajah dan sentuh untuk fokus. Para pengguna akan dimanjakan oleh fitur kamera yang canggih dan menarik ini.

Konektivitas dan Baterai

Smartphone keluaran Samsung terbaru ini mempunyai konektivitas jaringan yang cukup kompleks. Terdapat Wifi Wi-Fi 802.11, a / ac / b / g / n / n 5GHz dan Hotspot Seluler. 

Bluetooth v5.0 , Nfc dan USB Connectivity berupa Mass Storage Device dean USB charging.

Baca Juga : HP Samsung Kamera Low Light, Gambar Terang dan Jelas Tanpa Blur

Sementara itu, untuk support jaringan ada 5G supported by device atau network not rolled-out in India. 4G supports Indian bands, 3G dan  2G. Sistem GPS juga ada, dengan Glonass dan A-GPS.

Ada pula pemindai sidik jari dalam layar HP Samsung Galaxy Quantum2. Kelebihan lainnya adalah menggunakan speaker Dolby Atmos. Untuk memudahkannya terdapat jack audio 3.5 mm.

Jenis sensor sidik jarinya adalah Optik. Sensor lainnya yang disematkan berupa Accelerometer, Gyro, Proximity serta Compass dan Barometer.

Smartphone menggunakan dual slot SIM, yakni SIM ganda dan GSM + GSM. Baik ukuran SIM 1 maupun SIM 2 menggunakan Nano. Kemudian, pada ponsel terdapat baterai yang dibenamkan mempunyai kapasitas cukup besar sebesar 4500 mAh dengan tipe Li-Polymer.

HP Samsung Galaxy Quantum2  lengkap dengan dukungan fast charging 25W. Namun, ada rumor lain yang menyatakan jika HP Samsung ini mempunyai dukungan fast charging hanya 15W.

Harga Galaxy Quantum2

Untuk pasaran Indonesia belum ada berita terkait harga yang pasti. Namun, kemungkinan besar harga Galaxy Quantum2 di India berkisar Rs 14.918. 

Smartphone ini meluncur di negara Bollywood sekitar akhir September 2021. Tersedia berbagai macam pilihan warna. Antara lain warna Prism Cube Black, Prism Cube Sliver dan Prism Cube Blue. 

Biasanya HP dari Samsung akan mendapatkan garansi dari produsen selama 1 tahun. Kita nantikan saja kedatangannya di Indonesia. Meskipun belum ada bocoran harga dari ponsel ini, namun kehadirannya sudah banyak yang menantikan.

Smartphone terbaru Samsung mengantongi sertifikasi IP67. Kemungkinan HP Samsung Galaxy Quantum2 segera rilis. (R10/HR-Online)

Editor : Adi Karyanto