HP Vivo X60t, Usung MediaTek Dimensity 1100 serta OriginOS Terbaru

HP Vivo X60t
Ilustrasi HP Vivo X60t. Foto: Ist/Net

HP Vivo X60t merupakan model terbaru dari HP flagship Vivo X60 Series yang telah resmi rilis. Sesuai dengan informasi yang berasal dari platform Telecom Tiongkok, menyatakan bahwa Vivo X60t adalah model terbaru yang menjalankan sistem operasi Android.

Hadir menggunakan antarmuka OriginOS terbaru serta memperoleh bekalan tenaga chipset MediaTek Dimensity 1100. Hal ini akan menjadikan Vivo X60t menjadi ponsel Vivo X60 pertama yang menyematkan chipset MediaTek Dimensity.

Baca Juga : HP Vivo iQOO 7 Legend, Flagship Gaming Hadir Pertama di Awal Tahun

Karena untuk seri Vivo X60 lainnya mengusung chipset Snapdragon besutan Qualcomm. Secara desain, ponsel terbaru Vivo ini hampir sama dengan versi reguler Vivo X60. Hal yang membedakan terdapat sejumlah spesifikasi yang hadir.

Spesifikasi HP Vivo X60t

Belum lama ini, Vivo resmi meluncurkan produk terbaru kelas flagship yakni Vivo X60t. Ponsel terbaru ini resmi melengkapi tiga model Vivo X60 series yang lebih dulu hadir.

Ketiga ponsel tersebut terdiri dari Vivo X60, Vivo X60 Pro, serta Vivo X60 Plus yang resmi rilis pada bulan Januari lalu. Vivo X60t hadir dengan membawa perubahan dari segi spesifikasi.

HP Vivo X60t datang dengan memperoleh bekalan chipset MediaTek Dimensity 1100 SoC. Lain dengan Vivo X69 yang menggunakan chipset Exynos 1080 pada versi China, sedangkan Snapdragon 870 untuk versi globalnya.

Lalu pada segi penyimpanan, perangkat ini menawarkan varian RAM yang cukup besar yakni 8GB. Semakin pemasaran dengan spesifikasi yang terdapat pada HP Vivo X60t, berikut kita simak ulasannya.

Desain dan Layar

Dari segi layar, Vivo X60t hadir dengan mengusung panel layar datar atau flat berjenis E3 AMOLED seluas 6,56 inch yang memperoleh dukungan resolusi FHD+.

Layar ponsel terbaru Vivo ini juga mendukung refresh rate 120Hz serta touch rate 240Hz. Terdapat pula sertifikasi HDR10+ yang berfungsi untuk meningkatkan pengalaman visual yang lebih baik serta kelengkapan teknologi fingerprint terintegrasi.

Baca Juga : HP Vivo V21 5G, Meluncur Setelah Bersertifikasi di Indonesia

Pada bagian atas tengah layar Vivo X60t terdapat lubang punch hole yang memuat kamera selfienya. Seperti yang disebutkan sebelumnya, secara desain, perangkat ini nyaris identik dengan Vivo X60 yang merupakan versi reguler. Hanya aja, yang membedakan terdapat pada sejumlah spesifikasi.

Vivo X60t hadir dengan dimensi 159.6 x 75 x 7.4 mm dan berat 175.5 gram sehingga mampu memberikan tampilan ponsel yang cukup nyaman saat digunakan.

Kamera

Pada sektor kameranya, HP Vivo X60t memperoleh dukungan triple kamera bagian belakang lensa utama 48MP dengan sensor Sony IMX598m ZEISS, 4-axis OIS, lensa ultrawide 13MP, serta lensa potrait 13MP.

Lain dari versi regulernya, Vivo X60t memperoleh kelengkapan fitur Gimbal Stabilization. Sedangkan pada kamera depan hadir dengan resolusi lensa 32MP dan desain punch hole yang tersemat pada tengah atas layar.

Performa

HP Vivo X60t menjadi ponsel pertama dari Vivo seri X60 yang mengusung chipset MediaTek Dimensity 1100 5G. Dengan Octa-core (4×2.6 GHz Cortex-A78 & 4×2.0 GHz Cortex-A55) serta GPU Mali-G77 MC9. Prosesor tersebut juga memperoleh kelengkapan RAM sebesar 8GB dengan memori internal seluas 128GB.

Daya Baterai

HP Vivo X60t ditopang menggunakan baterai jenis Li-Po Non-removable berkapasitas 4300mAh dengan kelengkapan fast charging 33W melalui port USB Tipe C.

Fitur Pendukung

Dalam HP Vivo X60t juga memperoleh kelengkapan fitur pendukung lain yang cukup menarik. Seperti modul pemindai sidik jari yang telah tersemat pada bagian bawah permukaan layar atau in-display fingerprint.

Terdapat pula dukungan bluetooth 5.2 serta mengusung sistem operasi Android 11 yang telah memperoleh lapisan tampilan antarmuka OriginOs 1.0.

Baca Juga : HP Vivo Kamera Gimbal, Abadikan Moment dengan Kualitas Terbaik

Selain itu, Vivo X60t juga memperoleh kelengkapan fitur NFC degan konektivitas 5G yang siap mendukung aktivitas pengguna.

Untuk segi konektivitas telah tersemat Wi-Fi 802.11 a/b/g/n/ac, dual-band, Wi-Fi Direct, dan hotspot. Dengan dukungan GPS with dual-band A-GPS, GLONASS, BDS, GALILEO, serta USB Tipe-C, USB On-the-Go.

Vivo X60t resmi rilis yang terselenggara pada peluncuran online pada 8 April 2021 mulai pukul 18.30 WIB. Ponsel ini hadir dengan pilihan warna Gray dan Aurora.

HP Vivo X60t resmi rilis di Tiongkok dengan harga CNY 3,698 atau berkisar Rp 8,1 jutaan. Namun sayangnya, hingga saat ini masih belum terdapat informasi resmi mengenai kapan pastinya HP flagship satu ini akan meluncur secara global, termasuk di Indonesia. (R10/HR-Online)

Editor : Adi Karyanto