HP Xiaomi Redmi K40 Game Enhanced Edition, Berikut Spesifikasinya

HP Xiaomi Redmi K40 Game Enhanced Edition, Berikut Spesifikasinya
HP Xiaomi Redmi K40 Game Enhanced Edition. Foto: Ist/Net.

HP Xiaomi Redmi K40 Game Enhanced Edition merupakan salah satu ponsel gaming dengan performa handal. Namun harganya terbilang cukup mahal.

Untuk mengatasi hal tersebut, Xiaomi telah menyediakan ponsel gaming merek Redmi. Redmi historis berfokus pada pasar kelas menengah.

Spesifikasi HP Xiaomi Redmi K40 Game Enhanced Edition

Handset gaming terbaru dari Redmi telah terungkap secara detail. Termasuk diantaranya mengenai tanggal peluncuran dan tiba menjadi keluarga Redmi K40.

Seri ponsel terbaru ini mempunyai nama HP Xiaomi Redmi K40 Game Enhanced Edition. Kemudian untuk spesifikasinya berbeda dengan versi sebelumnya.

Pada bahu samping smartphone mempunyai desain kamera yang berbeda. Pasalnya, terdapat tiga lensa besar, kemudian cincin LED di sekitarnya. Saat mode game aktif, maka akan otomatis menyala.

Body dan Desain

Xiaomi Redmi K40 Game Enhanced Edition mempunyai ukuran 6.67 inci. Tipe layar menggunakan layar sentuh kapasitif Super AMOLED, 16 juta warna.

Resolusi layar 1080 x 2400 piksel dengan rasio 20 : 9. Kemudian untuk kerapatan pikselnya 395 ppi. Lebih menariknya lagi, pada body terdapat perlindungan Corning Gorilla Glass 5.

Baca Juga : HP Xiaomi Redmi 20X 5G Bawa Baterai 5000 mAh dan Harga Terjangkau

Selain itu, ada dukungan multitouch. Ukuran tubuh ponsel terbaru dari Xiaomi 163,3 x 75,4 x 8,9 mm. Lalu untuk beratnya 218 gram.

Tersedia berbagai warna pilihan yang elegan. Diantaranya adalah abu-abu, ungu, putih, dan biru. Banyaknya ketersediaan warna akan menjadikan pilihan semakin menarik.

Terdapat Dual SIM, Nano-SIM, dan dual stand by. Namun sayangnya, ponsel ini tidak memfasilitasi ketahanan terhadap debu dan air.

Kamera 64 MP

Tidak main-main dalam menyematkan sensor kamera pada ponsel terbarunya. Faktanya, HP Xiaomi Redmi K40 Game Enhanced Edition dibekali dengan empat buah kamera utama. Kamera utama lebar 64 MP dan telefoto 5 MP.

Baca Juga : Kelebihan HP Xiaomi Redmi 9T, Penasaran? Ini Ulasannya  

Sementara untuk sensor ultrawide 13 MP serta kedalaman 2 MP. Fitur menarik pada kameranya terdapat HDR, panorama, dan flash dua warna LED ganda. Kemudian untuk kamera depan mengusung kamera dengan resolusi 16 Mp lebar.

Performa Kencang

Pada sektor dapur pacu, ponsel mengusung chipset Dimensi 1200. OS menggunakan Android 11 dengan perpaduan CPU Octa-core. Sedangkan untuk GPU memakai Adreno 650. Namun ponsel terbaru Xiaomi ini tidak mempunyai slot kartu.

Performa akan semakin kencang berkat RAM yang cukup besar. RAM yang disematkan sebesar 8 GB dan penyimpanan internal 128 GB serta 256 GB.

Jaringan pada ponsel sangat lengkap, terdapat 5G band 1. Kemudian 4G LTE band 1, 3G HSDPA, dan 2G GSM. Selain itu, ada dukungan GPRS, kecepatan HSPA 42.2 / 5.76, serta LTE-A.

Baterai

Sektor daya pada HP Xiaomi Redmi K40 Game Enhanced Edition sangat menarik. Ponsel mengantongi baterai sebesar 5.000 mAh. Kelengkapan dari baterai berupa pengisian daya cepat 67W. Sedangkan untuk tipe baterai Li Polymer dan tidak dapat lepas.

Baca Juga : HP Xiaomi Redmi 9T Akan Mengusung RAM 6GB dan Baterai 6000 mAh

Pada sektor konektivitas, Xiaomi Redmi K40 Game Enhanced Edition menggunakan jack audio 24-bit 3.5 mm. Jaringan lainnya adalah sensor sidik jari yang berada di bawah tampilan dan optik. Kemudian ada Giro, Jarak, Kompas, Barometer, dan Akselerometer. 

Untuk koneksi ada Bluetooth 5.0, A2DP, LE, dan aptX HD. Lalu GPS dan WiFi menggunakan GLONASS, BDS, GALILEO, QZSS,  serta A-GPS dual-band. Selanjutnya USB 2.0 memakai konektor reversible Tipe-C 1.0 dan USB On-The-Go.

Kisaran Harga

Harga HP Xiaomi Redmi K40 Game Enhanced Edition menjadi salah satu hal menarik. Ponsel terbaru ini mengusung versi gaming dengan harga yang terjangkau.

Secara pasti belum ada informasi resmi mengenai harganya. Namun jika dilihat dari spekulasi harga jual dari Redmi, maka harganya tidak jauh berbeda. Smartphone ini dibanderol dengan harga $305 atau sekitar 4 jutaan.

Hal tersebut menjadikan ponsel ini menyandang predikat sebagai ponsel gaming paling murah. Apalagi dukungan chipsetnya berupa Dimensity 1200. 

Selain itu, memiliki delapan core yang berkonfigurasi 1+3+4. 1 core Cortex-A78 dan 3 core Cortex-A78 yang mempunyai kecepatan 2,6GHz. Selanjutnya 4 core irit daya Cortex-A55 yang berkecepatan 2 GHz.

Kelebihan lain dari ponsel ini adalah sudah ada tombol bahu khusus sebagai HP gaming. Sehingga akan memudahkan saat pengoperasian multi-jari jika sedang bermain game menembak. 

Apabila harga sesuai dengan taksiran, maka HP Xiaomi Redmi K40 Game Enhanced Edition menjadi ponsel gaming paling murah di pasaran. Ponsel Android terbaru dari Xiaomi ini sangat menarik bukan?. (R10/HR-Online)

Editor : Adi Karyanto