Ide Mendaur Ulang Jeans Bekas, Bisa Jadi Peluang Usaha

Ide Mendaur Ulang Jeans Bekas
Barang-barang dari hasil daur ulang jeans bekas. Foto: Ist/Net

Untuk kamu yang sedang mencari ide mendaur ulang jeans bekas, maka inilah beberapa barang yang bisa kamu buat. Celana jeans bekas atau jaket bahan denim merupakan favorite item yang harus harus ada di setiap lemari. Apalagi celana jeans mudah dipadu padan.

Namun, ada kalanya celana jeans kamu sudah kekecilan dan tak nyaman lagi dipakai. Daripada dibiarkan dan memenuhi lemari, lebih baik kita manfaatkan untuk membuat kerajinan. Ternyata, hasil kreasi berikut ini bisa menjadi barang yang bermanfaat untuk sehari-hari.

Baca Juga: Cara Merawat Baju Rajut agar Awet dan Tahan Lama

Enam Ide Mendaur Ulang Jeans Bekas

Apabila kamu ingin memanfaatkan jeans bekas agar tak memenuhi lemari, berikut beberapa ide yang mungkin bisa menginspirasi kamu:

Sampul Buku atau Binder

Bagi kamu yang punya kegiatan di kampus, pasti setidaknya memiliki sebuah binder untuk keperluan mencatat. Agar sampul binder tidak mudah sobek, saat gabut kamu bisa melapisinya dengan kain dari jeans tak terpakai.

Sampul binder dengan kain denim ini membuat buku catatan terkesan vintage, dan kamu bisa menambahkan dekorasi bunga dari kancing. Dengan keberadaan saku di bagian depan membuat kamu tak perlu bingung lagi mencari-cari pena karena sudah ada tempatnya.

Baca Juga: Cara Menentukan Ukuran Celana Agar Mendapat yang Sesuai

Tas Laptop

Biasanya saat kita membeli laptop pasti sudah termasuk tasnya. Tetapi, tas laptop bawaan cenderung lebih cepat rusak. Maka kamu perlu membeli lagi tas laptop dan ini membuat uang saku anak kost jebol.

Solusinya, ide mendaur ulang jeans bekas menjadi tas laptop akan menghemat pengeluaran. Bahan denim lebih awet dan memiliki masa pakai yang lama lho. Kamu bisa membuat pola dan menjahitnya dengan tangan atau mesin jahit agar lebih rapi.

Sandal Rumahan

Kalau hanya untuk di rumah atau kosan, boleh juga tuh memakai sandal hasil kreasi dari jeans bekas. Karena bahan denim memiliki serat yang kuat dan tidak mudah rusak, maka bisa dikreasikan menjadi sandal yang melindungi kaki.

Buat pola sesuai ukuran kakimu, lalu potong kain jeans untuk model sandal yang kamu inginkan. Kalau sering terjadi kasus pencurian sandal di kosan, gak rugi-rugi amat karena kamu bisa membuatnya lagi. Membuat sandal jeans untuk seseorang juga akan terasa lebih berkesan.

Tikar atau Alas

Di saat musim hujan, udara semakin dingin dan kamu hanya bisa tidur di kasur busa tanpa ranjang. Jika kamu memiliki celana jeans bekas, yuk jadikan itu semua sebagai bahan untuk membuat alas. Dengan menaruh alas di bawah kasur, kamu jadi tidak merasa dingin lagi saat berbaring.

Selain itu, alas yang terbuat dari jeans bekas juga bisa lho menjadi dekorasi ruangan yang mendatangkan suasana ceria. Bahan denim memang terasa nyaman di kulit, sehingga kamu pun bisa bersantai dan berguling-guling di atas tikar yang terbuat dari jeans.

Sarung Bantal

Punya banyak pakaian bekas, bingung mau dikemanakan? Jika sudah tak layak pakai, kamu bisa menggunting-gunting itu semua dan menggunakannya sebagai isian bantal. Baju couple dari mantan juga boleh banget kamu gunting atau sobek-sobek saja untuk dijadikan bahan isi bantal.

Jahit kain jeans menjadi sarung bantal, gunakan kreatifitasmu untuk menciptakan gaya sendiri. Tidak harus sempurna, yang penting bisa menjadi bantal empuk. Beberapa orang menyukai tempat tidur dengan banyak bantal.

Membuat Dompet

Sering kewalahan dengan kartu-kartu yang tercecer? Inilah ide mendaur ulang jeans bekas menjadi dompet. Serat kain jeans yang tak mudah rusak cocok dijadikan bahan dompet agar bisa menyimpan uang dengan aman. Kartu ATM, kartu identitas, bahkan kartu member minimarket untuk berburu diskon juga tersimpan dengan baik tanpa tergores berkat dompet dari kain denim.

Cara membuatnya pun cukup mudah karena ukurannya kecil. Kamu hanya perlu membuat pola dari dompet lamamu, lalu menjahitnya. Bahan kain yang dipakai juga sedikit jika hanya membuat satu buah dompet.

Itulah ide mendaur ulang jeans bekas menjadi barang-barang berguna. Pastikan kain yang kamu gunakan sudah dalam keadaan bersih ya. Kamu juga bisa menjadikan tips ini sebagai peluang membuka usaha kerajinan. (R7/HR-Online)

Editor: Ndu