Jalan Lingkar Selatan Ciamis Minim PJU, Dishub Harus Bertindak

Lingkar Selatan
Jalan Lingkar Selatan pada siang hari sangat terang. Namun, ketika malam hari terdapat beberapa titik yang kondisinya masih gelap. Foto: Eli Suherli/HR.

Berita Ciamis, (harapanrakyat.com),- Jalan Lingkar Selatan, Kabupaten Ciamis, Jawa Barat, masih minim fasilitas penerang jalan umum (PJU), sehingga rawan terjadi kecelakaan saat malam hari.

Pasalnya, jalan tersebut telah difungsikan Pemerintah Kabupaten Ciamis sebagai akses untuk kendaraan pengangkut barang seperti truk besar. Sehingga, fasilitas PJU perlu ditambah demi kenyamanan dan keselamatan para pengendara.

“PJU sangat diperlukan di jalur Lingkar Selatan. Apalagi masih banyak lokasi yang bisa menyebabkan kecelakaan karena kurangnya penerangan. Terlebih sekarang jalan tersebut sudah dilalui kendaraan truk besar,” kata Nur Mutaqin, anggota DPRD Kabupaten Ciamis, Senin (19/04/2021).

Menurutnya, saat melewati Jalan Lingkar Selatan pada siang hari sangat terang. Namun, ketika malam hari terdapat beberapa titik yang kondisinya masih gelap. Oleh karena itu, pihak pemerintah perlu menambah PJU.

Nur Mutaqin menyebutkan, lokasi jalan yang kondisinya sangat gelap berada di wilayah Kelurahan Cigembor, tepatnya jalan yang menggunakan ready mix. Karena, setiap sisi jalan banyak tumbuh pepohonan tinggi, sehingga menjelang malam hari kondisi jalan menjadi sangat gelap.

“Kondisi seperti itu sangat bahaya kalau jalan tidak ada fasilitas PJU. Selain menanjak kalau dari arah Bojong, juga jalur tersebut sering macet ketika banyak kendaraan truk besar bermuatan berat lewat,” terangnya.

Baca Juga : Wacana PTM, Bapemperda DPRD Ciamis Minta Semua Guru Divaksin

Maka dari itu, pihak Dinas Perhubungan Kabupaten Ciamis harus segera mengambil tindakan dengan memasang PJU sepanjang jalur Lingkar Selatan. Sehingga bisa mengurangi angka rawan kecelakaan.

Banyak PJU di Jalur Lingkar Selatan Ciamis Tak Berfungsi

Memang, kata Nur Mutaqin, ketika masuknya dari arah Banagara, PJU sudah banyak terpasang. Tetapi di pertengahan jalan dari Cigembor hingga ke Bojong sampai Cijeungjing, PJU masih kurang. Kalaupun ada PJU, semuanya sudah tidak lagi berfungsi.

“Selain memasang PJU baru, tentunya pihak Dinas Perhubungan juga harus memeriksa keberadaan PJU yang sudah terpasang dan tidak menyala untuk mendapatkan perbaikan,” ujarnya.

Nur Mutaqin menambahkan, Jalan Lingkar Selatan Ciamis merupakan jalur alternatif yang sangat bagus. Selain kendaraan besar yang biasanya melewati jalur perkotaan teralihkan, juga membuka jalur perekonomian bagi warga sekitar.

Karena, tidak sedikit warga pelaku usaha yang mendapatkan tambahan penghasilan. Terutama yang memiliki warung makan. (Es/R3/HR-Online)

Editor : Eva Latifah