Jelang Ramadan, DKUKMP Ciamis Sidak Pasar Cek Harga Sembako

DKUKMP Ciamis Sidak Pasar
Petugas DKUKMP Ciamis saat sidak di Pasar Manis Ciamis. Foto: Ferry/HR

Berita Ciamis, (harapanrakyat.com),- Menjelang bulan Ramadaan, petugas gabungan dari Dinas Koperasi, UKM dan Perdagangan (DKUKMP) Kabupaten Ciamis melakukan inspeksi mendadak (Sidak) ke Pasar Manis Ciamis, Rabu (7/4/2021).

Dalam sidak tersebut, sebagai upaya untuk mengecek harga kebutuhan pokok menjelang bulan Ramadan.

Selain mengecek harga sembako, petugas gabungan dari DKUKMP, Dinas Peternakan dan Perikanan, Dinas Kesehatan serta TNI dan Polres Ciamis juga melakukan pemantauan terhadap toko obat-obatan dan kosmetik.

Kepala DKUKMP Ciamis, David Firdha mengatakan, sidak ini berkaitan dengan beberapa hal, yang pertamanya berkaitan jelang bulan puasa. Selain itu juga, pihaknya memantau toko obat dan kosmetik untuk mengetahui terkait izin edarnya.

“Dalam pemantauan tadi memang ada beberapa komoditas yang mengalami kenaikan harga. Diantaranya daging sapi naik jadi Rp 120 ribu per kilogramnya. Sedangkan telur ayam yang naik Rp 24 ribu per kilogramnya,” katanya.

Dalam upaya menstabilkan harga kebutuhan pokok, kata David, pihaknya melakukan koordinasi dengan pihak distributor. Setelah itu, pihaknya juga akan berkomunikasi dengan Bulog. Hal itu agar bisa melihat kenaikan harga dari mulai awal bulan Ramadan sampai akhir bulan.

“Untuk operasi pasar, tentu itu menjadi bahan pemikiran ķita nantinya selama bulan Ramadan. Namun demikian kita tunggu saja nanti gimana hasilnya,” pungkasnya.

Dalam sidak terkait harga kebutuhan pokok sehari-hari, DKUKMP Ciamis tidak hanya memantau di Pasar Manis Ciamis saja. Namun juga sidak di beberapa pasar yang dikelola oleh Pemerintah Daerah seperti halnya, Pasar Pamarican dan Banjarsari. (Ferry/R7/HR-Online)

Editor: Ndu