Sabtu, Desember 4, 2021
BerandaBerita TerbaruJenis Kayu untuk Lantai Rumah Beragam, Berkualitas Harga Terjangkau

Jenis Kayu untuk Lantai Rumah Beragam, Berkualitas Harga Terjangkau

Jenis kayu untuk lantai rumah nyatanya berpengaruh terhadap tampilan lantai rumah tersebut. Saat ini juga banyak tersedia berbagai jenis lantai dari kayu yang sudah beredar di pasaran. Bahkan mereka menawarkan berbagai macam kelebihan juga harganya.

Faktanya juga, lantai dengan jenis kayu saat ini menjadi marak dan pilihan paling populer. Pemilihan mengenai hal ini tentunya bukan tanpa alasan. Pasalnya, lantai dengan kayu mempunyai berbagai macam kelebihan.

Beberapa Jenis Kayu untuk Lantai Rumah yang Bisa Anda Gunakan

Perlu anda tahu, tidak semua jenis kayu mempunyai kualitas yang baik. Selain itu, juga tidak semua jenis kayu bisa anda gunakan sebagai lantai. Pastinya sebagai lantai, pilih kualitas yang sudah terbukti. Langsung saja kita simak apa saja jenis-jenisnya.

Baca Juga: Desain Rumah Modern 2 Lantai Solusi Agar Tidak Ketinggalan Zaman

Lantai dengan Kayu Jati

Kualitas mengenai kayu jati memang sudah tidak dipungkiri. Bahkan jenis kayu untuk lantai rumah ini sudah terkenal di mana-mana. Daya tahan dari jati ini juga sangat tahan lama. Karena itulah banyak yang menggunakan kayu ini sebagai bahan material lantai.

Karakteristiknya tidak hanya itu saja, melainkan jenis kayu ini juga tahan terhadap serangan rayap, pembusukan, dan jamur karena udara lembab. Namun yang perlu anda ketahui adalah kayu ini juga memiliki kandungan minyak.

Minyak tersebut mempunyai fungsi sebagai pelindung dari berbagai bentuk hal yang merugikan. Jadi, wajar saja jika banyak konsumen yang memilih jenis material untuk lantai ini.

Lantai Rumah dengan Kayu Ulin

Ulin adalah salah satu jenis kayu untuk lantai rumah yang banyak tumbuh di hutan Kalimantan. Kayu ini juga memiliki kualitas tinggi dengan kekerasan dan keawetan kelas 1.

Baca Juga: Rumah Mewah 2 Lantai Klasik Pilihan Desain Terkini Zaman Milenial Ini

Kayu ini juga sering digunakan sebagai konstruksi dalam berbagai jenis bangunan. Misalnya dermaga, tiang rumah, plafon rumah kayu, atap sirap, dinding rumah, konstruksi jembatan, decking kayu, juga bantalan kereta.

Untuk mendapatkannya juga sangat susah karena tanaman ulin ini termasuk dalam tanaman yang dilindungi. Sehingga butuh izin terlebih dahulu untuk bisa mendapatkannya. Apalagi untuk pengiriman ke luar pulau Kalimantan. Sehingga wajar saja jika kayu ini memiliki harga yang mahal.

Lantai Kayu Bengkirai

Memiliki tingkat keawetan serta kuat kelas 1 dan 2. Karena kekuatan dan keawetannya tersebut, seringkali kayu ini dijadikan untuk material konstruksi berat, seperti halnya atap.

Bukan hanya itu saja kelebihan dari salah satu jenis kayu untuk lantai rumah ini. Ketahanannya dalam segala keadaan cuaca juga menjadi nilai plus tersendiri. Bahkan banyak pengguna yang menjadikannya sebagai bahan bangunan material luar.

Kayu Merbau yang Berkualitas

Merbau juga termasuk dalam jenis kayu untuk lantai rumah. Mengenai kualitasnya memang tidak perlu anda ragukan lagi. Karena kualitasnya hampir sama dengan kayu jati.

Baca Juga: Inspirasi Denah Rumah Minimalis 2 Lantai Terbaru Anti Mainstream

Warnanya yang unik dengan coklat kemerah-merahan membuat kayu ini memiliki banyak peminat. Bahkan jenis ini juga sudah terbukti best terhadap serangan serangga. Tahan terhadap berbagai jenis cuaca juga menjadi keunggulan yang dimiliki kayu ini.

Perlu anda ketahui bahwa asal dari kayu ini adalah Irian Jaya. Saat ini kayu tersebut juga termasuk dalam kayu terlaris. Menjadi bahan terbaik untuk flooring, decking, dan bahan lainnya.

Sungkai Lantai Rumah

Harga selalu saja menjadi patokan utama setiap hendak melakukan pembelian. Namun, jika anda memilih jenis kayu untuk lantai rumah ini, tenanglah. Pasalnya, harganya sangatlah terjangkau. Mengenai kualitasnya juga sudah tidak perlu anda ragukan lagi.

Keunikannya adalah mempunyai warna yang kuning keemas-emasan. Banyak orang juga yang menggunakan kayu ini sebagai elemen dekoratif, kayu perkakas, bangunan, lantai, juga papan dan seni ukir.

Sonokeling Tak Terkalahkan

Selain nama-nama kayu di atas, jenis kayu untuk lantai rumah ini juga mempunyai kualitas yang tak perlu anda ragukan lagi. Bahkan kualitasnya juga hampir sejajar dengan kayu jati.

Tidak hanya keawetan dan kekerasannya saja, akan tetapi juga mempunyai warna unik dan khas yakni hitam. Dengan demikian, banyak yang memilih kayu ini sebagai material lantai.

Nah, dari beberapa nama-nama kayu tersebut, anda bisa memilih sendiri menggunakan jenis kayu untuk lantai yang seperti apa. Karena memang semua kualitas kayu tersebut terbukti unggul. (R10/HR-Online)

Editor: Dadang

- Advertisment -