Jenis Motif Batik yang Berada di Indonesia dengan Ciri Khasnya

Jenis Motif Batik yang Berada di Indonesia dengan Ciri Khas
Ilustrasi Jenis Motif Batik. Foto: Ist/Net

Jenis motif batik banyak sekali yang bisa anda jumpai di Indonesia. Batik sendiri adalah kain khas dari Indonesia yang sudah terpakai dari zaman dahulu kala.

Dulu, batik biasa masyarakat gunakan dalam pakaian sehari-hari. Biasanya dalam pemakaian kain batik akan mereka kombinasikan dengan pakaian adat lainnya atau kebaya.

Kata batik sendiri berasal dari bahasa Jawa yakni ambhatik yang berasal dari kata amba mempunyai artian lebar, luas, dan kain. Sedangkan kata batik mempunyai artian titik atau matik.

Dari kedua kata itu, berkembang menjadi sebuah istilah batik yang memiliki artian membuat sebuah titik-titik pada kain yang lebar. Untuk artian yang umum, batik yaitu kain bergambar yang telah terbuat secara khusus dengan menggunakan tulisan atau menerapkan malam pada kain.

Telah sah sejak 2 Oktober 2009 sebagai Warisan Kemanusiaan untuk Budaya Lisan dan Nonbendawi oleh UNESCO. Hal tersebut membuat popularitas batik semakin meningkat.

Sekarang ini, batik memiliki kesan yang tidak lagi kuno, akan tetapi cenderung ke elegan dan berkelas. Bukan hanya menjadi sebuah pakaian saja, melainkan saat ini motif batik bisa juga anda aplikasikan pada dekorasi rumah.

Baca Juga : Model Baju Batik Kombinasi Lengkap dengan Berbagai Motif Pilihan

Inilah Jenis Motif Batik yang Ada di Indonesia

Berbicara mengenai batik, belum lengkap rasanya jika tidak membahas mengenai aneka motif batik khas dari berbagai daerah yang berada di Indonesia. Simak ulasan berikut ini.

Megamendung

Megamendung merupakan salah satu jenis motif kain batik yang menjadi ciri khas daerah Cirebon. Motif ini memiliki bentuk khas awan besar dengan warna mencolok dan cerah. Terdapat beberapa warna yang biasanya terpakai untuk batik Megamendung, yaitu merah tua, ungu, biru, dan hijau tua.

Tujuh Rupa Pekalongan

Pekalongan adalah salah satu daerah yang populer dengan daerah pengrajin batik serta menjadi pusat batik. Terdapat beragam motif elegan yang telah banyak hadir di kota Pekalongan.

Adapun ciri khas dari batik Pekalongan ini yakni dominan dengan motif hewan dan tumbuh-tumbuhan. Biasanya pula, batik motif ini sangat cantik jika kombinasi dengan pakaian yang polos.

Baca Juga : Long Dress Batik Kombinasi, Rekomendasi Style Busana Resmi Masa Kini

Parang Rusak

Jenis motif batik ini sangat terkenal untuk kalangan pecinta batik. Parang rusak memiliki artian yang mendalam, yaitu sebuah peperangan manusia dalam melawan nafsu dan sifat buruk selama hidupnya. Biasanya sering terpakai untuk beragam kerajinan dari bahan batik.

Keraton

Jenis motif batik yang satu ini merupakan batik yang awal mulanya khusus untuk para putri dan pengrajin batik yang berada pada lingkungan keraton. Motif yang satu ini sangat kental dengan nuansa sakral, elegan, dan sarat akan filosofi kehidupan.

Priangan Tasikmalaya

Batik ini mempunyai ciri khas dengan corak yang rapi, rapat, serta berkelas. Selain itu, identitas dari motif ini yakni rumput dan tumbuh-tumbuhan.

Lasem

Batik ini asal usulnya dari daerah yang bernama Lasem, terletak pada perbatasan Jawa Tengah dan Jawa Timur. Dengan ciri khasnya berwarna merah menyala. Hal ini karena adanya pengaruh dari kebudayaan Cina.

Baca Juga : Blazer Batik Wanita, Lengkapi Gaya Busana dengan Pilihan Beragam

Batik Bali

Jenis motif batik berikutnya yang tidak kalah populernya ini berasal dari Pulau Dewata. Pada motif ini terinspirasi dari berbagai hewan.

Misalnya saja kura-kura, burung bangau, dan rusa. Untuk warnanya sendiri didominasi oleh warna cerah seperti biru, kuning, dan ungu.

Malang

Kota Malang merupakan suatu kota yang berada di Jawa Timur. Kota ini juga mempunyai motif yang menjadi sebuah kebanggaan.

Mempunyai ciri khas yakni berwarna cerah. Jenis motif batik Malang sangat unik dengan adanya kombinasi gambar-gambar candi yang terdapat pada kota tersebut.

Betawi

Jangan salah, Jakarta juga mempunyai jenis motif batik. Biasanya batik Betawi sering tampil pada pameran kebudayaan Betawi ataupun dipakai pada acara-acara yang bergengsi. Contohnya seperti perhelatan Abang None Jakarta.

Terdapat pilihan warna-warna cerah yang sangat mencolok dikombinasikan dengan motif unik khas dari Betawi, seperti ondel-ondel, pucuk rebung, nusa kelapa, serta gambang kromong.

Jenis motif batik ini menjadi ciri tersendiri dari batik Betawi. Dari sekian banyak motif batik yang ada di Tanah Air, mana yang anda sukai untuk melengkapi gaya fashion anda? (R11/HR-Online)

Editor : Eva Latifah