Jenis Penyakit Genetik dan Faktor Penyebabnya yang Wajib Anda Tahu

jenis penyakit genetik
Kenali jenis penyakit genetik. Foto: Ist/Net

Jenis penyakit genetik cukup beragam. Dari diabetes mellitus, asma, hingga penyakit berbahaya. Namun yang menarik, gangguan mental juga berhubungan dengan faktor genetika. Karena itu penting mengenal apa saja penyakit genetik ini.

Penyakit genetik adalah jenis penyakit yang terjadi karena adanya faktor gen keturunan. Jenis penyakit semacam ini biasanya akan menurun dari orang tua ke anak-anaknya yang akan meningkatkan resikonya.

Biasanya satu keluarga yang mengidap suatu penyakit berpotensi untuk menurunkannya ke generasi selanjutnya. Beberapa penyakit genetik dapat sembuh namun ada juga yang tidak dapat sembuh total.

Penurunan penyakit ini tak selamanya dari orang tua yang langsung kepada anak. Ada juga penyakit jenis ini yang penurunannya secara tidak langsung ke anak. Namun risiko penyakit ini bersifat potensial.

Sebagai contoh, jika anda atau kakek anda menderita salah satu penyakit genetik tapi tidak langsung menurun ke orang tua anda. Namun saat anda memiliki anak dan ternyata anak anda yang bisa terkena penyakit tersebut.

Baca Juga : Penyebab Tangan Gemetar, dari Minum Kopi hingga Penyakit Serius

Penyebab dan Jenis Penyakit Genetik

Penyakit genetik dapat muncul karena beberapa sebab. Seperti adanya kelainan genetika yang menurun dari orang tua. Pola hidup yang kurang sehat juga bisa memicu dan mengakibatkan timbulnya penyakit genetik,

Begitu pula ketergantungan pada zat tertentu juga bisa memicu penyakit ini. Berikut adalah beberapa jenis penyakit genetik yang cukup populer dan banyak terjadi yang sebaiknya anda tahu.

Albino

Albino merupakan salah satu jenis penyakit yang terjadi akibat kelainan genetika. Penyebab penyakit ini adalah karena terganggunya sistem produksi melanin pada tubuh.

Hal ini menyebabkan tubuh tidak memiliki kemampuan untuk menggelapkan warna kulit dan rambut. Hal inilah yang menyebabkan kulit dan rambut akan cenderung berwarna putih.

Baca Juga : Penyebab Penyakit Lupus dan Gejalanya yang Harus Diwaspadai

Albino merupakan penyakit langka karena kurang dari dua persen populasi manusia yang menderita penyakit ini. Faktor gen menjadi penyebab utama jenis penyakit genetik ini.

Penderita albino biasanya dapat langsung kita kenali dari penampilannya. Penderita gangguan ini akan terlihat dari kulitnya yang berwarna putih pucat dan rambutnya yang semu pirang.

Hemofilia

Hemofilia merupakan penyakit kelainan pada darah. Penyakit ini mengakibatkan darah sulit untuk membeku karena berkurangnya produksi faktor pembekuan darah pada kromosom X.

Berdasarkan dari jumlah kasus yang ada, kebanyakan orang yang menderita kelainan ini adalah laki-laki. Sedangkan perempuan umumnya hanya bersifat sebagai carrier atau pembawa.

Jika anda atau keluarga anda ada yang menderita penyakit ini kemungkinan juga anak anda akan mengalami hemofilia sejak dini. Anda bisa mencoba mengenal riwayat kesehatan keluarga untuk mengantisipasinya.

Diabetes Mellitus

Diabetes mellitus juga merupakan jenis penyakit genetik yang umum kita temukan di Indonesia. Penyakit yang sering kita sebut dengan kencing manis ini termasuk berbahaya dan banyak menimbulkan kematian.

Diabetes mellitus adalah penyakit saat tubuh kesulitan untuk memproses zat gula menjadi energi. Kekurangan zat insulin yang menyebabkan hal ini bisa terjadi. Banyak masyarakat kita memiliki gen untuk menurunkan penyakit ini.

Baca Juga : Penyebab Penyakit Amnesia, Jenis dan Cara Mengatasinya

Selain itu orang yang memiliki kecenderungan antigen leukosit akan memiliki risiko tinggi mengidap penyakit ini. Ini karena pembekuan darah yang menjadi sulit. Jika penderitanya mengalami luka maka akan sulit untuk tertutup.

Asma

Asma merupakan suatu jenis penyakit genetik yang menyerang sistem pernafasan. Penyakit ini menyebabkan gangguan pernapasan sehingga penderitanya akan kesulitan untuk bernafas.

Pada kasus yang lebih parah penderita juga mengalami gagal pernapasan. Faktor genetika yang mempengaruhi penderita asma sebesar 30 persen. Perempuan atau ibu adalah yang paling sering menurunkan penyakit asma ini.

Gangguan Mental

Faktor genetik ternyata juga akan berpengaruh pada mental seseorang. Hal ini karena rata-rata sifat dan kepribadian orang tua akan menurun pada anak.

Beberapa penyakit gangguan mental karena faktor genetika ada beberapa yang terkenal. Seperti skizofrenia, bipolar, autism, serta gangguan obsesif kompulsif yang juga bisa menurun lewat faktor gen.

Itulah beberapa jenis penyakit genetik yang banyak terjadi pada masyarakat kita. Dengan mengenal faktor yang menjadi penyebabnya akan memudahkan kita untuk penanganan dan pengobatan jika ada anggota keluarga yang mengalaminya. (R11/HR-Online)

Editor : Eva Latifah