Kabin Mobil Kemasukan Air, Deretan Penyebab Ini Harus Anda Waspadai

Kabin Mobil Kemasukan Air
Ilustrasi Kabin Mobil Kemasukan Air. Foto: Ist/Net

Kabin mobil kemasukan air menjadi permasalahan yang besar dan perlu anda perhatikan. Berkendara pada saat hujan tentu tidak menjadi masalah ketika anda menggunakan mobil.

Tetapi hal ini tidak berlaku jika kondisi mobil anda bermasalah sehingga air hujan bisa masuk ke dalam kabin mobil. Jika kondisi sudah seperti ini, tentu saja membuat berkendara anda tidak nyaman.

Perawatan bisa anda lakukan dengan mengecek karet atau seal yang posisinya tersebar di sekitaran eksterior hingga interior. Jika anda membiarkan hal ini, bisa menimbulkan permasalahan baru seperti munculnya bau tidak sedap dalam mobil anda.

Penyebab Kabin Mobil Kemasukan Air

Air hujan yang masuk ke dalam mobil akan mengakibatkan mobil menjadi bau dan kotor. Bukan hanya itu saja, mobil anda akan mengeluarkan bau apek yang membuat berkendara anda tidak nyaman lagi. Jika terlalu lama anda biarkan, akan membawa masalah baru, khususnya pada interior.

Air hujan yang masuk melalui dashboard dapat menimbulkan korsleting listrik. Tak hanya itu, karena air hujannya mengandung zat asam, maka bisa mempercepat proses korosi pada lantai mobil.

Berikut beberapa penyebab yang sering terjadi, sehingga kabin mobil anda kemasukan air.

Adanya Keropos pada Sekeliling Kaca

Pinggir karet kaca merupakan bagian yang rawan terjadi keropos. Permasalahan ini sering anda jumpai pada mobil yang berusia lebih dari 10 tahun. Pengeroposan timbul karena adanya benjolan kecil pada sekeliling kaca, baik depan maupun belakang.

Karet pada kaca mobil fungsinya untuk mencegah air tidak masuk ke dalam ketika jendela tertutup. Selain itu, hal ini bisa menjadi pelindung gerak saat kaca naik atau turun.

Namun, pada saat karet kaca mulai getas atau rapuh, maka akan mengakibatkan kabin mobil kemasukan air melalui bilik-bilik kaca.

Pemasangan Kaca Mobil yang Kurang Rapat

Kaca mobil merupakan elemen yang sangat penting untuk sirkulasi udara. Untuk itu, pemasangan kaca mobil yang kurang rapat menjadi satu penyebab kabin mobil kemasukan air. Jika kaca mobil sudah pecah atau retak, mungkin anda bisa membawanya ke bengkel untuk mengganti kaca yang baru.

Untuk itu, pada saat anda memasangkan kaca mobil kembali, pastikan pemasangan kaca sudah benar-benar rapat. Perawatan interior mobil pada musim hujan juga akan mengurangi risiko terjadinya hal ini. Misalnya dengan menjaga kebersihan karpet dan komponen lainnya pada mobil.

Lantai Mobil Keropos

Selain lewat atas air juga bisa masuk dari bawah lantai pada saat musim hujan. Lantai mobil yang keropos memudahkan air masuk ke dalam, terutama saat menerjang genangan air.

Baca Juga : Membersihkan Kabin Mobil, Cara Tepat untuk Terhindar dari Virus

Hal ini bisa anda ketahui dengan memperhatikan kabin bagian atas. Jika pada bagian atas kabin tidak bocor, namun karpet mobil menjadi basah, kemungkinan lantai mengalami keropos yang cukup parah.

Pengeroposan ini sering terjadi pada mobil-mobil jenis sedan yang sering bersentuhan dengan air. Untuk mengatasi hal ini, anda perlu membawa mobil ke tukang las untuk melakukan penambalan.

Sebagai tambahan untuk menghindari lantai tidak gampang keropos, anda bisa memberikan cat anti karat. Hal ini merupakan cara yang cukup efektif untuk menghindari kabin mobil kemasukan air.

Plastik Penahan Air pada Door Trim

Sebenarnya ada plastik penahan air yang berada pada bagian door trim. Anda dapat mengeceknya apakah telah terpasang dengan benar atau tidak.

Baca Juga : Cara Menghilangkan Bau Kabin Mobil Baru, Berkendara Semakin Nyaman

Sebenarnya hanya bagian kecil air saja yang bisa masuk ke dalam pintu ini. Namun air yang masuk tidak akan menembus bagian pintu dalam sebab ada plastik penahan air. Sehingga air hujan yang masuk akan mengalir ke bawah dan keluar melalui saluran pembuangan air yang ada di bawah pintu.

Pemasangan Kaca Mobil yang Tidak Pas

Pemasangan aksesoris pada bagian eksternal dengan mengebor body mobil akan menimbulkan risiko yang cukup tinggi. Hal ini akan menjadi penyebab air hujan masuk ke kabin mobil.

Air hujan akan masuk melalui lubang-lubang tersebut dan menyebabkan kabin mobil kemasukan air. Untuk itu, proses pemasangan aksesoris ini penting anda perhatikan. Pemasangan yang tepat dan rapat bisa terlihat dari kondisi lem dan sealer yang tertutup sempurna. (R10/HR-Online)

Editor : Adi Karyanto