Sabtu, Oktober 23, 2021
BerandaBerita TerbaruKandungan Skincare dan Manfaatnya, Sesuaikan dengan Jenis Kulit Kamu

Kandungan Skincare dan Manfaatnya, Sesuaikan dengan Jenis Kulit Kamu

Dalam merawat kulit, tentu kita perlu mengetahui kandungan pada skincare dan manfaatnya. Dengan begitu kita bisa menemukan ingredients yang sesuai untuk kondisi kulit saat ini.

Jika kamu menggunakan ingredient pencerah namun masalahmu berjerawat, tentu perawatan yang kamu gunakan tidak memberi hasil optimal.

Agar perawatan memberi hasil sesuai harapan, penting bagi kita untuk mengetahui apa saja kandungan yang bermanfaat bagi kulit. Jika sudah tahu nama ingredients dan manfaatnya, maka kita akan lebih mudah menemukan produk yang cocok tanpa berlama-lama.

Baca Juga: Urutan Skincare di Malam Hari, Wajah Lebih Cerah

Ulasan Kandungan Pada Skincare dan Manfaatnya

Berikut ini kandungan pada sejumlah skincare menyesuaikan dengan manfaat yang ingin didapat dari penggunaan skincare tersebut:

Brightening (Mencerahkan)

Wajah kusam tentu menjadi masalah apalagi jika kamu sering terkena sinar matahari tanpa menggunakan tabir surya. Untuk kamu yang ingin mencerahkan kulit, maka harus mencoba beberapa kandungan di bawah ini.

Alpha Arbutin: Dapat digunakan untuk menghilangkan flek dan noda gelap di wajah. Kandungan pada skincare satu ini bisa membuat warna kulit jadi lebih merata.

Niacinamide: Salah satu kandungan pada skincare ini memiliki manfaat bisa membuat pigmentasi pada kulit berkurang. Caranya, niacinamide dapat memperlambat produksi melanin saat wajah terkena sinar matahari. Semakin banyak produk skincare lokal yang menggunakan niacinamide ke dalam komposisinya dan harganya pun terjangkau.

Baca Juga: Rekomendasi Sunscreen Terbaik, Cegah Wajah Kusam dan Terbakar

Ethyl Ascorbic Acid: Turunan dari senyawa vitamin C  yang lebih stabil namun tetap berfungsi untuk mencerahkan kulit. Jika sudah mencoba berbagai macam skincare brightening namun tak ada hasil, kamu bisa mencoba skincare yang memiliki kandungan ini.

Licorice: Memiliki kandungan yang mampu untuk menghambat kerja enzim tirosinase yang berfungsi membentuk melanin. Kandungan licorace pada skincare ini memiliki manfaat yang bisa mencerahkan kulit apabila dipakai secara rutin, oleh karena itu jangan lupa pertimbangkan sebagai ingredients pencerah.

Anti Acne (Menghilangkan Jerawat)

Kemunculan jerawat juga merupakan masalah kulit yang mengganggu. Apalagi wanita mudah terkena jerawat meski sudah memakai skincare secara rutin, karena pengaruh hormon saat memasuki siklus menstruasi. Perubahan cuaca dan stress karena pekerjaan juga bisa memicu timbulnya jerawat.

Baca Juga: Facial Foam Sesuai Jenis Kulit, Jangan Salah Pilih!

Salicylic Acid: Fungsi dari senyawa ini adalah untuk membunuh bakteri, dengan bekerja ke lapisan lebih dalam untuk mengangkat sel kulit mati. Pada produk eksfoliator, kandungan pada skincare ini disebut BHA. Kemampuannya mengangkat sel kulit mati bekerja jauh ke dalam pori-pori sehingga bisa menghilangkan jerawat dan komedo.

EGF (Epidermal Growth Factor berperan sebagai senyawa yang membantu penyembuhan kulit. EGF akan sangat dibutuhkan jika masalah jerawat sudah tergolong akut sehingga kulit butuh ingredient yang dapat sel kulit menyembuhkan diri.

Vitamin A: Ingredient ini merupakan senyawa yang merangsang pergantian sel kulit. Biasanya dokter kulit akan meresepkan vitamin A untuk mengatasi masalah jerawat.

Camellia: kandungan yang ada pada skincare memiliki manfaat dapat membunuh bakteri penyebab jerawat. Karena berasal dari tumbuhan, maka senyawa ini bersifat alami dan tidak menimbulkan iritasi. Cocok untuk kamu yang ingin menghilangkan jerawat namun memiliki kulit yang sensitif.

Anti Aging (Menghambat Penuaan)

Seiring bertambahnya usia, kulit menunjukkan tanda-tanda penuaan berupa keriput dan garis halus. Kontur wajah juga berangsur mulai kendur, namun ada beberapa kandungan pada skincare yang dapat membuat kulit tetap elastis. Sehingga kamu tetap terlihat awet muda meski usia bertambah.

Retinol: senyawa turunan dari vitamin A yang berfungsi merangsang pergantian sel kulit.

Peptide: Senyawa protein yang mirip seperti kolagen, karena seiring dengan usia, produksi kolagen dari tubuh berkurang.

Yeast: Antioksidan yang mampu memperkuat struktur kulit dan menghasilkan sel kulit sehat.

Tocopheryl: Salah satu bentuk dari vitamin E kaya akan antioksidan yang mampu melindungi kulit dari radikal bebas.

Hydration (Melembabkan)

Mungkin banyak yang masih mengabaikan hal ini, namun hidrasi adalah kebutuhan kulit yang harus terpenuhi. Apabila kulit terhidrasi dengan baik, maka akan tampak sehat dan segar.

Hyaluronic acid: Kandungan Senyawa yang biasanya ada pada skincare, memiliki manfaat mampu menarik air sebanyak 1000 kali dari massanya.

Glycerin: Mampu menyerap air dan udara serta mengunci air di dalam kulit.

Panthenol: Turunan dari Vitamin B5 memiliki fungsi untuk menjaga kelembaban kulit.

Skin Repair (Memperbaiki Kulit)

Kulit yang rusak akan menimbulkan reaksi alergi. Biasanya terjadi ketika kulit sedang sensitif, sehingga perlu kandungan pada skincare yang dapat memperbaiki kerusakan dari dalam.

Squalene: Teman baik kulit kamu, dapat membentuk lapisan yang menjaga kelembaban kulit.

Calendula; Ekstrak tanaman yang memiliki kandungan hydration dan non-irritating. Selain itu, calendula juga memiliki sifat anti inflamasi.

Ceramide: Efek dari ceramide adalah mengunci kelembaban kulit, sangat baik untuk memperbaiki skin barrier kamu yang rusak.

Astaxanthin: Memiliki kandungan soothing dan anti inflamasi untuk memperbaiki skin barrier yang rusak.

Itulah kandungan pada skincare dan manfaatnya yang bisa menjadi bahan pertimbangan untuk kamu serius merawat kulit. Menggunakan skincare juga perlu sesuai urutan, agar bisa memberi hasil sesuai harapan. (R7/HR-Online)

Editor: Ndu

- Advertisment -

Berita Terbaru

spot_img