Kelebihan HP Realme 8 Berikut Harganya di Indonesia

Kelebihan HP Realme 8
Ilustrasi Kelebihan HP Realme 8. Foto : Net/Ist

Ada beberapa kelebihan yang HP Realme 8 ini bawa. Kelebihan tersebut bisa menjadi salah satu daya tarik, untuk memikat calon konsumen yang akan membeli smartphone baru.

Sebagai bahan informasi, Realme 8 sendiri hadir pertama kali ke pasar ponsel Indonesia pada 7 April 2021 lalu.

Tentunya, kehadiran dari seri terbaru besutan vendor smartphone asal China ini banyak yang menunggu-nunggu. Pasalnya, seperti pemasaran produk Realme lainnya di Indonesia, selalu saja sold out atau laris manis.

Baca Juga : HP Realme 8 Series Dengan Kamera 108 MP Siap Dobrak Indonesia

Adapun yang Realme bawa untuk seri 8 ini ada 2 versi, yang pertama adalah versi reguler, dan kedua yaitu Pro. Dan sudah pasti versi Pro lebih baik dalam hal spesifikasi ketimbang yang reguler.

Meski begitu, bukan berarti yang reguler kalah bersaing dengan vendor smartphone lain di kelasnya.

Apa Saja Kelebihan HP Realme 8?

Pada triwulan pertama tahun 2021 ini, pihak Realme sudah mengeluarkan ponsel pintar paling baru. Masing-masing smartphone tersebut memiliki spesifikasi dan kelebihan dan harga tersendiri.

Mengenai tentang kelebihan yang Realme 8 ini bawa, berikut ulasannya yang HR Online rangkum dari berbagai sumber.

Empat Kamera Belakang

Kelebihan dari HP Realme 8 yang pertama yaitu pada sektor fotografi. Mengutip dari situs resmi Realme Indonesia, smartphone ini membawa 4 kamera sekaligus pada bagian belakang.

Salah satu dari keempat kameranya itu memiliki resolusi yang tidak main-main, yaitu sampai 64 megapiksel (MP) bertindak sebagai lensa wide. Adapun kamera utamanya ini memiliki bukaan besar yakni f/1.79, serta lensa 6P.

Kemudian, kamera yang kedua beresolusi 8 MP dengan aperture lensa f/2.3, bertindak sebagai lensa ultrawide dan bisa mengambil sudut pandang sampai 119 derajat.

Baca Juga : Kelebihan HP Realme C17, Harga Terjangkau dengan 4 Kamera

Selanjutnya kamera berkekuatan 2 MP dengan bukaan lensa f/2.4 (makro), dan resolusi 2 MP sebagai sensor kedalaman (Depth).

Sehingga dengan kelebihan yang HP Realme 8 bawa pada sektor kameranya ini, maka tentunya bisa menghasilkan gambar yang sangat berkualitas.

Salah satunya yaitu berkat adanya mode Tilt-Shift, starry mode Ad Astra, mode neon portrait dan masih banyak lagi.

Bukan hanya unggul dalam mengambil foto, namun kamera HP Realme 8 juga handal dalam hal merekam video. Buktinya, bisa menghasilkan rekaman yang berkualitas, sampai resolusi 4K pada 30 fps.

Sedangkan pada bagian depan terpasang kamera tunggal dengan resolusi 16 MP (wide). Kamera depan dari seri 8 ini bisa Anda andalkan untuk mengambil selfie. Sebab, sudah tersedia fitur terbaik, seperti Super Nightscape, AI Beauty, dan lainnya.

Layar Keren

Kelebihan lainnya dari HP Realme 8 adalah pada bagian layarnya. Mengutip dari GSM Arena, seri ini memiliki ukuran display 6,4 inci, dengan resolusi 1080 x 2400 piksel (Full HD), dan juga aspek rasio 20:9.

Baca Juga : HP Realme V13 Perangkat Baru Eksklusif Tahun ini, Berikut Spesifikasinya

Kemudian pada bagian panelnya sudah menggunakan Super AMOLED, yang bakal bersaing dengan smartphone produk Samsung.

Tidak lupa, HP Realme 8 juga memiliki layar dengan refresh rate 60 Hz, sehingga bisa menjadikan tampilannya sangat jelas dan menawan ketika Anda pakai untuk scroll layar.

Prosesor Gaming

Selain kamera dan layar, pada bagian otak yang HP Realme 8 pasang juga tidak boleh disepelekan. Pasalnya, vendor smartphone asal China ini mengklaim bahwa dapur pacunya atau chipsetnya tersebut handal ketika dipakai untuk bermain game.

Itulah kenapa chipset yang terpasang tersebut menjadi salah satu kelebihan dari HP Realme 8. Prosesor yang terpasang tersebut yaitu Helio G95 (12nm) besutan MediaTek.

Prosesor gaming terbarunya ini diyakini mempunyai performa dan kinerja gaming yang tangguh dan tanpa lag, meski untuk game kelas berat sekalipun.

Otaknya tersebut mendapat sokongan dari CPU octa core Cortex-A76 dengan frekuensi tinggi sampai maksimal 2.05 GHz, serta GPU atau grafis Mali-G76 MC4.

Selain itu juga mendapat dukungan dari RAM berkapasitas 8 GB, dan juga penyimpanan internal sebesar 128 GB.

Baterai Kuat

Tidak berbeda jauh dengan smartphone flagship, daya baterai yang terpasang juga menjadi salah satu kelebihan dari HP Realme 8.

Mengutip dari situs resmi Realme Indonesia, pada seri 8 (reguler) ini terpasang daya baterai dengan kapasitas 5000 mAh.

Sehingga, dengan kapasitas yang besar tersebut, tentu akan membuat nyaman penggunanya ketika mengoperasikan ponsel tersebut dalam waktu yang lama, tanpa khawatir harus mencari colokan listrik.

Baca Juga : Kelebihan HP Realme Narzo 30A, Prosesor Bertenaga dan Mega Baterai

Akan tetapi, jika Anda mengisi ulang ponsel ini pun jangan khawatir. Pasalnya, pihak Realme mengklaim bahwa baterainya ini bisa mengisi ulang sampai 100 persen hanya dalam waktu 65 menit saja.

Hal tersebut berkat adanya fitur fast charging atau pengisian cepat 30W. Selain itu, tersedia juga Fivefold, yang bisa melindungi keamanan ponsel ketika proses pengisian baterai.

Sementara untuk daya tahan baterai bisa bertahan sampai 40 hari dalam keadaan siaga. Kemudian 43 jam untuk telpon, 23 jam untuk streaming video, dan 10 jam buat bermain game.

Sehingga, tidak salah jika baterai dan fiturnya tersebut menjadi salah satu kelebihan dari HP Realme 8.

Software dan Sistem Keamanan Ponsel

Sedangkan untuk bagian perangkat lunak atau software, HP Realme ini sistem operasi (OS) sudah berbasis Android 11 terbaru, dan menjalankan antarmuka UI 2.0.

Kemudian pada bagian sensor keamanan ponsel menggunakan fingerprint atau sensor sidik jari, yang terpasang pada dalam layar.

Harga Realme 8

Sementara mengutip dari situs resmi Realme Indonesia, bahwa untuk harga dari seri 8 ini saat ini berbanderol Rp 3.599.000, dengan RAM 8/128 GB.

Dengan berbagai kelebihan dan harga yang hanya Rp 3,6 jutaan tersebut, maka HP Realme 8 ini sangat layak untuk menjadi ponsel baru Anda. (Adi/R5/HR-Online)

Editor : Adi Karyanto