Kelompok Tani Ciawitali Ciamis Gerak Cepat Basmi Hama Batang

Kelompok Tani Ciawitali Ciamis
Kelompok Tani Ciawitali Ciamis bersama petugas BP3K Cipaku membasmi hama penggerek batang. Foto: Edji/HR

Berita Ciamis (Harapanrakyat.com),- Kelompok Tani Dusun Ciawitali Desa gereba bersama petugas BP3K Kecamatan Cipaku, Kabupaten Ciamis, Jawa Barat langsung gerak cepat. Mereka langsung melakukan pengendalian terhadap tanaman padi yang terindikasi terserang hama batang.

Usman Ali, Kasi pelayanan Desa Gereba, mengatakan tanaman padi yang berada blok Ciawitali seluas kurang lebih 6 hektare terserang hama penggerek batang.

“Melihat hal tersebut, maka Kelompok Tani Ciawitali beserta petugas BP3K Kecamatan Cipaku, langsung melakukan penanggulangan. Dengan harapan hasil panen pada tahun 2021 sukses,” ujar Usman Ali, Selasa (06/04/2021).

Sementara, Petugas POPT Supendi menjelaskan hama penggerek batang menyerang pada tanaman padi mulai dari persemaian sampai menjelang panen. Apabila tidak secepatnya melakukan pengendalian, maka dapat menyebabkan matinya pucuk pada tengah tunas padi.

“Pucuk yang mati akan berwarna coklat dan mudah dicabut. Apabila Hama penggerek batang terjadi pada masa generatif, buah padi akan menjadi hampa,” jelas Supendi.

Supendi menerangkan adanya hama penggerek batang cirinya terlihat adanya Kupu kupu, kematian pada tunas, kematian malai dan juga adanya larva.

Supendi menambahkan pengendalian hama penggerek batang itu sendiri bisa dengan cara berdasarkan pengendalian hama terpadu. Yaitu pengendalian hama yang menggabungkan berbagai teknik dengan mengedepankan kelestarian lingkungan atau melakukan pengendalian dengan cara tradisional.

Kelompok Tani Ciawitali dan para petugas berharap dengan penanganan dan pengendalian hama dengan cepat ini, padi masih bisa terselamatkan dan panen dengan hasil yang melimpah. (Edji/R9/HR-Online)

Editor: Dadang