Kemunculan Buaya di Sungai Karang Tirta Pangandaran Gegerkan Warga

Sungai Karang Tirta
Kemunculan seekor buaya di Sungai Karangtirta, Desa Sukaresik, Kecamatan Sidamulih, Kabupaten Pangandaran, Jawa Barat, gegerkan warga. Foto: Istimewa.

Berita Pangandaran, (harapanrakyat.com),- Kemunculan seekor buaya di Sungai Karang Tirta, Desa Sukaresik, Kecamatan Sidamulih, Kabupaten Pangandaran, Jawa Barat, gegerkan warga.

Dadi, warga yang sedang memancing di Sungai Karangtirta, mengatakan, kemunculan buaya berukuran cukup besar itu sempat direkam kamera handphone milik salah seorang warga yang saat itu sama-sama tengah berada di tepi sungai.

“Saya memang selalu memancing di Sungai Karangtirta ini. Ketika saya sedang mancing ada buaya yang cukup besar muncul ke permukaan sungai. Hanya saja saya tidak sempat merekam video melalui HP karena saya keburu takut,” tuturnya, kepada HR Online, Kamis (08/04/2021).

Lanjut Dadi, kemunculan buaya di Sungai Karang Tirta sebelumnya juga pernah terlihat, yakni sekitar dua minggu yang lalu. Namun, pada waktu itu belum ada saksi nyata berupa video. Karena ketika buaya muncul warga tidak sempat mengabadikannya, baik melalui foto maupun video smartphone.

“Dan sekarang warga digegerkan lagi oleh seekor buaya dewasa yang muncul ke permukaan sungai tersebut. Bahkan informasi mengenai kemunculan hewan predator tersebut sudah tersebar kemana-mana,” ujar Dadi.

Baca Juga : Jalan Raya Sidamulih-Kersaratu Pangandaran Tertutup Longsor

Sementara itu, Ketua Tagana Kabupaten Pangandaran, Nana Suryana mengatakan, tim Tagana dan BKSDA langsung menuju ke Sungai Karang Tirta setelah menerima informasi mengenai kemunculan seekor buaya.

Ia juga mengatakan, berdasarkan kajian dari BKSDA bahwa, buaya yang muncul ke permukaan sungai tersebut belum diketahui asalnya dari mana. Namun, ukuran buaya memiliki panjang sekitar 6 sampai 7 meter, mengingat buaya tersebut kategori dewasa.

Untuk pertama kalinya buaya yang muncul ke permukaan Sungai Karang Tirta diketahui oleh sebagian warga. Terutama mereka yang biasa memancing.

“Buaya dewasa yang muncul itu sama sekali belum pernah merusak maupun memangsa orang. Kemungkinan itu nu ngageugeuh (penunggu-red) Sungai Karang Tirta. Sejauh ini masih kami telusuri, jadi kami belum bisa memastikan dari mana asalnya binatang jenis reptil tersebut,” pungkas Nana. (Ntang/R3/HR-Online)

Editor : Eva Latifah