Gubernur Jabar: Desain Kendaraan Listrik Sesuai Kebutuhan Masyarakat

Kendaraan Listrik Sesuai Kebutuhan masyarakat
Gubernur Jabar Ridwan Kamil mengunjungi WIMA. Foto: Humas Jabar

Berita Jabar (Harapanrakyat.com),- Gubernur Jabar Ridwan Kamil meminta perusahaan dan perguruan tinggi berkolaborasi agar desain kendaraan listrik sesuai dengan permintaan pasar dan kebutuhan masyarakat. 

Selasa (27/4/2021), Ridwan Kamil meninjau pabrik Wika Industri Manufaktur (WIMA), Jalan Raya Narogong, Kabupaten Bogor. 

“Sedikit-sedikit menggoda konsumen untuk menuju ke level lebih besar. Tidak hanya satu jenis tapi semua merek motor. Mulai dari urban motorcycle, motor adventure, untuk touring. Mulai riset dari sekarang,” ujar Ridwan Kamil.

Ridwan Kamil mengatakan selera setiap orang berbeda sehingga riset tersebut dalam desain kendaraan listrik harus sesuai dengan kebutuhan masyarakat. 

“Tingkat selera orang berbeda-beda. Seperti sekarang fokusnya seperti bebek, ini tidak menjadi masalah, desainnya juga bagus,” kata Ridwan Kamil. 

Harapan Ridwan Kamil, ke depan masyarakat dapat memakai kendaraan listrik tanpa ada keluhan. Sehingga dapat mempromosikannya lebih mudah. Selain kebanggaan, kualitas juga harus menjadi perhatian.

“Tidak hanya mengenai kebanggaan nasionalisme, akan tetapi saya titik untuk para insinyur WIKA kualitas tetap nomor satu,” jelasnya. 

Terlebih Pemprov Jabar pun telah mengeluarkan peraturan yang mana dalam 10 tahun dari sekarang populasi kendaraan Jabar menggunakan listrik. Untuk itu desain kendaraan listrik harus betul-betul sesuai kebutuhan masyarakat. 

“Marketnya sangat besar, jadi harus terus menyempurnakan kekurangan-kekurangan,” katanya. 

Ridwan Kamil pun mengapresiasi strategis PT WIKA yang memproduksi motor listrik bermerek Gesits. Dengan usulan Gubernur Jabar, dalam desain produknya harapannya bisa melibatkan seniman Bandung sehingga masyarakat merasa ada ketertarikan. Salah satunya dengan rencana lomba desain. (R9/HR-Online)

Editor: Dadang