Kepala Charger HP Berbunyi, ini Solusi yang Tepat Sesuai Penyebabnya

Kepala Charger HP Berbunyi, ini Solusi yang Tepat Sesuai Penyebabnya
Ilustrasi Kepala Charger HP Berbunyi. Foto: Ist/Net

Kepala charger Hp berbunyi menjadi salah satu masalah yang sering terjadi. Hal ini memang menjadi salah satu masalah yang umum terjadi.

Maka dari itu, anda juga perlu tahu apa saja penyebab dan cara untuk mengatasinya. Desisan pada charger sering tidak disadari.

Padahal masalah tersebut cukup mengganggu dan berbahaya. Jika bunyi yang keluar tersebut tidak mengeluarkan bau gosong masih normal.

Baca Juga : Memilih Kabel Charger yang Bagus untuk HP, Simak Tips Terbaiknya!

Namun, ketika desisan tersebut mengeluarkan bau gosong dan terbakar maka perlu anda waspadai. Dalam posisi normal charger memang berdesis.

Hanya saja suaranya terkadang berdesis kencang dan ada yang kecil. Sehingga tidak akan terlalu terdengar. Dalam charger ada komponen trafo sebagai penurun tegangan daya listrik yang mengalir.

Komponen tersebut yang mengeluarkan bunyi berdesis. Sehingga mengakibatkan kepala charger Hp tersebut berbunyi. Sebenarnya masalah ini bisa dikarenakan faktor beragam.

Bahkan sebagian besar orang lebih memilih membeli yang baru dari pada mengatasinya. Padahal asalkan anda tahu penyebabnya mengatasinya pun juga tidak akan terlalu sulit.

Ketika anda mengalami masalah ini jangan tergesa-gesa untuk membeli yang baru. Tidak ada salahnya anda mencari apa penyebab timbulnya desisan pada kepala charger.

Penyebab Kepala Charger HP Berbunyi

Tidak hanya pada komponen smartphone saja yang sering bermasalah. Namun, ada juga masalah yang terjadi pada kepala charger. Salah satunya berdesis atau berbunyi.

Baca Juga : Jangan Menggunakan Charger Palsu! Risiko HP Rusak Hingga Meledak

Jika kondisi ini terjadi sebaiknya anda segera tahu bagaimana cara untuk mengatasinya. Apalagi masalah pada charger cukup beragam.

Misalnya pengisian terlalu cepat, melambat, atau bahkan tidak dapat melakukan pengisian. Solusi untuk mengatasi masalah tersebut pun tidak sama.

Bahkan anda perlu membeli charger yang baru sekalipun. Namun, tidak ada salahnya jika anda mengetahui seberapa parah masalah yang terjadi.

Kepala Charger Berdesis

Ada banyak masalah yang sering terjadi pada perangkat smartphone. Begitu juga dengan kepala charger yang berdesis. Masalah ini bisa karena salah satu komponen didalamnya.

Dalam adaptor kepala charger bermasalah sehingga mengakibatkan coil whine. Sebenarnya kepala charger berbunyi terjadi bukan masalah besar, hanya saja mungkin suaranya akan mengganggu.

Namun, jika bunyinya disertai seperti terbakar maka masalah tersebut perlu anda perhatikan. Pada umumnya jika masalah ini terjadi adaptor didalamnya mengalami kebocoran dan kerusakan.

Jika kualitas tegangan listriknya tidak stabil maka mengakibatkan noise dan DC ripple pada charger. Hal ini karena efek Induktansi dan refleksi sinyal sinusoidal charger.

Cara Memperbaiki Charger Bermasalah

Beragam masalah bisa terjadi pada charger Hp. Hal ini bisa mengakibatkan anda kesulitan untuk melakukan pengisian daya. Ada beberapa penyebab dan cara mengatasinya. Sebaiknya anda lakukan beberapa langkah awal sebelum memutuskan membeli perangkat baru.

Bersihkan Port microUSB

Cara mengatasi kepala charger Hp berbunyi yaitu dengan membersihkan bagian port micro USBnya. Anda bisa membersihkan bagian tersebut baik di kepala charger maupun handphone.

Hal ini mampu membuang kotoran yang menempel. Sehingga tidak menghalangi listrik masuk. Bersihkan kedua bagian port tersebut agar kotoran dan debu hilang.

Aliran listrik normal. Sebaiknya jangan letakkan charger atau smartphone pada tempat yang berdebu. Hal ini bisa mengurangi resiko debu masuk dan menghalangi aliran listrik.

Periksa Bagian Kabelnya

Cara yang bisa anda lakukan untuk mengatasi kepala charger Hp berbunyi yaitu dengan memeriksa kabelnya. Komponen paling mudah rusak pada charger yaitu bagian kabelnya.

Coba periksa kabel Hp yang mungkin sering anda tekuk, dan gulung sembarangan. Jika kabel terpisah dengan adaptornya coba gunakan kabel USB lain untuk melakukan pengecekan.

Lakukan penggunaan USB dan adaptor lain jika hal tersebut masih memungkinkan.

Kualitas Charger

Charger asli menjadi barang yang penting dan cukup berharga karena bisa cocok dan mengisi dengan cepat. Namun, ketika anda membeli charger baru pastikan memilih yang berkualitas.

Setiap Hp dan charger memiliki daya kekuatan listrik bervariasi. Jika kualitas charger lebih rendah dari aslinya kemungkinan besar pengisian akan terhambat.

Jika anda ingin membeli yang baru pastikan kualitasnya bagus. Beragam masalah memang perlu penanganan masing-masing.

Begitu juga jika kepala charger Hp berbunyi. Anda perlu menggunakan langkah yang tepat untuk mengatasinya sesuai faktor penyebab yang ditimbulkan. (R10/HR-Online)

Editor : Adi Karyanto