Koperasi Menjamur di Kota Tasikmalaya, Ini Kata Ketua Dekopinda

Ketua Dekopinda kota tasikmalaya
Momen foto bersama Ketua Dewan Koperasi Indonesia Daerah (Dekopinda) Kota Tasikmalaya, Jawa Barat bersama pengurus setelah Musda. Foto : Apip/HR

Berita Tasikmalaya, (harapanrakyat.com),- Ketua Dewan Koperasi Indonesia Daerah (Dekopinda) Kota Tasikmalaya, Jawa Barat, Dodo Rosada, berharap jangan sampai keberadaan koperasi menjamur di mana-mana, tapi hanya sebatas simbol.

“Jangan sampai koperasi yang sudah menjamur, namun itu cuma sebatas simbol saja. Sementara eksistensi dan gerakannya tidak dirasakan, apalagi untuk kesejahteraan masyarakat,” kata Dodo Sabtu (3/4/2021).

Lebih lanjut ia menambahkan, setelah terbentuk kepengurusan Dekopinda, nanti pihaknya akan mendata jumlah koperasi yang ada saat ini. Baik sudah berbadan hukum atau perorangan. Untuk koperasi perorangan, pihaknya akan mengarahkan untuk segera membentuk badan hukum.

“Kita ingin membangun dan mengembangkan koperasi. Karena koperasi ini sudah jelas, merupakan bagian dari ekonomi kerakyatan, sesuai dan sejalan dengan konstitusi Undang-undang Dasar 1945, yang termaktub dalam pasal 33 ayat 1,” terangnya.

Dodo terpilih secara aklamasi menjadi Ketua Dekopinda Kota Tasikmalaya periode 2021-2025, dalam Musyawarah Daerah (Musda), di gedung serbaguna DPRD Kota Tasikmalaya, Sabtu (3/4/2021).

“Meski cukup berat hati, tapi karena ini amanah. Kemudian saya mengundang beberapa pengurus koperasi untuk melaksanakan Musda. Dan alhamdulillah hari ini, kegiatan tersebut dapat terlaksana,” ucapnya.

Setelah terbentuk ketua dan pengurus Dekopinda Kota Tasikmalaya definitif, lanjutnya, kemudian ia akan menyusun program kerja untuk kedepan.

Ia berharap Dekopinda ini bisa menjadi wadah untuk memperjuangkan kepentingan koperasi, dan bertindak sebagai penyalur aspirasi koperasi. Baik di tataran masyarakat, atau penyambung aspirasi koperasi kepada pemerintah pusat, provinsi, atau daerah.

“Dekopinda sebagai mitra kerja pemerintah. Salah satu caranya dengan turut memberi kontribusi pemikiran. Yaitu, bagaimana mengawal koperasi kedepan, agar lebih maju dan berkembang,” pungkas Ketua Dekopinda Kota Tasikmalaya. (Apip/R5/HR-Online)

Editor : Adi Karyanto